Akibat Global Warming, Waspada Tawon Perusak Kayu!

0
49
tawon perusak kayu

Waspada serangan global warming akibat tawon perusak kayu! Cegah tawon ini sekarang juga sebelum menyebabkan kerugian pada usaha Anda.

Yani (26), seorang warga di Bantul Yogyakarta mendapati sesuatu yang berbeda akhir-akhir ini. Ia menemukan frekuensi kedatangan tawon yang semakin sering. Bukan cuma tawon besar yang ia temukan. Ia juga menemukan tawon-tawon yang tubuhnya ramping yang keluar masuk rumahnya. Tawon-tawon tersebut sering membuat sarang di bagian rumah seperti pintu sampai dinding. Bentuk sarangnya unik sebab menyerupai sarang rayap yang berukuran kecil.

Apa yang dialami Yani bukanlah sebuah hal yang baru. Jumlah tawon, menurut beberapa sumber memang mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh sebuah fenomena yang disebut sebagai pemanasan global atau global warming.

Mengapa Global Warming?

Global warming atau pemanasan global merupakan suatu kondisi di mana suhu bumi mengalami peningkatan secara kontinyu. Perubahan ini bisa disebabkan berbagai faktor. Namun, faktor terbesar global warming diduga akibat aktivitas manusia.

Perubahan suhu akibat pemanasan global ini berdampak juga pada kehidupan di bumi. Tak sekadar suhu yang berubah, air laut sampai garis pantai juga mengalami perubahan. Selain itu, yang tak bisa diabaikan tentu saja masalah kehidupan tiap organisme. Banyak organisme yang terkena pengaruh perubahan suhu. Ada yang karena perubahan suhu, jumlahnya makin sedikit, namun ada juga yang jumlahnya makin banyak.

global warming

Tawon adalah salah satu kelompok serangga yang memiliki peningkatan jumlah akibat kenaikan suhu ini. Dilansir dari theguardian, sebuah penelitian telah mencoba menemukan faktor kesuksesan perkembang biakan dan ketahanan hidup tawon. Disebutkan, bahwa selama ini tawon di daerah beriklim dingin seperti Inggris harus melewati musim dingin yang bagi mereka jelas bukan perkara mudah. Akan tetapi, dengan naiknya suhu bumi, tawon menjadi lebih mudah bertahan hidup.

Temuan penelitian tersebut juga berlaku di daerah pegunungan dan dataran tinggi lainnya. Daerah yang dulunya terlalu dingin bagi tawon yang biasa hidup di daerah panas menjadi daerah yang kini nyaman mereka tempati. Tentu tak semua tawon menikmati kondisi ini. Beberapa spesies serangga tersebut justru mengalami kesulitan besar akibat global warming.

Dampak Ekonomi

Meningkatnya jumlah tawon jelas akan memengaruhi rantai makanan di alam. Organisme lain, khususnya yang langsung berhubungan dengan serangga ini bisa terkena dampak serius. Misalnya saja kupu-kupu. Beberapa jenis tawon seperti tawon perusak kayu Aleiodes dikenal suka memangsa ulat. Ulat-ulat calon kupu-kupu tersebut biasanya diberikan kepada anak-anak tawon untuk dimakan. Akibatnya, populasi kupu-kupu pun bisa berkurang.

Dampak lain peningkatan jumlah serangga ini akibat global warming juga bia dirasakan industri woodworking. Industri woodworking adalah industri yang mendasarkan diri pada prose pengolahan kayu. Produknya beragam mulai dari mebel (furniture), kerajinan, sampai kayu untuk kebutuhan konstruksi.

Bagaimana caranya tawon yang banyak bisa memberikan dampak pada industri woodworking? Dan seperti apakah dampaknya?

Beberapa jenis tawon seperti telah disinggung sedikit di atas tergolong sebagai tawon perusak kayu. Ada jenis-jenis serangga ini yang:

tawon perusak kayu
  1. Memang memakan substrat kayu, meski tak banyak, namun ada beberapa jenis tawon yang melakukannya
  2. Menggunakan kayu untuk menempelkan sarangnya
  3. Mengebor kayu untuk membuat sarang (bedakan dengan poin 2, di mana kayu tidak dirusak namun ditempeli oleh sarang)

Ketiga hal tersebut bisa mengancam industri yang memanfaatkan kayu. Kayu-kayu di gudang, misalnya, bisa saja tahu-tahu sudah menjadi sarang serangga ini. Pengolahan yang harusnya dilakukan pun menjadi tersendat. Apalagi ketika tawon yang dihadapi adalah tawon koloni yang sangat ganas. Bisa-bisa, Anda harus minta bantuan pemadam kebakaran dulu sebelum bisa mengolah kayu-kayu terkait.

Mengatasi Jenis Tawon Perusak Kayu dengan BioCide Insecticide

Tawon memang bukan rayap. Serangga ini juga bukan teter yang menyebabkan kayu jadi rapuh. Pun serangga ini bukan jamur yang bisa membuat kayu menjadi busuk. Tapi hal itu tak menyebabkan serangga ini tidak menjadi ancaman bagi industri woodworking. Apalagi tatkala jumlah tawon sedang mengalami peningkatan pesat seperti akhir-akhir ini.

Antisipasi sudah semestinya dilakukan. Antisipasi bisa dilakukan dengan membuat kayu menjadi bahan yang “tidak nyaman” bagi serangga tersebut. Caranya sederhana, sebab Anda bisa mengandalkan produk kami, BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini mampu membuat kayu yang tak tahan hama menjadi tahan hama. Cara penggunaannya dengan diresapkan pada kayu. Prosesnya dapat dilakukan dengan merendam kayu dalam larutan BioCide, mengkuaskan larutan pada BioCide, sampai mencelupkan kayu dalam larutan BioCide Insecticide.

Ketika kayu sudah diberi dengan BioCide Insecticide, tawon akan:

  1. Menghindari kayu karena kayu menjadi toksik dan tidak enak baginya
  2. Terbasmi apabila nekat memakan substrat kayu, sebab BioCide mengandung neurotoksin yang bekerja efektif pada syaraf insekta
BIOCIDE INSECTICIDE

Produk BioCide Insecticide tentu tak didesain untuk membasmi seluruh tawon. Sasaran produk ini hanyalah jenis tawon perusak kayu. Itupun, caranya dengan melindungi kayu, bukan dengan sengaja menyemprotkan racun pada serangga mungil tersebut. Kami, di Bio Industries, sadar betul bahwa bagaimanapun juga tawon punya arti penting bagi kehidupan ini. Kami menyediakan produk ini sebagai pelindung saja dan bukan untuk merusak alam.

Dengan komitmen tersebut, BioCide Insecticide juga dilengkapi dengan banyak aspek yang mendukung. Produk ini harganya terjangkau, cara pakainya mudah, menggunakan pelarut air yang lebih aman, konsentrasi tinggi, dan juga cara kerjanya efektif. BioCide Insecticide juga menggunakan bahan aktif cypermethrin yang di alam jauh lebih mudah diuraikan dibanding bahan aktif serangga lainnya. Sangat menarik, bukan?

Ayo, segera pesan BioCide Insecticide untuk mencegah beragam jenis tawon perusak kayu. Kini, Anda sudah bisa membeli produk ini secara online lho. Jadi, Anda tak selalu haru berkunjung ke Bio Service Point. Cukup gunakan smartphone Anda dan luangkan waktu Anda sebentar untuk memesan di antiserangga.com. CS kami pasti akan melayani pesanan Anda dengan ramah dan juga profesional. Selain itu, Anda juga bisa memesan di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi.

Nah, kiranya itulah yang bisa kami bagikan mengenai jenis tawon perusak kayu. Seperti disebutkan di atas, secara umum, jumlah tawon mengalami peningkatan akibat adanya fenomena global warming. Peningkatan jumlah tawon ini mau tak mau memberikan dampak bagi berbagai sisi kehidupan. Salah satu dampaknya bisa terlihat pada industri woodworking. Tak jarang, kayu memanfaatkan kayu dalam industri tersebut untuk bersarang. Kerugian akibat proses pengolahan yang tidak lancar pun terjadi. Makanya, antisipasi masalah ini dengan BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya. Selalu update artikel di antiserangga.com. Kami akan selalu setia membagikan berbagai informasi menarik dan tips lainnya di website ini.

SHARE

Leave a Reply