Gunakan Pengawet Kayu Glugu Untuk Memperoleh Kekuatan Kayu Maksimal

Kebanyakan kayu glugu yang tidak diawetkan maksimum dapat bertahan tiga tahun. Maka dibutukan bahan pengawet kayu glugu yang dapat meningkatkan umur pakai.

Sampai sekarang ini, ada ratusan atau bahkan ribuan jenis kayu komersil yang diperdagangkan di seluruh dunia. Kayu-kayu tersebut memiliki aspek yang membuatnya bisa diperdagangkan untuk tujuan profit. Tentu, tak semua jenis kayu bia diperjualbelikan seperti ini mengingat ada pula pohon-pohon yang langka yang tak boleh ditebang sembarangan. Selain itu, di antara daftar kayu komersil yang tersedia pun, tidak semuanya memiliki popularitas yang sama.

Tiap kayu komersil memiliki reputasi sampai harganya sendiri-sendiri. Nah, kali ini, antiserangga.com akan membahas mengenai kayu glugu.

Kayu Glugu

Glugu adalah nama yang berasal dari Bahasa Jawa. Glugu merujuk pada kayu spesifik yang merupakan kayu pohon kelapa. Kayu ini memiliki karakteristik yang sangat khas. Dari segi tampilannya kita akan dengan mudah membedakan glugu di antara kayu yang lain. Begitu pula dari kesan rabanya. Ketika diraba, kayu ini bisa begitu tajam. Potongan yang tegak lurus dengan pori seratnya akan jauh terasa lebih tajam dibanding yang searah dengan serat. Bila tidak hati-hati, kita bisa terluka karenanya.

Secara teknis, berikut ini poin-poin yang perlu diketahui mengenai kayu kelapa.

1. Distribusi: tersebar di hampir semua wilayah tropis
2. Ukuran pohon rerata: tinggi 20 sampai 30 meter, diameter 0,3 hingga 0,4 meter.
3. Berat kering rerata 820 kg/m3
4. Janka Hardness: 8,430 N
5. Crushing Strength: 66,2 MPa
6. Kembang susut: Radial: 5,5%, Tangensial: 5.5%, Volum: ~11.0%, T/R Ratio: ~1.0
7. Ketahanan: memiliki ketahanan pada jamur yang baik, tapi mudah diserang hama serangga seperti rayap, kutu, dan juga teter (kumbang bubuk / kumbang pengebor)
8. Bau: tidak berbau
9. Pengolahannya agak susah, apalagi di bagian yang padat akan serat-serat kayunya.

Kayu glugu sebagai tumbuhan monokotil yang tidak berkambium atau lapisan sel hidup pada tumbuhan berkeping dua, serta kayu yang memiliki tekstur yang seperti serat kayu berstruktur kasar dengan serat yang pendek dan putus-putus. Selain itu, kayu glugu memiliki pori-pori yang lebar. Sehingga, kayu glugu memiliki struktur batang yang berbeda dengan struktur kayu pada umumnya.

Batang glugu memiliki sel pembuluh yang berkelompok yang menyebar lebih rapat pada bagian tepi dari pada bagian tengah serta pada bagian bawah dan atas batang. Hal itu mengakibatkan kayu gergajian

Keunggulan Glugu

1. Memiliki tampilan yang sangat khas, sehingga punya nilai jual tersendiri. Tampilannya juga bisa memberikan kesan yang tradisional, tropikal, dan juga natural.
2. Bukan merupakan kayu langka. Suplainya pun secara umum memadai.
3. Memiliki ketahanan yang baik pada jamur, meski mudah diserang hama

produk kerajinan dari batok kelapaProduk Kayu Glugu

Glugu bisa diolah menjadi berbagai macam produk, misalnya saja:

