Tips Tingkatkan Penjualan Toko Mebel Jepara, Begini Caranya

Siapa sih yang tak kenal dengan Jepara dan furniture-furniturenya yang mendunia? Saat ini, toko mebel Jepara juga sudah bisa dijangkau secara online lho. Tapi sebagai pemilik toko, ingat, pastikan terus usaha Anda meningkat kualitasnya.

Jepara. Daerah ini terlerak di wilayah utara Jawa. Dulu, Jepara merupakan wilayah yang terpisah dengan pulau tempatnya berada sekarang. Terdapat selat yang membatasi yang makin lama makin menutup akibat proses sedimentasi bertahun-tahun. Di masyarakat Jawa, Jepara punya tempat spesial. Di sinilah, salah satu pusat kebudayaan islam dibangun di negeri ini.

Kini, meski tidak dijadikan ibukota provinsi, Jepara masih memiliki kekhasan yang tak dimiliki daerah lain. Kekhasan itu terletak pada mebel-mebel Jepara yang dikenal mendunia. Salah satu kualitas yang membuat mebel Jepara punya keunikan tersendiri di mata publik adalah aplikasi ukiran yang bagus. Hal ini didukung dengan:

  1. Tersedianya SDM atau Sumber Daya Manusia di jepara yang meski tidak mendapatkan pendidikan formal, namun memiliki keterampilan tinggi membuat mebel berkualitas.
  2. Biaya produksi yang terjangkau sehingga pertumbuhan ekonominya baik
  3. Terdapat banyak sekali referensi untuk membuat aneka jenis mebel dengan akar sejarah yang jelas. Jadi, tiap desain mebel memiliki nilai-nilai tersendiri.

Bagi Anda yang ingin membangun usaha mebel, Jepara juga bisa menjadi pilihan yang baik. Sebab Anda bisa mendapatkan SDM yang bagus sekaligus nama daerah yang sudah memiliki branding tersendiri. Apalagi di Indonesia. Hampir semua orang tahu bahwa Jepara adalah sentra mebel dengan kualitas terbaik di seluruh negeri.

ukiran jepara

Toko Mebel Jepara Harus Bisa Menghadapi Tantangan Global

Meskipun pada umumnya mebel Jepara sudah dikenal di penjuru negeri bahkan dunia, bukan berarti kondisi ini akan berlangsung selamanya. Perubahan tetap bisa terjadi. Salah satunya bisa saja disebabkan dengan makin tingginya kompetisi di industri furniture.

Ya, kenyataannya saat ini, ekonomi dunia memang makin mengglobal. Batas-batas negara makin kabur dari segi ekonomi. Keran impor dan ekspor dibuka banyak negara. Indonesia pun yang tergabung dalam berbagai perserikatan seperti ASEAN mulai membuka diri dengan pasar luar negeri. Di satu sisi, kondisi ini bisa menjadi keuntungan yang bila dioptimalisasi dengan baik akan mendatangkan keuntungan sangat besar. Namun, di sisi lain, situasi ini juga bisa menjadi ancaman untuk pelaku usaha lokal.

Antisipasi sudah pasti harus dilakukan. Hal ini pun perlu dilakukan oleh pelaku usaha mebel alias pemilik toko mebel Jepara. Bagaimana bila, misalnya, muncul gerai mebel baru bertaraf internasional di kota mereka? Atau, bagaimana bila muncul gerai yang lebih modern dan murah?

alterntif text

Bila tidak diantisipasi, persoalan ini bisa menyebabkan kerugian besar. Dan akibatnya tentu bukan semata kerugian personal. Negeri pun bisa mengalami kerugian besar, mengingat industri mebel adalah salah satu industri yang menyumbang besar untuk ekonomi dalam negeri.

Toko Mebel Jepara

Kreativitas dan Mutu Perlu Ditingkatkan Toko Mebel Jepara

Untuk mengantisipasi kompetisi dari perusahaan luar, kualitas produk di toko mebel tentu harus ditingkatkan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya dengan membuat desain mebel dan aplikasi finishing yang lebih kreatif daripada biasanya. Anda bisa menerapkan finishing yang tak sekadar natural color namun juga:

  1. shabby chic
  2. teroksidasi
  3. charcoal effect
  4. patina
  5. white wash

Sebetulnya aplikasi finishing di atas sudah sering diterapkan untuk mebel high end atau mebel yang dibuat untuk segmen khusus. Contohnya saja mebel dengan warna patina yang ditujukan untuk pasar pencinta mebel vintage.

Tapi tak ada salahnya menerapkan aneka finishing tersebut pada mebel-mebel umum. Dengan demikian, toko Anda akan punya nilai unik tersendiri di mata masyarakat luas. Karena yang disasar masyarakat umum, pilihlah finishing yang mudah diterima. Contohnya finishing shabby chic. Intinya, jangan terlalu stagnan dengan warna yang itu-itu saja. Pun demikian dengan modelnya. Ada banyak model desain mebel yang bisa diterapkan. Jadi jangan terpaku pada desain yang sama terus-menerus.

Strategi lain yang bisa diterapkan adalah membuat mebel yang harganya terjangkau. Strategi ini bisa diterapkan apabila Anda ingin bersaing dengan mebel dari Tiongkok. Negeri Tirai Bambu itu telah dikenal di mana-mana dengan harga produknya yang murah. Akibatnya, produk Tiongkok dengan mudah menguasai pasar sebuah negara.

Untuk membuat mebel yang murah sendiri, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan kayu olahan atau engineered wood. Untuk finishing, Anda bisa menggunakan veneer atau HPL. Alternatif lain untuk toko mebel Anda, Anda juga bisa menggunakan kayu yang harganya lebih murah. Jadi budget produksi benar-benar bisa dihemat.

Pemanfaatan Teknologi

Di era teknologi seperti ini, toko mebel Anda sudah idealnya disinkronkan dengan dunia maya. Anda bisa membuka situs yang mempromosikan usaha Anda (tentu dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) sampai menjual berbagai produk Anda di marketplace atau toko daring (toko online). Selain memudahkan masyarakat mengenal dan membeli produk Anda, Anda juga bisa branding sehingga usaha Anda dikenal lebih luas.

Penggunaan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

Tips lain yang bisa kami berikan untuk meningkatkan kualitas toko mebel Jepara adalah dengan menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Bagi pembuat mebel, produk ini seyogyanya digunakan sebelum kayu difinish. Dengan kayu yang diberi BioCide, maka Anda akan mendapatkan:

  1. Kayu yang lebih tahan rayap
  2. Kayu tahan totor atau kumbang bubuk kayu
  3. Dan ketahanan terhadap hama serangga lainnya

Bagi Anda yang sekadar memiliki toko mebel Jepara (tanpa usaha produksi tersendiri), Anda juga bisa mendapatkan manfaat besar lho dengan menyediakan BioCide Insecticide. Sebab, dengan produk ini, Anda bisa mencegah serangan serangga supaya tidak menyebabkan kerusakan parah.

BioCide bisa digunakan untuk membasmi rayap, semut, dan berbagai hama lainnya yang biasanya menjadi ancaman gudang mebel, toko, sampai kontainer pengiriman. Yang tak kalah menarik, BioCide Insecticide juga bisa dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Jadi, Anda tak perlu boros saat menggunakan produk ini.

Ayo, Beli BioCide untuk Toko Mebel Jepara Anda!

Yuk, beli BioCide untuk menjaga sekaligus meningkatkan kualitas toko mebel Jepara Anda. Sekarang, BioCide sudah bisa dibeli dengan mudah lho. Anda bisa memesan produk ini secara online ataupun secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Cirebon, dan juga Yogyakarta. Ya! Bio Service Point sudah punya cabang khusus di Jepara. Makanya, bagi Anda yang memiliki usaha mebel dan kerajinan di Jepara, yuk mampir ke Bio Service Point Jepara.

Di Bio Service Point Jepara, Anda bisa membeli BioCide secara langsung. Anda bisa bertemu dengan CS dan teknisi kami yang akan memberikan beragam informasi dan tips menarik. Selain  itu, Anda juga bisa membeli produk woodworking kami yang lain lho seperti cat, lem, sampai penyerap kelembaban.

Tips Tingkatkan Penjualan Toko Mebel Jepara, Begini Caranya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply