Ini Alasan Kenapa Kayu Teras Lebih Awet! Yuk Kenali Karakteristiknya

Kualitas kayu bukan hanya bisa dibedakan menurut spesiesnya. Bagus dan tidaknya kayu juga bisa dilihat menurut tipe kayu pada satu pohon. Dalam satu batang pohon, kita bisa membedakan area kayu menjadi kayu gubal dan kayu teras.

Bagaimana Kayu Teras Terbentuk?

Pertumbuhan sel tanaman dan sel hewan memiliki sifat yang berlainan. Pada sel tanaman, sel akan tumbuh ke bagian dalam dan juga ke bagian luar. Ke bagian luar, sel akan terspesialisasi menjadi kulit kayu sedangkan ke bagian dalam, sel akan terspesialisasi menjadi jaringan batang pohon. Seiring berjalannya waktu, perkembangan sel akan makin meningkat sehingga batang suatu tanaman membesar. Apalagi bila tanaman tersebut tergolong pohon (tanaman berbatang besar dan tinggi). Namun dengan ketebalan batang yang meningkat, bagian inti atau tengah batang akan kesulitan mendapatkan supply zat makanan.

Bagian tengah batang kemudian akan berubah menjadi sel yang tidak lagi hidup, namun tetap berfungsi bagi pohon. Sel-sel di bagian yang lebih dalam akan memadat, mengeras, dan menjadi tempat dibuangnya limbah hasil reaksi sel lainnya. Sel juga akan kehilangan protoplasmanya. Bagian inilah yang kemudian disebut sebagai heartwood atau kayu teras. Heartwood memiliki peran sangat penting bagi kehidupan pohon, karena bagian ini adalah kunci atau penunjang berdiri tegaknya pohon meski diterpa angin dan lainnya.

Bagaimana dengan sel-sel di bagian pinggir batang? Jaringan sel di bagian pinggir terdiri dari sel yang masih hidup. Bagian ini biasa disebut sebagai kayu gubal atau sapwood.

Apa Saja Karakteristik Kayu Teras (Heartwood)?

  1. Sel-sel memiliki ukuran yang biasanya lebih kecil (lebih pendek dan lebih sempit) dan bukan merupakan sel hidup
  2. Banyak terdapat serat-serat organik
  3. Kandungan air dalam sel lebih sedikit
  4. Mengandung zat-zat limbah reaksi dari bagian gubal. Namun limbah reaksi inilah yang justru mampu memproteksi kayu teras dari hama.
  5. Sel-sel heartwood membentuk jaringan yang lebih kuat, padat, dan juga keras

Perbedaan Jaringan Kayu Gubal dan Teras

  1. Dari segi ukuran, sel-sel kayu gubal merupakan sel yang hidup dan berukuran dinamis sesuai tahapan pertumbuhannya
  2. Karena merupakan sel hidup, jaringan kayu gubal dipenuhi sel dengan kandungan air dan protein tinggi
  3. Tidak atau sedikit mengandung zat residu metabolisme sehingga ketahanan bagian kayu gubal justru kurang
  4. Kayu gubal lebih lunak dibanding heartwood
  5. Jaringan kayu gubal memiliki fungsi sebagai penunjang fisiologi tanaman dan bukan sekadar penunjang struktur atau kekuatan pohon

Apabila kita lihat dari segi tampilan, kadang kita dengan mudah bisa menunjuk beda kayu gubal dan teras dari segi warnanya. Namun ini tidak sepenuhnya tepat. Meski secara umum warna kayu teras lebih pekat (lebih gelap), namun banyak juga spesies pohon yang tidak menunjukkan perbedaan warna antara bagian gubal dengan bagian terasnya.

Kayu Teras Idaman Industri Woodworking

Dibanding sapwood atau kayu gubal, heartwood merupakan bagian batang yang sangat disukai di industri woodworking. Ada beberapa hal yang membuat heartwood sangat disukai. Pertama, tampilannya yang umumnya lebih menarik, kedua kekuatan kayunya, dan ketiga ketahanannya terhadap hama.

Kayu teras sendiri merupakan bagian yang dominan pada pohon yang sudah tua. Jadi, untuk memperoleh kayu ini dalam jumlah banyak, para pengrajin perlu membeli kayu yang usianya memang sudah cukup tua dan bukan lagi kayu muda.

Tidak Semua Tahan Hama

Sebagaimana disebut di atas, dari segi ketahanan, kayu teras memang lebih tahan hama. Siapa sangka, limbah atau residu metabolisme dari bagian sapwood ternyata justru membuat bagian teras lebih resisten dari jamur sampai rayap?

Tapi jangan salah. Dalam banyak kasus, meski kayu bagian teras lebih tahan hama dibanding kayu gubal, tapi ternyata ketahanan kayu tetap tergolong rendah. Lebih dari 50% kayu di Indonesia merupakan kayu kelas awet rendah (III, IV, dan V). Jadi, treatment pengawetan yang ditujukan untuk pengawetan kayu tetap kami sarankan untuk kebanyakan kayu Indonesia, meski kayu tersebut tergolong heartwood.

Kami Sarankan BioCide Insecticide

Nah, untuk treatment pengawetan yang baik, kami sarankan penggunaan BioCide Insecticide. Produk ini memiliki banyak keunggulan yang bisa dilihat pada berbagai aspek, seperti:

  1. Aspek hasil. Kayu yang diawetkan dengan BioCide Insecticide memiliki usia pakai lebih tinggi dan juga lebih terlindungi secara menyeluruh. Apalagi BioCide adalah insektisida spektrum luas yang bisa melindungi dari serangan rayap, kutu, sampai kumbang bubuk.
  2. Dari segi penggunaan, produk ini sangat mudah digunakan. Anda bisa menggunakannya menyesuaikan dengan alur produksi. Metode yang bisa diterapkan bisa berupa metode pengulasan, pencelupan, perendaman, sampai metode vakum tekan.
  3. Produk ini bisa dibeli dengan harga yang terjangkau. Jadi penggunaannya tidak akan membenani proses produksi.
  4. Dari aspek kehematan, produk ini sangat hemat digunakan. Penggunaannya juga tak membutuhkan bahan pendukung tambahan.
  5. Dari segi keamanan, produk ini juga lebih aman digunakan. Pelarutnya yang merupakan air dan bahan aktif cypermethrin membuat BioCide Insecticide lebih baik bagi pekerja dan alam dibandingkan insektisida lainnya. Tapi tentu saja, penggunaan tetap harus dilakukan secara hati-hati.

Cara Menggunakan BioCide untuk Mengawetkan Kayu

BIOCIDE INSECTICIDE

Pengawetan kayu teras menggunakan BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan beberapa cara. Secara umum sendiri, kita bisa membedakan metode pengawetan menjadi metode pengawetan jangka pendek dan jangka panjang. Dalam hal ini, BioCide bisa diterapkan pada:

  1. Pengawetan kayu remanen atau sementara (efek beberapa bulan) dengan cara pemulasan. Treatment ini bisa dilakukan pasca penebangan kayu untuk mencegah hama kumbang teter basah
  2. Pengawetan kayu permanen (efek sampai berpuluh tahun) dengan cara perendaman, vakum tekan, atau pencelupan. Treatment ini diterapkan untuk perlindungan kayu jangka panjang jadi produk kayu seperti mebel dan konstruksi bangunan tidak mudah rusak. Treatment didesain untuk mencegah berbagai jenis serangga yang bisa menyerang produk kayu mulai dari rayap sampai totor.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Yuk, beli BioCide Insecticide sekarang juga. Produk ini kini bisa dibeli dengan sangat mudah lho. Anda bisa membeli BioCide Insecticide di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online langsung di antiserangga.com. Caranya, langsung saja hubungi Customer Servcie kami. CS kami aakn memandu Anda melakukan pembelian dengan mudah, profesional, dan juga ramah. Anda juga bebas berkonsultasi pasca pembelian agar BioCide Insecticide bisa diterapkan dengan optimal. Selain CS, teknisi kami yang berpengalaman juga bisa membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan.

Semoga bermanfaat ya. Pada akhirnya kayu teras merupakan bagian yang sangat unik dari efek perkembangan jaringan tumbuhan yang khas. Pada pohon itu sendiri, kayu teras memiliki fungsi sebagai penunjang kekuatan dan kokohan pohon. Bagian kayu ini secara alamiah memang lebih berkualitas dibanding kayu gubal bila dilihat dari perspektif industri woodworking. Namun demikian, tak semua jenis kayu teras memiliki kualitas yang sama baiknya. Beberapa spesies pohon menghasilkan heartwood yang ternyata tidak tahan hama. Secara umum pun, ketahanan hama dalam industri perkayuan perlu ditingkatkan. Caranya tentu dengan treatment pengawetan menggunakan obat terbaik, BioCide Insecticide.

Leave a Comment