1. Lantai. Lantai glugu sangat terkenal di beberapa negara. Lantai ini bisa memberikan tampilan unik dari warna pola seratnya yang khas.
2. Elemen bangunan lainnya seperti dinding, pintu, jendela, rangka atap, sampai bahan untuk membuat tangga.
3. Berbagai jenis furniture atau mebel mulai dari meja, kursi, almari, ranjang, buffet, sampai bangku.
4. Pegangan. Misalnya pegangan pada pisau dan juga pada tongkat.
5. Untuk membuat berbagai jenis kerajinan baik yang tradisional ataupun yang modern seperti vas bunga dan juga patung hias.
6. Berbagai jenis kitchenware seperti mangkuk, gelas, dan juga nampan.
7. Aneka jenis suvenir seperti gantungan kunci. Suvenir dari kayu ini akan tampak begitu eksotis bagi para wisawatan dari negara Eropa dan negara-negara sub tropis.

Perlunya Pengawetan Kayu Glugu

Kayu Glugu memiliki kekuatan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, batang glugu  memiliki keawetan yang rendah, mudah diserang organisme perusak kayu seperti rayap ataupun kumbang bubuk.

Pengawet Kayu Glugu
Kayu Glugu

Untuk meningkatkan keawetan kayu glugu khususnya terhadap serangan rayap maka pengawetan kayu sangat diperlukan. Kenapa bisa demikian? Bagian keras batang glugu yang tidak diawetkan dan dipasang di tempat terbuka langsung berhubungan dengan tanah maksimum dapat bertahan tiga tahun. Sedangkan untuk bagian lunak hanya beberapa bulan saja.

Pengawet Kayu Glugu BioCide

Untuk meningkatkan kualitas kayu kelapa, BioCide Insecticide untuk pengawet kayu glugu dapat menjadi bahan penghilang rayap atau serangga lainnya. Obat ini efektif mengatasi munculnya berbagai jenis serangga  dan rayap, serangga atau kumbang bubuk, kecoa, nyamuk, rayap, dan serangga perusak kayu lainnya. Untuk pemeliharaan bangunan dan gedung, produk pengawet kayu mahoni tersebut cukup di siramkan pada pojok-pojok lantai dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam. Begitu juga jika ingin mengaplikasikan pada kursi, meja atau perabot lainnya di rumah Anda

Biocide Insecticide merupakan produk bahan kimia yang dapat menyebabkan keracunan dan iritasi. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,  diwajibkan membaca petunjuk terlebih dahulu. Cukup ikuti langkah untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pertama, larutkan bahan pengawet dengn konsentrasi 0,1 -0,2 %. Kedua, jaga PH larutan baik saat digunakan maupun disimpan. PH yang baik untuk larutan ini adalah di bawah 7.

Bahan Pengawet Yang Dapat Meningkatkan Sifat Mekanis Kayu

Pengawet Kayu KaretBioCide Insecticide ini dapat membantu menguatkan sifat mekanis kayu kelapa. Artinya dengan terhindarnya kayu dari serangan hama perusak, umur pakai akan lebih panjang. Sifat mekanis kayu atau kekuatan kayu ialah kemampuan kayu untuk menahan muatan dari luar. Yang dimaksud dengan muatan dari laur ialah gaya-gaya di luar benda yang mempunyai kecenderungan untuk mengubah bentuk dan besarnya benda. Kekuatan kayu glugu memegang peranan penting dalam penggunaan kayu untuk bangunan sehingga pengawet kayu glugu mutlak dibutuhkan. Hubungi kontak yang tertera pada website ini dan buktikan keampuhannya.

Kelebihan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memiliki sangat banyak kelebihan bila dibandingkan dengan insektisida lainnya yang terdapat di pasaran. Pertama, dari segi kualitas hasil pengawetan, produk ini sudah terbukti ampuh memberikan perlindungan terhadap kayu glugu. Tidak mengherankan ketika BioCide Insecticide menjadi andalan pada banyak industri berbasis kayu kelapa tersebut. Kualitas hasil pengawetan ini mencakup pada beberapa aspek. Tiga di antaranya adalah:

1. Lama perlindungan yang diberikan
2. Keampuhan ketika terjadi serangan serangga
3. Spektrum organisme yang bisa diatasi

BioCide Insecticide bagus dalam ketiga aspek tersebut. Khusus pada poin 3, insektisida ini adalah insektisida spektrum luas yang bisa mencegah kutu, semut, rayap, sampai kumbang bubuk kayu.

