Waspada Hama Pasca Properti Terendam Banjir!

Dari apartemen, perumahan, sampai rumah-rumah pribadi terendam banjir. Kira-kira apa yang mesti dilakukan terhadap aneka properti yang terendam banjir tersebut?

10 triliun! Kerugian akibat banjir Jakarta diperkirakan mencapai 10 triliun rupiah! Jelas angka ini bukan angka yang bisa dilihat sekilas mata. Jumlah kerugian ini berasal dari akumulasi kerusakan moda transportasi, barang elektronik, sampai kerusakan pada properti.

Ya, kerusakan pada bangunan atau properti juga menyumbang angka yang sangat tinggi. Bahkan kemungkinan besar, kerugian dari sector ini adalah yang terbesar. Padahal, properti merupakan asset yang sangat penting dan bernilai bagi masyarakat. Mulai dari perumahan, apartemen, indekos, kontrakan, sampai rumah pribadi tak pernah tidak memberikan manfaat bagi pemiliknya.

Dampak Banjir Terhadap Properti


properti terendam

Apa saja dampak banjir terhadap properti? Jelas sangat banyak. Kerusakan bisa kita lihat dengan mudah pada berbagai aspek dalam bangunan seperti:

  1. Kerusakan pada lantai dan dinding. Lantai dan dinding adalah bagian bangunan yang paling terdampak banjir. Selain sekadar “kotor” lantai dan dinding bisa mengalami kerusakan yang lebih serius, misalnya terkikisnya dinding, lantai yang lepas, sampai lapisan pada dinding yang rusak.
  2. Kerusakan elemen kayu. Elemen kayu pada properti terendam banjir sudah pasti mengalami kerusakan. Dari pintu sampai jendela, kerusakan sangat perlu dipantau. Tingkat kerusakan dipengaruhi intensitas banjir serta kualitas kayunya sendiri.
  3. Kerusakan pada furniture. Selain bagian bangunan, kerusakan biasanya juga mengenai perabot dalam bangunan. Padahal, banyak perabot zaman sekarang yang terbuat dari kayu olahan yang sama sekali tidak tahan air.
  4. Kerusakan pada elemen kaca dalam bangunan. Misalnya pada jendela dan dinding kaca.
  5. Kerusakan pada elemen-elemen berbahan kain, misalnya pada gorden.
  6. Kerusakan pada atap dan rangkanya.
  7. Kerusakan pada lahan sekitar bangunan yang membuat properti turun harga.

Sangat memusingkan memang membaca kerusakan-kerusakan di atas. Tapi tentu saja kita perlu bergerak cepat supaya bisa memperbaiki kerusakan yang terjadi.

dinding rusak properti terendam banjir

Solusi Properti Terendam Banjir

Untuk menanggulangi berbagai persoalan di atas, solusi yang diambil harus dilakukan sesuai dengan persoalan yang dihadapi. Berikut ini beberapa saran yang bisa kami berikan untuk masalah-masalah pada bangunan pasca diterjang banjir.

alterntif text
  1. Pendempulan untuk mengatasi tembok yang terkikis. Air bisa mengikis tembok dan membuat semacam lubang di permukaan dinding kita. Pengecatan saja jelas tak bisa mengatasi masalah ini. Dinding perlu diperbaiki dengan putty atau dempul terlebih dahulu supaya permukaannya rata dan dinding tetap kokoh.
  2. Pengecatan ulang untuk mengganti cat lama yang rusak. Aplikasikan cat yang bagus (tahan air) untuk mengantisipasi bencana banjir lain di kemudian hari.
  3. Pembersihan secara umum. Bangunan, baik itu apartemen, perumahan, indekos, ataupun rumah pribadi yang terkena banjir akan menjadi sangat kotor. Pembersihan secara total dan menyeluruh wajib dilakukan supaya bangunan kembali indah sekaligus sehat untuk dilindungi.

Selain ketiga tips di atas, pastikan juga bangunan tidak diserang hama di kemudian hari.

Hama?

Lindungi Properti Terendam Banjir dari Ancaman Hama

Selain menyebabkan kerusakan struktural, keindahan yang menurun, dan kondisi yang tidak higienis, bangunan yang terkena banjir juga biasanya terkontaminasi berbagai jenis hama. Serangan hama bisa terjadi dalam jangka waktu pendek maupun dalam jangka waktu panjang. Hama-hama ini akan membuat kerusakan parah pada bangunan baik secara estetika atau structural. Jadi jangan pernah menyepelekan keberadaan hama-hama ini!

Jenis-jenis hama yang mesti diwaspadai sendiri antara lain adalah rayap, teter, sampai tawon pengebor. Sebab:

  1. Kondisi tanah dan bangunan pasca banjir biasanya lembab, dan ini akan memicu pertumbuhan rayap yang pesat. Apalagi bila bangunan berlokasi dekat sungai, got, area bekas rawa, dan sejenisnya.
  2. Bagian bangunan seperti lantai dan dinding yang mengandung telur-telur hama yang bisa berkembang di kemudian hari apabila tidak dihilangkan.
  3. Kondisi bangunan dan furniture yang lembab dan tidak dikeringkan dengan baik sebelum difinish.
rayap formosa

Jadi dalam perbaikan atas properti terendam banjir, kita tidak bisa sekadar memperbaiki kerusakan structural atau mengecat bangunan kembali. Kedua hal itu tidak cukup mengembalikan bangunan dalam kondisi idealnya. Kita juga perlu memastikan hama-hama tidak menyerang dengan menerapkan treatment anti hama pasca banjir dengan BioCide Insecticide.

Treatment Anti Hama Pasca Banjir dengan BioCide Insectide

BioCide Insecticide adalah water based preservative mengandung cypermethrin 100 EC. Produk ini:

BioCide Insecticide adalah:

  1. Insektisida yang bisa diresapkan ke dalam kayu, lantai, dan elemen bangunan lainnya
  2. Menggunakan formula modern dan berbahan aktif cypermethrin 100 EC
  3. Bisa mencegah serangan rayap, teter, dan hama serangga lainnya
  4. Cukup diresapkan dengan dipulaskan atau dijadikan larutan perendaman
  5. Efek tahan lama
  6. Harga terjangkau dan penggunaan hemat
  7. Lebih aman digunakan
BIOCIDE INSECTICIDE

Pemakaiannya bisa diterapkan dengan cara:

  1. Diencerkan dulu menggunakan air
  2. Dipulaskan atau dikuaskan pada furniture dan elemen organik bangunan (kayu, bambu, rotan, dan lainnya) sebelum dicat
  3. Disiramkan di bagian lantai yang diidentifikasi berhama

BioCide Insecticide juga bisa digunakan untuk perlindungan pada bangunan yang lebih sistemik. Tapi Anda harus membangun system anti hama pada bangunan terlebih dahulu, yakni sistem pipa injeksi. Pada sistem seperti ini, pipa berlubang ditanam di bawah bangunan. BioCide dialirkan ke dalam pipa untuk rentang 6-12 bulan sekali. Cara ini akan membasmi berbagai jenis potensi serangan hama dari bagian bawah tanah.

3 Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo beli segera BioCide Insecticide. BioCide Insecticide sekarang sudah bisa dibeli dengan mudah lho. Pembelian bisa dilakukan secara langsung ataupun secara online. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa bertandang ke tempat kami, Bio Service Point. Selain bisa membeli produk pengawet ini, Anda pun bisa membeli beragam produk pengolahan kayu kami yang lainnya meliputi adhesive sampai silica gel yang food grade.

Adapun, pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via kontak Customer Service. CS kami akan memandu proses pembelian dengan menyenangkan, cepat, dan juga transparan. Jadi Anda jangan segan untuk memesan secara online. Anda juga bisa menghubungi CS kami untuk bertanya lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide.

Bagaimana dengan pembelian via pihak ketiga? Pembelian juga bisa dilakukan lewat agen kami baik secara langsung ataupun secara online. Agen-agen kami tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Jadi Anda bisa membeli dengan lebih cepat, dekat, dan ongkos kirimnya juga murah. Pastikan saja agen tersebut terpercaya. Kontak customer service kami untuk mengetahui apakah agen tersebut terpercaya atau tidak.

Kiranya, demikian informasi yang bisa kami bagikan terkait dengan solusi mengatasi properti terendam banjir. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, ya. Jangan lupa untuk terus mengupdate informasi kami yang lainnya ya. Antiserangga.com masih akan terus hadir dengan berbagai informasi menarik lainnya.

Waspada Hama Pasca Properti Terendam Banjir!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply