Fakta Menarik tentang Kumbang Bubuk Kayu

Meskipun ukurannya kecil, banyak fakta menarik tentang kumbang bubuk kayu yang jarang disadari orang. Bahkan bagi masyarakat awam, nama kumbang iniĀ saja mungkin jarang atau malah tidak pernah didengar. Namun siapa sangka serangga kecil ini menyimpan fakta-fakta yang sangat menarik untuk diketahui? Berikut ini fakta-fakta menarik tentang kumbang yang rerata ukurannya hanya 2 mm ini kafkacotton.com.

6 Fakta Menarik Kumbang Bubuk Kayu

  1. Kecil tapi Bisa Sebabkan Kerugian Besar
Kumbang bubuk kayu bisa sebabkan kerugian sangat besar.
Kumbang bubuk kayu bisa sebabkan kerugian sangat besar.

Kumbang bubuk kayu atau powderpost beetle memiliki ukuran yang bahkan kurang dari 1 cm. Meskipun demikian, serangga bubuk yang sangat kecil ini bisa menimbulkan kerugian besar pada raksasa perusahaan kayu bila tidak dianggap dengan serius. Kumbang ini sangat suka meletakkan telurnya di kayu sehingga menyebabkan kerusakan. Larva kayu yang menetas dari telur secara perlahan-lahan akan mengubah substrat kayu yang solid menjadi bubuk yang sangat halus. Proses ini berjalan sangat lama sehingga kerusakan yang ditimbulkan bisa begitu parah. Apalagi, bila yang menginfeksi kayu tak hanya 1 ekor larva. Kalaupun kayu tidak sampai rusak parah, namun adanya lubang-lubang pada permukaan kayu akan membuat nilai jualnya turun drastis.

  1. Kerusakan Jangka Panjang

Kerusakan yang ditimbulkan kumbang bubuk kayu merupakan akumulasi dari proses yang sangat lama. Kerusakan tersebut ditimbulkan karena larva memakan substrat kayu dan mengubahnya menjadi kotoran bubuk. Lama hidup larva kumbang ini sendiri secara umum adalah 1 tahun. Jadi dalam 1 tahun itu pulalah, kayu akan rusak secara perlahan-lahan..

  1. Menyukai Kayu Kering, bukan yang Lembab

Rayap dan berbagai jenis organisme lainnya, umumnya menyukai media yang lembab. Namun tidak begitu dengan kumbang bubuk kayu. Kumbang ini malah sangat menyukai kayu kering dengan MC 8% saja (sebagai perbandingan, rayap kayu basah menyukai kayu dengan MC %). Jadi, bila langkah pencegahan serangga lainnya dilakukan dengan membuat kayu tetap kering, tidak demikian dengan pencegahan kumbang bubuk ini.

  1. Menyukai Kayu Keras

Kumbang bubuk kayu sangat menyukai jenis kayu keras. Mereka tidak suka jenis kayu lunak seperti X dan Y. Ini disebabkan karena kayu keras memiliki pori besar yang bisa dimanfaatkan untuk memasukkan telur oleh induk kumbang. Selain itu, kecukupan gizi larva kumbang ini juga bisa lebih tercukupi dengan bahan kayu keras.

  1. Menghasilkan Bubuk Sangat Halus seperti Bubuk Talek
Bubuk kayu yang dihasilkan powderpost beetle sangat lembut seperti bedak talek.
Bubuk kayu yang dihasilkan powderpost beetle sangat lembut seperti bedak talek.

Bubuk yang dihasilakan kumbang kayu kering ini sangat halus. Bahkan, bubuk tersebut menyerupai bedak talek yang begitu lembut. Ini berbeda dengan bubuk yang dihasilkan serangga pengebor kayu lain dimana kadang masih terdapat butiran yang kasar.

  1. Akan Kembali Menyerang Kayu Anda

Larva yang telah bermetamorfosis menjadi kumbang muda bisa kembali menginfeksi kayu tempat hidupnya dulu. Jadi, berhati-hatilah bila kayu Anda pernah terinfeksi kumbang ini.

Demikian 6 fakta menarik tentang kumbang bubuk kayu. Semoga bermanfaat.

RekomendasiĀ 

Permethrine 125 EC.
Permethrine 125 EC.

Kumbang bubuk kayu bisa menyebabkan kerugian sangat besar pada skala domestik maupun industri besar. Karenanya, untuk mencegah serangan kumbang ini, kami merekomendasikan Anda menggunakan Permethrine 125 EC. Anti serangga atau insektisida spektrum luas ini menggunakan bahan aktif permenthrin yang efektif membasmi berbagai jenis serangga bubuk namun relatif aman saat terjadi kontak dengan manusia. Permethrine 125 EC juga bisa dilarutkan dengan air maupun solvent sehingga aplikasinya sangat fleksibel.

Info dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Leave a Comment