Tutorial Mudah Membuat Celengan Bambu Super Unik

Cantiknya celengan bambu! Selain cantik, juga mudah dibuat dan bisa diekspor lho! Yuk, simak cara pembuatan celengan yang bagus dan juga tips supaya produk itu lebih awet!

Celengan kecil yang lucu mungkin menarik dilihat secara sekilas. Anak-anak biasanya menyukai produk seperti ini dan para orangtua tak keberatan membelinya karena celengan pun punya manfaat edukatif. Tapi lebih dari itu, sebetulnya celengan juga bisa mendatangkan keuntungan lho. Profit bisa Anda nikmati dengan memproduksi celengan seperti ini. Nah, kali ini, antiserangga.com akan membagikan tips membuat celengan bahan bambu yang menarik sekaligus tips supaya produk tersebut lebih awet!

Nantinya, aneka produk yang Anda buat ini juga bisa dijual hingga ke luar negeri lho. Sudah banyak cerita sukses mengenai pengrajin Indonesia yang justru bisa menembus pasar ekspor. Mereka biasanya memanfaatkan bahan baku yang dianggap tidak berharga mulai dari pallet sampai serat alam. Bambu pun yang bisa diolah dengan cantik dan memiliki tampilan eksotis ini berpeluang menjadi peluang untuk mendapatkan pundi-pundi keuntungan yang tidak sedikit.

Tutorial Membuat Celengan Bambu

Sediakan alat dan bahan di bawah ini untuk membuat tabungan dari bahan bambu.

Peralatan dan Bahan

  1. Potongan bambu silinder yang masih utuh
  2. Cat atau bahan finishing sesuai selera. Sediakan juga pengencer cat. Rekomendasi kami, gunakan cat water based yang lebih aman dan mudah diterima di dunia internasional.
  3. Potongan kayu (opsional)
  4. Lem bambu (bisa menggunakan lem kayu yang bisa dipakai untuk bambu)
  5. Pengawet (baca tips di bawah)
  6. Kuas
  7. Wadah untuk cat
  8. Amplas. Pilih amplas dengan nomor yang bisa menghaluskan permukaan bambu
  9. Pemotong

Cara Membuat Celengan Bambu

  1. Seleksi bambu yang akan digunakan. Bambu idealnya sudah tua.
  2. Keringkan bambu (lewati langkah ini bila Anda sudah mendapatkan potongan bambu yang kering).
  3. Bentuk silinder bambu sudah bisa langsung dipakai untuk membuat celengan. Bagian penutup antar ruasnya pun tinggal dilubangi saja. Tapi bagi Anda yang ingin membuat penutup dari bahan yang lebih kuat, Anda tinggal memotong papan kayu secara melingkar sesuai luas lubang ruas bambu, lalu mengelemnya. Biarkan lem hingga kering.
  4. Hias celengan bambu tersebut dengan mengecatnya. Supaya lebih indah aplikasikan beberapa tips yang bisa Anda baca di bawah.
  5. Kemas celengan degan baik. Gunakan penyerap kelembaban supaya celengan tidak berjamur atau menjadi sarang rayap.
membuat celengan bambu

Tips Memperidah Tabungan dari Bambu

Decoupage

Teknik decoupage juga bisa Anda terapkan untuk membuat celengan bambu ini. Decoupage adalah teknik “tempel” dan aplikasi pernis (varnish). Caranya:

  1. Aplikasi cat dasar pada bambu. Atau biarkan bambu bila Anda tetap ingin mempertahankan warna bambu.
  2. Siapkan napkin decoupage, potong dengan rapi
  3. Tempelkan napkin pada permukaan bambu.
  4. Biarkan tempelan mengering
  5. Aplikasi cat bening atau pernis agar napkin terlihat seperti gambar yang dilukis di bambu sekaligus untuk melindunginya supaya tidak lepas.

Decoupage cocok diterapkan apabila Anda tidak mahir melukis atau Anda ingin menerapkan gambar dengan lebih cepat dan juga lebih mudah. Cara ini akan menghemat waktu Anda sehingga produksi celengan bisa berjalan lebih cepat.

napkin decoupage
napkin decoupage

Melukis Tabungan

Ingin mengaplikasikan gambar yang lebih otentik? Bila iya, dan Anda memang pandai melukis, maka lukis saja produk Anda. Dengan cara ini, estetika produk Anda bisa dinilai lebih tinggi sebab dilukis secara langsung dan bukan hanya dengan metode tempel ala decoupage.

alterntif text

Awetkan Bambu Supaya Celengan Awet

Nah, dua tips di atas membahas bagaimana cara meningkatkan estetika celengan bambu. Di poin ketiga ini, kami akan berikan tips supaya produk tabungan bambu itu lebih awet. Caranya adalah dengan menerapkan pengawetan pra celengan tersebut difinish. Cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Anda hanya perlu mencelupkan tabungan ke dalam larutan BioCide Insecticide.

  1. Larutkan BioCide Insecticide sesuai dengan rekomendasi produk
  2. Siapkan potongan bambu yang akan dibentuk menjadi celengan
  3. Celupkan selama beberapa saat. Angkat, biarkan BioCide meresap

Silahkan hubungi Customer Servcie kami lebih lanjut untuk informasi produk ini. Kami juga menyediakan bahan pengawet ini untuk dibeli secara online atau secara langsung di Bio Service Point. Dengan memanfaatkan BioCide Insecticide tabungan tersebut akan:

  1. Tidak dimakan rayap
  2. Tidak dimakan kumbang bubuk
  3. Tidak dijadikan sarang berbagai jenis serangga perusak

Ketiga manfaat ini pada akhirnya akan membuat tabungan dari bahan bambu menjadi lebih awet dan bisa bertahan sampai berpuluh tahun.

Treatment pengawetan sendiri sebetulnya sudah banyak diterapkan di industri furniture. Dan treatment ini berhasil secara signifikan membuat masa pakai mebel bertambah hingga berpuluh tahun. Karenanya, treatment ini pun kami rekomendasikan diterapkan di industri furniture.

Apalagi bagi Anda yang tertarik untuk mengekspor produk celengan bambu ini. Di beberapa negara tujuan ekspor seperti Amerika Serikat, pengawasan akan produk yang mengandung hama sangat ketat. Beberapa kejadian seperti masuknya rayap formosa telah menyebabkan kewaspadaan tinggi di negeri Paman Sam. Rayap formosa seperti diketahui berasal dari Asia Tenggara. Rayap ini berhasil masuk ke Amerika Serikat lewat produk yang diekspor ke sana dan menyebaban kerusakan masif di berbagai sektor. Oleh sebab itu, bagi Anda yang berorientasi dengan pasar ekspor, pastikan produk tidak akan dijadikan sarang serangga selama proses kirim.

BIOCIDE INSECTICIDE

Menambah Aksesori

Agar celengan bambu makin terlihat menarik, Anda bisa menambahkan aksesori yang bagus. Misalnya saja renda, lonceng mini, bola hias (untuk anak laki-laki atau anak perempuan yang suka olahraga), bunga-bunga, dan lain sebagainya. Penggunaan renda dan aksesori tersebut juga bisa dikombinasikan dengan aplikasi decoupage atau pelukisan. Pasti tabungan dari bahan bambu akan terlihat semakin menarik.

Membuat Model yang Unik

Jangan sekadar menerapkan model yang itu-itu saja. Be creative! Anda bisa mengaplikasikan model celengan yang lebih beragam dan menarik. Misalnya, dengan membuat celengan bambu silinder yang menyerupai teropong atau menyerupai menara istana, dan masjid. Pasti sangat unik!

Nah, kiranya itulah beberapa tips sekaligus tutorial yang bisa kami bagikan untuk membuat celengan bambu yang bagus. Secara umum produk seperti celengan ini memang sangat menarik dan potensial dijual di tengah pasar yang makin mendigital. Namun demikian, perlu kreativitas dan juga keawetan produk yang lebih baik supaya masyarakat tertarik. Selain melukis tabungan, menggunakan renda, dan lain sebagainya, kita juga bisa mengawetkan produk tersebut dengan BioCide supaya tahan rayap dan kumbang bubuk. Pengawetan juga akan membuat celengan bambu bisa diekspor tanpa kendala undang-undang anti bioterrorisme.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Tutorial Mudah Membuat Celengan Bambu Super Unik

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply