Lebih Dekat dengan Bambu India yang Serba Guna!

Bambusa tulda atau bambu India adalah salah satu jenis bambu yang ditemukan di Asia sampai Amerika. Seperti apa ya karakteristik bambu ini?

Ada banyak jenis bambu yang sampai saat ini udah dikenal manusia. Hampir semua bambu tersebut telah dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan. Di antaranya untuk:

  1. Membuat berbagai jenis furniture
  2. Membuat berbagai jenis elemen bangunan
  3. Membuat berbagai jenis kerajinan

Pada umumnya tiap bambu memiliki karakteristik tersendiri yang kemudian menjadi faktor bagi manusia dalam memanfaatkannya. Bambu yang kualitasnya baik, misalnya, banyak digunakan untuk kebutuhan yang lebih sulit. Nah di antara sekian banyak jenis bambu ini, dikenal bambu India atau bambusa tulda. Jenis bambu ini merupakan salah satu jenis bambu yang paling banyak dimanfaatkan di seluruh muka bumi.

Karakteristik bambu India

bambu india
  1. Membentuk batang yang panjang dan hijau
  2. Tinggi antara 6 sampai 23 meter
  3. Ketika tua batang menjadi keabu-abuan
  4. Panjang tabung bambu antara 30 sampai 60 cm
  5. Lebar tabung antara 5 sampai 10 cm

Waspada Hama

Pengolahan bambu india memiliki beberapa tantangan meski secara umum kualitas bambu ini sudah baik. Selain masalah supply-nya, keberadaan hama kadang juga jadi persoalan serius. Hama tidak sekadar merusak produk yang sudah lama digunakan, tapi juga bisa menyebabkan proses produksi tidak lancar. Kerugian akibat masalah seperti ini tidak main-main. Seorang pengusaha bisa saja gulung tikar gara-gara serangan hama yang tidak kira-kira.

Serangan hama pada bambu sendiri yang sangat perlu diantisipasi adalah:

  1. Serangan teter. Fenomena bambu bubukan menunjukkan bahwa kumbang teter atau totor harus selalu diwaspadai oleh pelaku usaha. Teter dewasa (berbentuk kumbang) akan meletakkan telurnya di material organik seperti kayu dan bambu. Tatkala telur itu menetas, larva akan memakan material organik dari dalam dan menyebabkan kerusakan parah sampai bertahun-tahun kemudian.
  2. Rayap. Bambu juga sangat rentan diserang rayap. Termite melakukan serangan dalam bentuk koloni dan biasanya lebih cepat terjadi dibanding dengan teter. Meski selama ini rayap dikenal suka kelembaban, tapi kita juga perlu waspada terhadap kelompok rayap spesifik, yakni rayap kayu kering yang bisa memakan bambu-bambu kering.

Untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menerapkan treatment pengawetan pada bambu india. Seperti apa ya treatment pengawetan itu?

kumbang teter dan larva

Perlu Pengawetan yang Baik untuk bambu India

Pengawetan untuk bambu india akan meningkatkan kualitas penggunaan material tersebut. Treatment pengawetan sendiri bisa dilakukan dengan beberapa metode, yaitu:

alterntif text
  1. Kuas atau pemulasan
  2. Perendaman
  3. Vakum tekan

Dilihat dari waktunya, pengawetan pada bambu india dapat diterapkan saat bambu baru ditebang dan setelah bambu dikeringkan. Setelah bambu ditebang, perlindungan sementara perlu dilakukan dengan mengoleskan pengawet pada sisi-sisi bambu. Selanjutnya, perlu dilakukan pengawetan dengan metode lebih baik (misalnya perendaman) sebelum kayu diolah menjadi mebel, lantai, ataupun kerajinan.

Tingkat keberhasilan pengawetan bambu india sendiri dipengaruhi berbagai faktor. Namun faktor obat pengawet menjadi faktor utama yang sangat perlu diprioritaskan. Dan untuk kebutuhan ini, kita bisa menggunakan BioCide Insecticide.