Bagaimana dengan metodenya? Pengawetan kayu dengan BioCide Insecticide bisa dilakukan dengan metode yang lebih mudah. BioCide bisa diterapkan dengan cara perendaman, vakum tekan, sampai kuas dan pencelupan. Kemudahan penggunaan ini membuat BioCide menjadi andalan industri kayu glugu baik yang sudah sangat besar maupun yang masih merintis usahanya.

Kelebihan lain BioCide terletak pada sifatnya yang lebih aman digunakan. Produk ini merupakan insektisida kontak tanpa residu lanjutan. Cypermethrin yang digunakan sebagai bahan aktif juga lebih aman untuk lingkungan. Bahan aktif cypermethrin juga masih diperbolehkan oleh lembaga Eropa seperti ECHA (European Chemical Agency) dan EPA (Environmental Protection Agency). Tapi penggunaannya tetap harus sesuai standar dan mengutamakan keselamatan kerja.

Metode Pengawetan Kayu Glugu dengan BioCide

Pengawetan kayu glugu menggunakan BioCide bisa dilakukan secara lengkap mengikuti prosedur pengolahan kayu tersebut.

1. Pertama, pasca penebangan kayu, BioCide Insecticide bisa segera dioleskan di bagian kayu yang terbuka (ujungnya). Anda cukup mengoleskan larutan BioCide saja pada ujung glugu. Cara ini akan mengantisipasi serangan hama seperti teter yang sering meletakkan telurnya di celah kayu.
2. Pengawetan potongan bambu. Metode yang kami rekomendasikan diterapkan adalah metode perendaman. Jadi, potongan bambu yang dijual di pasaran pun kemudian memiliki ketahanan yang baik.
3. Celup dan kuas. Metode ini cocok diterapkan pada kayu pra finish. Misalnya, Anda membeli potongan kayu glugu yang sudah diawetkan. Tapi Anda ingin meningkatkan keawetan kayu tersebut lagi. Maka, Anda bisa mengawetkan glugu lagi dengan cara yang lebih sederhana misalnya dengan sistem kuas dan celup.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo beli sekarang juga insektisida terbaik untuk kayu glugu BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa dibeli secara online ataupun secara langsung. Bagi Anda yang ingin membeli secara online, Anda bisa menghubungi CS kami via kontak yang diberikan. Selain itu, Anda juga bisa membeli di berbagai toko daring (online) seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Servcie Point. Selain bisa membeli produk ini, Anda juga bisa menengok produk woodworking kami lainnya yang tak kalah menarik, seperti cat dan juga lem kayu. Menarik, bukan?

Kiranya, itulah yang bisa kami sajikan mengenai pengawetan kayu glugu. Pada akhirnya kayu red palm coconut ini memang memiliki banyak keunggulan. Kayu ini merupakan kayu dari pohon monokotil sehingga tampilannya berbeda dari kebanyakan kayu yang berasal dari pohon dikotil. Sampai hari ini, penggunaan kayu glugu juga sudah begitu meluas mulai dari penggunaannya untuk membuat mebel sampai kerajinan. Namun, dalam pengolahan kayu kelapa, beberapa tantangan harus siap dihadapi. Misalnya saja terkait ketidaktahanan kayu. Umumnya, kayu ini memiliki ketahanan yang baik pada jamur, tapi tidak pada serangga. Pada jamur pun, kadang kayu ini juga mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, untuk membuat kayu benar-benar aman dan tahan lama, sebaiknya usaha pengawetan kayu glugu dilakukan. Gunakan produk BioCide untuk membuat perlindungan lebih lengkap dan juga lebih tahan lama.

Semoga bermanfaat. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment