Penting! Simak 6 Fakta Menarik Tentang Kumbang Bubuk Kayu

Meskipun ukurannya kecil, banyak fakta menarik tentang kumbang bubuk kayu yang jarang disadari orang. Bahkan bagi masyarakat awam, nama kumbang ini saja mungkin jarang atau malah tidak pernah didengar.

Namun siapa sangka serangga kecil ini menyimpan fakta-fakta yang sangat menarik untuk diketahui? Berikut ini fakta-fakta menarik tentang kumbang yang rerata ukurannya hanya 2 mm ini.

6 Fakta Menarik Kumbang Bubuk Kayu

kumbang bubuk yang menyerang kayu

Kumbang bubuk kayu atau yang biasa dikenal dengan powderpost beetle adalah salah satu jenis serangga yang sering menyebabkan kerusakan pada kayu. Serangga ini bahkan kerap menjadi momok menakutkan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di industri kayu.

Baca Juga : inilah pembasmi kumbang bubuk kayu yang ampuh

Hama yang satu ini mampu menyebabkan berbagai kerugian hingga level yang signifikan jika tidak mampu untuk diidentifikasi dengan baik. Bahkan, seringkali kehadirannya juga tidak disadari sehingga penanganan yang dilakukan seringkali kurang maksimal.

Powderpost beetle umumnya menyerang jenis hardwood atau kayu-kayu keras. Sehingga kerusakan yang ditimbulkan seringkali bukan hanya dari segi struktural tetapi juga estetika.

Serangga yang satu ini bahkan dikenal sebagai penyebab kerusakan kedua pada kayu setelah rayap. Sehingga termasuk jenis serangga yang harus diwaspadai kemunculannya. Kerugian yang ditimbulkan dari serangannya bahkan bisa mencapai level rumah tangga sampai industri.

Berikut adalah 6 fakta menarik mengenai kumbang bubuk kayu yang menarik untuk Anda ketahui:

1. Kecil Tapi Bisa Sebabkan Kerugian Besar

kumbang bubuk

Kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle memiliki ukuran yang bahkan kurang dari 1 cm. Umumnya, serangga ini berukuran 2 mm. Meskipun demikian, serangga bubuk yang sangat kecil ini bisa menimbulkan kerugian besar pada raksasa perusahaan kayu bila tidak dianggap dengan serius.

Kumbang ini sangat suka meletakkan telurnya di kayu sehingga menyebabkan kerusakan secara berkelanjutan. Larva kayu yang menetas dari telur secara perlahan-lahan akan mengubah substrat kayu yang solid menjadi bubuk yang sangat halus.

Proses ini rjalan sangat lama sehingga kerusakan yang ditimbulkan bisa begitu parah. Apalagi, bila yang menginfeksi kayu tak hanya 1 ekor larva. Kalaupun kayu tidak sampai rusak parah, namun adanya lubang-lubang pada permukaan kayu akan membuat nilai jualnya turun drastis.

2. Bisa Sebabkan Kerusakan dalam Jangka Panjang

Kerusakan yang ditimbulkan dari serangan kumbang bubuk kayu merupakan akumulasi dari proses yang sangat lama. Kerusakan tersebut ditimbulkan karena larva memakan substrat kayu dan mengubahnya menjadi kotoran bubuk.

Lama hidup larva kumbang ini sendiri secara umum adalah 1 tahun. Jadi dalam 1 tahun itu pulalah, kayu akan rusak secara perlahan-lahan. Dan jika tidak segera ditangani, kumbang tersebut bisa terus menerus meletakkan telur dan larvanya di dalam kayu untuk merusak seluruh bagiannya tanpa Anda sadari.

3. Menyukai Kayu Kering, Bukan yang Lembab

Rayap dan berbagai jenis organisme lainnya pada umumnya menyukai media tumbuh yang lembab. Namun tidak begitu dengan kumbang bubuk kayu.

Kumbang ini malah sangat menyukai kayu kering dengan MC 8% saja. Jadi, bila langkah pencegahan serangga lainnya dilakukan dengan membuat kayu tetap kering, tidak demikian dengan pencegahan kumbang bubuk ini.

4. Menyukai Kayu Keras (Hardwood)

Kumbang bubuk kayu sangat menyukai jenis kayu keras. Mereka tidak suka jenis kayu lunak seperti X dan Y. Hal ini disebabkan karena kayu keras memiliki pori yang besar.

Sehingga pori-pori tersebut bisa dimanfaatkan untuk tempat memasukkan telur oleh induk kumbang. Selain itu, kecukupan gizi larva kumbang ini juga bisa lebih tercukupi dengan bahan kayu keras.

5. Menghasilkan Bubuk Sangat Halus Seperti Bubuk Talek

Serangan Hama Kumbang Bubuk Pada Lemari Kayu

Bubuk yang dihasilakan dari serangan kumbang kayu kering ini juga sangat halus. Bahkan, bubuk tersebut menyerupai bentuk bedak talek yang begitu lembut.

Bubuk yang dihasilkan berbeda dengan bubuk dari serangan serangga pengebor kayu lain. Karena bubuk dari serangga pengebor lainnya kadang masih terdapat butiran yang kasar.

6. Akan Kembali Menyerang Kayu Anda

Larva yang telah bermetamorfosis menjadi kumbang muda masih bisa kembali menginfeksi kayu tempat hidupnya dulu. Jadi, berhati-hatilah bila kayu Anda pernah terinfeksi kumbang ini.

Oleh karena itu, dibutuhkan cara penanganan yang tepat. Untuk meminimalisir adanya serangan lanjutan dari infeksi kumbang bubuk kayu

Rekomendasi Produk untuk Menangani Serangan Powderpost Beetle 

biocide insecticide
biocide insecticide pengawet kayu anti serangga

Kumbang bubuk kayu bisa menyebabkan kerugian yang sangat besar pada skala domestik maupun industri besar. Karenanya, untuk mencegah serangan kumbang ini, kami merekomendasikan Anda menggunakan Biocide Insecticide.

Produk anti serangga atau insektisida dengan spektrum luas ini menggunakan bahan aktif Cypermenthrin 100 Ec. Bahan ini efektif digunakan untuk membasmi berbagai jenis serangga bubuk namun relatif aman saat terjadi kontak dengan manusia.

Cypermethrine 100 Ec juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent sehingga aplikasinya sangat fleksibel. Selain itu, penggunaan produk ini juga dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis kayu maupun bahan sejenis kayu.

Di antaranya yaitu bambu, rotan, serta berbagai material serat alam lainnya seperti serat eceng gondok, serat pandan laut dan lain sebagainya.

Demikian informasi mengenai 6 fakta menarik tentang kumbang bubuk kayu. Jangan lupa untuk senantiasa melakukan pengecekan dan perawatan pada kayu maupun produk-produk olahan kayu yang Anda miliki.

Jangan sampai terjadi kerusakan fatal yang tidak Anda sadari sumbernya. Lakukan tindakan preventif sebelum kerusakan yang ditimbulkan semakin besar.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Biocide Insecticide untuk Mengatasi Serangan Kumbang Bubuk Kayu?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]ies.co.id

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya