Ini Dia 4 Solusi Agar Eceng Gondok Awet

Apa solusi agar eceng gondok awet? Eceng gondok sebagai salah satu serat alam yang jumlanya melimpah di Indonesia memang terkenal meski ketahanannya kurang baik. Selain memiliki substrat lunak, material ini juga rentan diserang hama karena sifatnya basah dan mudah menyerap air.

tas enceng gondok
tas bundar

Karakter tersebut bahkan menjadi salah satu kelemahan utama eceng gondok. Padahal, kunci agar produk dari serat alam ini lebih tahan lama sebenarnya sederhana. Empat cara di bawah ini dapat Anda terapkan agar eceng gondok dan produk turunannya bertahan lebih lama.

Baca juga : Penggunaan Serat Rami untuk Kerajinan

4 Solusi Agar Eceng Gondok Awet

Pengeringan

Proses pengeringan yang benar akan mencegah tumbuhnya jamur pada eceng gondok. Setelah dipanen, hendaknya proses ini segera dilakukan. Sebab secara natural, serat alam ini memiliki kadar air tinggi yang sangat disukai jamur.

Treatment Pengawetan

biocide insecticide
Pengawet kayu anti serangga Biocide Insecticide

Karena sifatnya yang mudah menyerap air (termasuk kadar air di udara), pengeringan saja tak cukup dilakukan. Gunakanlah bahan-bahan pengawet agar jamur maupun serangga tak lagi merusak material ini. Anda bisa merendam eceng gondok ke dalam larutan pengawet Insecticide 100 EC sebagai insektisida dan Microcide 100 EC sebagai antijamur. Kedua produk tersebut akan meresap ke dalam substrat eceng gondok dan membuatnya beracun bagi berbagai jenis hama, tapi relatif aman untuk manusia.

Baca juga : Begini Teknik Pengolahan Serat Rami Sebelum Digunakan

Finishing

Aplikasi bahan finishing seperti pernis dan cat akan melindungi eceng gondok dari paparan luar yang sifatnya merusak. Dengan demikian, material ini juga tak akan langsung berhadapan dengan berbagai serangga dan jamur yang menyerangnya. Tapi agar perlindungan yang diberikan benar-benar bagus, pilihlah bahan finishing yang kualitasnya juga baik. Anda bisa mengandalkan produk cat maupun pernis BioColours untuk perlindungan pada eceng gondok yang berkualitas dan tahan lama.

Menjaga Kondisi Ruang

Solusi agar eceng gondok awet yang terakhir adalah memastikan bahwa ruang penyimpanan atau peletakan produk ini bersih dan tidak lembab. Sebab kotornya ruang penyimpanan dan kelembaban udara yang tinggi dapat menyebabkan berbagai jenis hama menyerang. Misalnya serangan rayap dan jamur permukaan pada lapisan cat. Mulanya jamur permukaan hanya tumbuh pada kotoran yang menempel di atas lapisan cat atau substrat eceng gondok. Tapi bila dibiarkan berlama-lama, jamur tersebut dapat menembus lapisan cat sehingga menimbulkan kerusakan parah.