Artinya, formula dan cara pelarutan insektisida ini menggunakan air dan bukan solvent (minyak). Water based preservative unggul dalam banyak hal dibanding oil based preservative, di antaranya adalah:

  1. Preservative seperti ini tak akan membuat permukaan kayu menjadi sulit dicat. Pada oil based preservative, karena bahan pengawetnya menggunakan minyak, akibatnya permukaan kayu akan sulit atau malah sama sekali tidak bisa dicat.
  2. Tingkat keamanan. Bahan pengawet berbasis air secara umum lebih aman digunakan sebab tidak mengandung zat-zat toksik yang biasanya ditemukan pada solvent.
  3. Dari tingkat penggunaan. Pemanfaatan bahan pengawet berbasis air lebih hemat sebab jikapun Anda mau mengencerkannya, Anda hanya perlu menggunakan air bersih saja. Anda tidak perlu membeli solvent seperti thinner atau spiritus sebagai pengecer.
kerusakan bambu akibat rayap
Cegah masala ini dengan treatment pengawetan. Image by Kaminski et all, 2016

Selain keunggulan sebagai water based preservative, BioCide pun unggul karena dalam banyak hal memang memiliki karakteristik yang lebih baik. Pertama dari hasil pengawetan, insektisida ini bisa memberikan perlindungan menyeluruh dengan retensi atau ketahanan sampai puluhan tahun. Kedua, dari segi metode, penggunaan BioCide lebih mudah dengan pilihan metode aplikasi lebih beragam. Dan ketiga, dari segi hargapun, insektisida ini memang lebih terjangkau. Padahal, dibanding banyak insektisida di pasaran, konsentrasi insektisida ini jauh lebih tinggi. Sehingga kemasan kecilnya bisa mengalahkan insektisida dalam kemasan besar yang biasanya terlalu banyak diencerkan.

Insektisida ini bisa dibeli di situs ini! Dan selain bisa menikmati berbagai keunggulan BioCide Insecticide di atas, Anda juga bisa memanfaatkan layanan free consultation.

Bebas Konsultasi!

Kami tak akan meninggalkan Anda selepas Anda membeli produk pengawet ini. Nomor hotline kami masih akan terus terbuka untuk melayani Anda dengan berbagai informasi yang dibutuhkan. Sebab, sejak awal kami di Bio Industries telah berkomitmen untuk mendukung industri woodworking nasional yang lebih maju dan eco friendly. Anda bisa menghubungi CS kami untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut atau untuk memperoleh jawaban atas berbagai pertanyaan Anda. Bila perlu, teknisi kami pun akan turut membantu persoalan yang Anda hadapi dan memaksimalkan penggunaan BioCide Insecticide.

Jadi tunggu apalagi? Ayo segera beli sekarang juga insektisida modern ini untuk hasil produk kayu berkualitas tinggi.

3 Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo beli segera BioCide Insecticide. BioCide Insecticide sekarang sudah bisa dibeli dengan mudah lho. Pembelian bisa dilakukan secara langsung ataupun secara online. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa bertandang ke tempat kami, Bio Service Point. Selain bisa membeli produk pengawet ini, Anda pun bisa membeli beragam produk pengolahan kayu kami yang lainnya meliputi adhesive sampai silica gel yang food grade.

BIOCIDE INSECTICIDE

Adapun, pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami via kontak Customer Service. CS kami akan memandu proses pembelian dengan menyenangkan, cepat, dan juga transparan. Jadi Anda jangan segan untuk memesan secara online. Anda juga bisa menghubungi CS kami untuk bertanya lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide.

Bagaimana dengan pembelian via pihak ketiga? Pembelian juga bisa dilakukan lewat agen kami baik secara langsung ataupun secara online. Agen-agen kami tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Jadi Anda bisa membeli dengan lebih cepat, dekat, dan ongkos kirimnya juga murah. Pastikan saja agen tersebut terpercaya. Kontak customer service kami untuk mengetahui apakah agen tersebut terpercaya atau tidak.

Kiranya, demikian informasi yang bisa kami bagikan terkait dengan bambu India. Secara umum, bambu ini memiliki kualitas yang sangat baik dan sudah digunakan untuk banyak kebutuhan. Namun demikian pemanfaatan bambu ini tetap perlu treatment pengawetan berkualitas tinggi. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, ya. Jangan lupa untuk terus mengupdate informasi kami yang lainnya ya. Antiserangga.com masih akan terus hadir dengan berbagai informasi menarik lainnya.

Lebih Dekat dengan Bambu India yang Serba Guna!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply