DIY: Cara Membuat Celengan dari Bambu

Meluangkan waktu bersama keluarga di rumah dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan menarik dengan cara membuat celengan dari bambu. Kegiatan DIY (do it youself) ini dapat menjadi pilihan menarik yang dilakukan bersama anak. Membuat celengan ini bisa jadi cara mengajarkan anak-anak untuk membiasakan diri menabung sejak dini.

Celengan Sebagai Sarana Menabung yang Menarik

Menabung adalah kegiatan yang dapat dilakukan oleh siapa saja dari anak-anak sampai orang dewasa. Pada zaman dahulu, sebagian besar masyarakat menabung dengan cara menyimpan uangnya di celengan.

Ada banyak bahan baku yang digunakan untuk pembuatan celengan. Di antaranya celengan dari kayu, semen, bambu, plastik, dan bahan baku lainnya. Celengan memang paling sering digunakan oleh anak-anak yang baru belajar menabung. Namun, bukan berarti penggunaan celengan hanya dikhususkan untuk anak-anak.

Sebenarnya orang dewasa pun banyak yang memilih untuk menggunakan celengan sebagai tempatnya menabung. Atau paling tidak, sekadar tempat untuk menyimpan uang recehan sisa kembalian belanja setiap hari.

Nominal uang untuk menabung di celengan juga bebas, tidak ada minimal seperti pada saat memasukkan uang ke ATM. Saat ini juga sudah bermunculan jenis celengan yang cara kerjanya sangat mirip dengan ATM. Karena Anda dapat mengambil tabungan di celengan seperti halnya cara pengambilan uang di ATM.

Dari jenis celengan yang ada di pasaran, tentu masing-masing jenisnya memiliki keunikan tersendiri. Seperti halnya celengan dari material bambu yang juga sangat unik tampilannya namun tetap maksimal untuk digunakan.

Bambu Sebagai Bahan Alami yang Serbaguna

Bambu adalah jenis tanama rumput-rumputan yang tumbuh subur di Indonesia. Tanaman bambu dikenal dengan banyak nama lain di tiap daerah.

Sebutan atau julukan untuk bambu di Indonesia di antaranya yaitu awi, eru, bulur, buluh, dan juga aur. Tanaman dengan laju pertumbuhan tercepat di dunia ini memiliki rhizome dependen yang unik, sehingga mampu membuatnya tumbuh sekitar 60 hingga 100 cm hanya dalam kurun waktu 24 jam.

Laju pertumbuhan tersebut dipengaruhi oleh jenis tanah yang digunakan untuk penanamannya. Kondisi iklim pada habitat tumbuhnya juga memberikan pengaruh penting.

Ada 2 bentuk bambu jika diperhatikan secara umum. Yaitu, bambu berkayu yang berasal dari suku Arundinarieae dan Bambuseae. Serta ada pula jenis bambu rerumputan yang termasuk dalam suku Olyreae.

Dengan pertumbuhannya yang pesat dan ketersediannya di alam cukup melimpah, tanaman ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk banyak kebutuhan. Di antaranya, untuk bahan pembuatan furniture, bahan konstruksi bangunan, hingga  bahan baku produk kerajinan.

Bambu untuk Bahan Pembuatan Celengan

Serbagunanya pemanfaatan bambu menjadikannya memiliki peran penting bagi kehidupan sehari-hari. Banyak  kebutuhan melibatkan bambu sebagai bahan. Tak jarang, bisa menjadi sumber penghasilan juga.

Penggunaan bambu sebagai bahan baku pembuatan celengan cukup unik. Bambu yang digunakan untuk membuat celengan dapat menjadikan tampilan celengan lebih natural dan menarik.

Seperti halnya pengolahan bambu untuk kebutuhan lainnya, alangkah lebih baik jika bambu yang digunakan adalah yang memiliki kualitas terbaik. Pemanfaatan produk olahan bambu juga tentu diharapkan dapat bertahan untuk digunakan dalam jangka waktu pemakaian yang lebih lama.

Untuk menjaga kualitas bambu dan meningkatkannya, ada acara yang dapat dilakukan. Yaitu, dengan melapisinya menggunakan produk pengawet berkualitas dari Biocide Insecticide. Musuh utama bambu, yaitu serangan hama dapat diatasi dengan cara melapisi bambu menggunakan pengawet kayu Biocide.

Produk yang aman dan berkualitas membuat proses pengawetan bambu dapat dilakukan dengan mudah. Cukup lakukan perendaman atau penguasan pada bambu sebelum bambu diolah. Tentunya larutan pengawet kayu yang digunakan juga sudah sesuai dengan standar pengenceran yang seharusnya dibuat.

Menggunakan insektisida sebelum kayu diolah dapat memberikan proteksi yang lebih agar kualitas produk yang dihasilkan nantinya menjadi lebih optimal. Begitu pula saat menggunakannya untuk bahan pembuatan celengan.

Cara Membuat Celengan dari Bambu

Untuk mempermudah pembuatan celengan bambu, diperlukan bambu yang sudah kering dan sudah dilapisi pula dengan bahan pengawet. Pilih bambu yang berkualitas dan mempunyai kayu yang tipis agar bagian dalam celengannya cukup luas.

Untuk pembuatannya, berikut alat dan bahan yang dibutuhkan.

  • Bambu
  • Lem kayu
  • Parang
  • Pinset atau silet

Cara Membuat Celengan dari Bambu

  1. Siapkan seluruh alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan celengan
  2. Pilih bambu dengan kualitas terbaik, potong dengan ukuran panjang minimal 20 cm.  Pilihlah bambu yang memiliki diameter kurang lebih 10 cm. Bersihkan bambu baik bagian luar maupun dalamnya dari seluruh kotoran yang menempel agar lebih nyaman untuk digunakan.
  3. Lubangi bagian atas pada bambu dengan lubang kecil yang bentuknya persegi panjang. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan pinset atau silet untuk melubangi bambu.
  4. Bagian bambu yang tidak digunakan atau bagian sisanya bisa dibentuk untuk menjadi hiasan. Tempelkan hiasan tersebut pada celengan untuk menjadi aksen pemanis tambahan.

Cara membuat celengn dari bambu ini cukup mudah, asal sesuai dengan trik yang sudah dijelaskan di atas. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah untuk mengisi waktu luang.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Terbaik untuk Pengawetan Celengan dari Bambu?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

 

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya