Prinsip-prinsip Pengawetan Kayu yang Penting Diperhatikan

Agar hasilnya benar-benar baik, prinsip-prinsip pengawetan kayu ini wajib diperhatikan!

Pengawetan kayu bisa diartikan sebagai semua jenis usaha untuk meningkatkan masa pakai kayu yang biasanya memendek akibat serangan hama. Treatment seperti ini sudah menjadi tuntutan industri woodworking modern dikarenakan perannya yang sangat vital.

Tahukah kamu bahwa:

  1. Sebagian besar (lebih dari 50%) kayu di Indonesia adalah kayu yang tidak awet?
  2. Proses pembusukan massa organik (kayu termasuk massa organik) di iklim tropis sangat tinggi
  3. Kerugian akibat masa pakai kayu yang pendek bisa mencapai triliunan rupiah per tahun

Pengawetan kayu sebetulnya sudah dilakukan sejak lama sejak zaman dahulu kala. Namun demikian, sampai saat ini, masih ada saja pelaku usaha di bidang woodworking di Indonesia yang belum menerapkan treatment pengawtan. Kalaupun dilakukan treatment pengawetan, prosesnya dilakukan ala kadarnya sehingga menjadi sia-sia saja dilakukan. Padahal, untuk hasil pengawetan yang baik diperlukan pula proses preservasi yang bagus dan memerhatikan prinsip-prinsip pengawetan kayu.

Prinsip-prinsip Pengawetan Kayu

  1. Treatment pengawetan harus dilakukan secara merata pada keseluruhan bidang kayu. Kayu yang sudah diawetkan lalu dipotong akan membuka area baru yang belum diawetkan sehingga pengawetan perlu diulangi lagi.
  2. Resapan obat pengawet harus cukup untuk melindungi kayu. Setelah meresap (terpenetrasi), bahan juga harus stabil di dalam kayu.
  3. Pasca meresap, obat pengawet tidak boleh mudah luntur.
  4. Lama pengawetan dan lama efek pengawetan harus diperhatikan.
  5. Cara atau metode pengawetan.
  6. Perlu diperhatikan karakter kayu pra diawetkan agar disesuaikan dengan obat, metode, serta lama proses pengawetan.
  7. Kondisi kayu spesifik pra pengawetan juga perlu diperhatikan.
  8. Teknologi dan peralatan yang diterapkan pada proses pengawetan kayu

Kedelapan prinsip-prinsip pengawetan kayu di atas harus diperhatikan keseluruhannya agar memberikan hasil yang benar-benar baik.

Bahan Pengawet: Salah Satu Prinsip Penting Pengawetan Kayu

Seperti dijelaskan sebelumnya, salah satu poin pada prinsip-prinsip pengawetan kayu di atas terletak pada obat pengawet yang digunakan. Bahan pengawet bisa diartikan sebagai segala jenis bahan yang dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan kayu dari hama perusak. Karena hama perusak kayu bisa dibagi menurut beberapa golongan, maka bahan pengawet kayu pun bisa dikategorikan menjadi:

  1. Antijamur atau fungisida untuk meningkatkan ketahanan kayu dari jamur. Fungisida pengawet kayu bisa dibagi menjadi fungisida anti jamur stain dan fungisida anti jamur filamen (jamur permukaan)
  2. Antiserangga atau insektisida untuk meningkatkan ketahanan kayu dari serangga perusak. Antiserangga bisa dibagi lagi menjadi termisida (anti rayap), anti totor, dan lainnya.
  3. Antibakteri dan antimikroorganisme pembusuk untuk meningkatkan ketahanan kayu dari mikroba perusak kayu.

Di pasaran sendiri, terdapat beberapa produk pengawetan kayu. Usahakan untuk memilih produk yang bagus agar hasil preservasi kayu yang Anda lakukan pun tidak sia-sia.

Gunakan BioCide Insecticide

Untuk hasil yang baik, metode yang mudah, dan juga biaya pengawetan yang lebih terjangkau, gunakan selalu obat pengawet kayu, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida yang bisa melindungi kayu dari rayap, semut pengebor, kumbang bubuk atau teter, tawon pengebor kayu, dan masih banyak lagi. BioCide Insecticide bisa memberikan perlindungan jangka panjang karena sifatnya sangat stabil dalam substat kayu dan tidak mudah luntur.

Produk ini juga sangat mudah digunakan dengan berbagai metode pengawetan kayu yang baik sehingga sesuai dengan prinsip-prinsip pengawetan kayu. Berikut ini beberapa metode yang bisa diterapkan untuk menggunakan BioCide Insecticide.

  1. Metode perendaman
  2. Metode pencelupan
  3. Vakum tekan
  4. Pemulasan atau penguasan
  5. Dan metode lainnya

Produk ini didesain dengan konsentrasi tinggi sehingga menawarkan biaya pengawetan kayu yang lebih ekonomis. Proses produksi pun bisa tetap hemat dan tak bermasalah karena budget yang tiba-tiba naik.
Dari segi keamanan, BioCide juga bisa diandalkan. Produk ini didesain sebagai pengawet kayu modern dengan pelarut air dan bahan aktif cypermethrin yang diizinkan oleh berbagai lembaga kimia dan keamanan lingkungan dunia seperti ECHA (Uni Eropa).

Beli BioCide Insecticide Begini Caranya

Ayo segera beli BioCide Insecticide! Siapa yang tak ingin menggunakan insektisida berkualitas ini sekarang juga? Pembelian bisa dilakukan di Bio Service Point. Untuk saat ini, Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Anda bisa membeli langsung sambil berdiskusi dan berkonsultasi dengan Customer Service, dan bila perlu teknisi kami. Kami juga menyediakan berbagai produk pengolahan kayu lainnya lho yang dapat Anda gunakan dengan harga terjangkau. Terdapat produk finishing, adhesive kayu, sampai penyerap kelembaban silica gel yang sama perlunya dalam industri woodworking sebagaimana insektisida.

BIOCIDE INSECTICIDE

Ingin membeli dengan cara lebih praktis? Atau lokasi Anda terlalu jauh dari Bio Service Point? Agen kami juga tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Silahkan tanya ke Customer Service kami untuk informasi agen kami yang lokasinya paling dekat dengan lokasi Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Tak perlu keluar ongkos, waktu, dan tenaga, Anda bisa membeli produk ini via gadget yang Anda punya. Silahkan langsung saja hubungi CS kami dan pesan BioCide Insecticide. CS kami pasti akan memandu Anda dengan ramah dan profesional.

Langkah-langkah pemesanan adalah sebagai berikut.

  1. Berikan informasi yang diperlukan CS kami untuk memberikan gambaran biaya yang harus dikeluarkan dan kurir pengiriman yang akan digunakan.
  2. CS kami akan memberikan estimasi pengirimannya pada Anda.
  3. Diskusikan lebih lanjut, setelah dirasa semuanya jelas, lakukan pembayaran menurut keterangan yang disebutkan oleh Customer Service kami.
  4. Kirimkan bukti pembayaran pada kami.
  5. Tunggu Customer Servcie memroses pesanan Anda dan menyerahkannya ke kurir. Paling cepat, kami akan mengirimkan pesanan ke kurir pada siang atau sore hari, apabila bukti pembayaran sudah diberikan sejak awal.
  6. Tunggu CS kami memberikan nomor resi pengiriman. Nomor resi pengiriman digunakan untuk melacak pesanan Anda.
  7. Tunggu produk Anda sampai di alamat yang Anda kehendaki. Kami juga akan turut memantau dan membantu Anda, supaya kurir pengiriman benar-benar mengiriman BioCide Insecticide ke alamat yang sudah ditetapkan.

Mudah bukan cara pembelian di atas? Bagaimana dengan pembelian secara online di marketplace? Pembelian secara online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Jd.id, Bukalapak, dan lain-lain pun bisa dilakukan. Sebab, produk kami telah tersedia di toko-toko tersebut.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Semoga bermanfaat, ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya dari kami. Sekali lagi, pengawetan kayu adalah tahapan yang krusial dilakukan untuk menghindari kerugian dalam jumlah yang tak main-main. Pengawetan juga sudah menjadi tuntutan pengolahan kayu secara modern. Karenanya, perlakuan pengawetan kayu wajib dilakukan oleh semua pelaku usaha mebel, kerajinan, konstruksi, dan sesiapapun yang memanfaatkan material kayu kecuali untuk hal-hal tertentu. Tapi perlu diketahui, tiap perlakuan pengawetan memberikan hasil yang bermacam-macam. Untuk hasil pengawetan yang bagus, perhatikanlah prinsip-prinsip pengawetan kayu yang ideal. Salah satunya, jangan lupa untuk selalu memakai BioCide Insecticide.

Leave a Comment