Wow! Ternyata Seni Ukir Suku Dayak Tak Hanya Memesona

Siapa tak tahu suku dayak? Suku ini merupakan suku yang berasal dari pulau Kalimantan. Tapi sudahkah Anda mengenal seni ukir suku dayak?

Kebanyakan orang ketika mendengar nama suku dayak, biasanya akan langsung teringat dengan baju tradisional yang begitu unik. Ada mahkota dari bahan alam seperti bulu, dan motif baju yang terlihat mistis. Berbagai cerita mengenai kekuatan ghaib suku dayak juga dikenal di mana-mana. Ya, siapa tak tahu dengan suku yang berasal dari Kalimantan ini? Mereka dikenal pemberani dan juga masih menjaga teguh budaya leluhurnya.

Tapi bicara mengenai suku dayak tentu tak sekadar bicara mengenai baju tradisional, tari-tarian, atau nyanyiannya. Masyarakat dayak yang sangat beragam itu juga mempersembahkan seni ukir yang sangat menarik, lho untuk Indonesia. Seni ukir suku dayak ini tentu saja memiliki kekhasan yang tak dimiliki oleh suku lainnya.

Seni Ukir Suku Dayak

Seperti apakah seni ukiran suku dayak? Dari segi harga, sebetulnya seni ukir suku ini sangat mahal. Sebab, menurut tradisinya, ukiran diterapkan pada kayu khas Kalimantan, yakni kayu ulin.

Adapun, Bila kita bicara motifnya, pada umumnya suku ini menerapkan motif yang berkaitan dengan alam. Hal ini dikarenakan orang dayak memang begitu menghargai alam tempat tinggalnya dan terus ingin melestarikannya. Selain itu, motif-motif ini juga biasanya memiliki makna sendiri-sendiri. Karena itulah, aplikasi motif ukiran biasanya dilakukan dengan pakem tertentu, bukannya sembarangan.

seni ukir suku dayak

Berikut ini beberapa contoh motif ukiran suku dayak dan juga maknanya.

Motif Burung Enggang

Motif yang paling populer di antara suku dayak adalah motif burung enggang. Burung enggang merupakan simbol atas penguasa alam. Menurut warga dayak, Enggang Gading adalah perlambang Mahatala dan Pohatara. Mereka adalah Panglima Burung yang sangat legendaris itu. Panglima Burung sendiri hanya muncul dalam keadaan tertentu (saat terjadi peperangan).

Motif Naga

Motif naga atau Jata biasanya dibuat sebagai perlambang kesucian dan kekuasaan atas alam bawah (tanah serta air).

Motif Anjing

Orang dayak juga sering membuat ukiran dengan motif binatang anjing. Biasanya anjing diartikan sebagai jelmaan dewa yang diusir dari khayangan. Tujuannya adalah unntuk menjaga manusia.

Motif Perisai

Motif seni ukir dayak selanjutnya adalah motif perisai. Motif perisai melambangkan pertahanan yang kokoh yang dimiliki oleh suku dayak.

Bagaimana? Sebagaimana disebutkan sebelumnya, motif dari suku ini biasanya terkait dengan alam (organisme) dan juga memiliki makna spiritual tersendiri. Nah, dalam penerapannya, orang dayak akan memerhatikan simbolisme seperti ini. Mereka biasanya menerapkan motif ukiran di berbagai kebutuhan, mulai dari rumah dan lain sebagainya.

seni ukir suku dayak

Meningkatkan Kemajuan Ekonomi Rakyat

Motif ukiran yang beragam di atas biasanya dipadukan dengan warna-warna yang berani dan sangat jelas. Selain menjadi ciri bagi masyarakat dayak sendiri, beragam motif ini juga bisa membantu meningkatkan ekonomi rakyat, lho. Motif-motif tersebut bisa diterapkan pada berbagai benda yang nantinya bisa mendatangkan keuntungan, seperti:

Jadi Suvenir di Era Modern

Borneo alias Kalimantan adalah pulau yang begitu indah. Hutan hujan tropis tumbuh lebat dan satwa-satwa endemik pun terdapat di mana-mana. Salah satu satwa yang paling populer adalah orangutan. Wisatawan dari mancanegara datang ke Borneo untuk bisa melihat langsung hewan menakjubkan ini. Para wisatawan yang datang ini pun tentunya ingin mendapatkan kenang-kenangan yang khas. Karena itulah, masyarakat lokal bisa diberdayakan untuk membuat suvenir yang khas, yang memiliki motif seni ukir khas Borneo.

Pemerintah Indonesia saat ini tengah menggencarkan sektor pariwisata. Pembangunan sektor ini tentu perlu dukungan berbagai pihak, terutama dari masyatakat itu sendiri. Bahkan, hendaknya masyarakat diberdayakan karena dikhawatirkan akan tertinggal dengan kemajuan yang berlaku bila tidak diikutsertakan dalam pembangunan. Salah satu cara yang bisa dilakukan tentu adalah dengan membuat suvenir khas lokal sebagaimana yang disebut di atas.

Pada Bangunan

Motif ukiran suku dayak juga bisa diterapkan di bangunan lho. Bahkan bangunannya pun tak sekadar bangunan tradisional, tapi juga bangunan modern. Kombinasi antara bangunan modern atau kontemporer dengan motif tradisional ini pasti akan sangat menarik dan lain daripada yang lain.

Pada Furniture

Seni ukir suku dayak juga bisa diterapkan pada furniture. Misalnya untuk membuat almari dengan ukiran ini, juga kursi, bangku, dan buffet. Untuk memberikan kesan yang lebih “Borneo”, mebel bisa dibuat menggunakan kayu ulin. Tapi tentu saja konsekuensinya, harga furniture nanti akan sangat mahal. Sebab kayu ulin sudah makin langka didapatkan.

Kami Dukung Anda dengan BioCide Insecticide!

Kami mendukung pemanfaatan budaya lokal untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Apalagi bila pertumbuhan ekonomi ini bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, tak terbatas pada perusahaan-perusahaan besar saja. UKM-UKM bisa didorong lagi untuk menghasilkan produk yang memiliki ciri khas tiap daerah.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioIndustries, sebagai perusahaan penyedia produk woodworking telah menghadirkan berbagai produk yang bisa mendukung usaha Anda. Khusus untuk obat pengawetan, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida berbasis cypermethrin 100 EC. BioCide Insecticide bisa digunakan untuk menghasilkan produk kayu, baik mebel ataupun kerajinan agar lebih tahan dari rayap dan serangga lainnya. BioCide Insecticide sudah banyak digunakan pelaku usaha mebel dan kerajinan di Jawa, bahkan mancanegara.

Produk ini memiliki kualitas yang baik dan sesuai standar treatment preservasi kayu yang bermutu tinggi. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan harganya. Anda bisa membeli produk ini dengan harga yang sangat hemat. Dengan nominal yang ditetapkan, Anda bisa memperole produk yang konsentrasinya sangat tinggi.

Penggunaan cypermethrin 100 EC yang menggunakan pelarut air juga membuat BioCide Insecticide:

  1. Lebih hemat, sebab Anda tak perlu membeli pelarut berbahan solvent based lagi
  2. Lebih aman digunakan dan juga lebih ramah lingkungan. Apalagi cypermethrin juga lebih mudah diuraikan dibanding insektiida lainnya.

Ayo Pesan BioCide!

Yuk, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga! Produk berkualitas premium ini, kini bisa Anda beli secara daring lho. Anda bisa langsung memesan di antiserangga.com. Customer Service kami akan membantu Anda melakukan pemesanan dengan sangat ramah dan juga profesional. Anda juga bisa memesan via marketplace. Kami membuka opsi membeli di toko online karena kami tahu bahwa banyak pelanggan kami yang memang terbiasa membeli secara online.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung. Silahkan Anda kunjungi kami di Bio Service Point. Ada banyak produk woodworking lainnya yang kami sediakan. Terdapat lem, bahan finishing, sampai semir kayu yang bisa Anda beli.

Jadikan Bio Service Point sebagai andalan Anda meneruskan usaha kerajinan dan mebel!

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan terus hadir dengan informasi yang bermanfaat dan bagus seperti artikel mengenai seni ukir suku dayak ini.

Leave a Comment