All About Jasa Pest Control yang Perlu Anda Tahu!

Serangan serangga di perumahan, gudang, pertokoan, hingga stadion olahraga bisa mengakibatkan kerugian dalam jumlah yang begitu fantastis. Untuk menangani masalah ini, banyak pihak yang kemudian menggunakan jasa pest control. Di bawah ini, antiserangga.com akan membagikan penjelasan lengkap mengenai jasa tersebut, kekurangannya, kelebihannya, dan apa saja yang bisa dilakukan tanpa harus memanggil jasa pengendalian hama.

Apa itu Jasa Pest Control?

Pest control sebagaimana namanya memiliki arti kontrol hama. Arti harafiah tersebut bila diperjelas dan ditambah dengan kata “jasa” bisa bermakna sebagai suatu sediaan layanan untuk mengendalikan hama. Hama sendiri memiliki arti organisme yang menyebabkan kerugian pada manusia. Kerugian tersebut bisa berupa kerugian dari segi estetika, kerugian dari segi struktural, hingga kerugian dari segi fungsional. Jadi, secara ringkas bisa dikatakan bahwa jasa tersebut adalah penyediaan layanan untuk mengendalikan organisme yang berpotensi atau sudah menyebabkan kerugian pada manusia.

Jasa-jasa seperti ini biasanya menarget organisme perusak seperti rayap, semut, tikus, kumbang bubuk, jamur, bakteri pembusuk, dan masih banyak lagi. Layanan juga bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan dari berbagai pihak mulai dari kebutuhan perumahan atau perorangan ataupun kebutuhan usaha seperti toko, gudang, dan lain sejenisnya.

Di berbagai kota di Indonesia, jasa pest control makin marak digunakan. Masyarakat mulai menyadari bahwa hama bisa menyebabkan kerusakan parah. Apalagi untuk kebutuhan usaha. Tak mengherankan bahwa dari Medan, Lampung, Palembang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Jayapura, dan lain sebagainya biasanya sudah punya jasa pengendalian hamanya sendiri-sendiri. Dari tataran legal, beberapa peraturan pemerintah juga telah mensyaratkan treatment khusus anti hama yang sering mengandalkan jasa seperti ini.

kerusakan akibat rayap (2)

Kelebihan dan Kekurangan Jasa Pengendalian Hama

Sebagai jasa komersil, tentu saja jasa seperti ini punya kelebihan dan kekurangan tersendiri.

Kelebihannya antara lain adalah:

  • Bisa memberikan solusi cepat dan tepat sesuai masalah yang ada
  • Karena merupakan suatu usaha tersendiri dengan kompetisi yang makin besar, biasanya, jasa seperti ini makin baik kualitasnya sehingga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan untuk pelanggan
  • Bila benar-benar profesional, idealnya jasa tersebut mengerti mengenai dampak dari pengerjaan antihama. Sehingga, mereka bisa meminimalisir efek tersebut sambil tetap memastikan hama terkendali dan tidak merugikan Anda.

Sedangkan kekurangannya adalah:

alterntif text
  • Berbiaya, sehingga Anda sudah pasti harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa pest control tersebut. Untuk treatment di area yang luas dengan tingkat serangan hama yang tinggi, biaya yang dikeluarkan akan semakin besar.
  • Tak semua jasa pengendalian hama punya reputasi dan kualitas yang baik. Sehingga kita tidak boleh langsung percaya begitu saja.

Kapan Sebaiknya Kita Menggunakan Jasa Pest Control?

gudang (2)

Dengan kelebihan dan kekurangannya tersebut, sudah barang tentu penggunaan jasa pengendalian hama harus ditentukan dengan cermat dan bijak. Namun bila dirasa hama memang sudah begitu merugikan, jangan ragu menggunakan aneka jasa tersebut. Apalagi untuk kebutuhan yang berkaitan dengan usaha. Saat ada indikasi rayap atau kutu sudah merusak gudang mebel atau kerajinan tangan Anda, meminta bantuan profesional jelas lebih masuk akal agar kerugian yang diderita tidak semakin besar.

Hal-hal yang Bisa Anda Lakukan

Perlu diketahui bahwa, sebetulnya, ketika kita “sampai harus” menggunakan jasa pest control, terutama untuk kebutuhan usaha, sejatinya kita sudah kecolongan. Hadirnya rayap dan hama lainnya menandakan bahwa toko, gudang, dan tempat usaha lainnya yang Anda punya tidak dipersiapkan dengan baik. Padahal, konstruksi gudang hingga toko dan lainnya secara umum sudah mensyaratkan suatu treatment anti hama. Bahkan secara khusus, berbagai tempat usaha tersebut idealnya juga sudah ditreatment secara berkala dengan treatment pasca konstruksi. Misalnya dengan penerapan sistem injeksi yang bisa memberikan perlindungan secara terus menerus pada bangunan terkait.

Oleh karena itulah, daripada sekedar menyarankan untuk menggunakan jasa pest control, kami juga menyarankan Anda untuk sedari awal sudah mempersiapkan diri atas serangan berbagai jenis hama. Ingat, kita tinggal di Indonesia. Negara ini terletak di kawasan tropis yang membuat proses dekomposisi oleh serangan hama begitu intens. Treatment pra konstruksi wajib dilakukan dengan kualitas proteksi yang baik. Sedangkan treatment pasca konstruksi perlu dilakukan secara berkelanjutan dengan memastikan agar efeknya selalu baik. Dengan demikian, Anda tak perlu kaget bila pada satu waktu mendapati berbagai hama sudah menyebabkan berbagai kerugian sampai kemudian harus menggunakan jasa pengendalian hama dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Aplikasi treatment pra konstruksi dan pasca konstruksi sendiri biasanya sudah dipersiapkan oleh pihak kontraktor yang profesional. Misalnya dengan menggunakan insektisida pada kayu yang menjadi struktur bangunan. Selain itu, tak jarang juga dibangun sistem khusus seperti sistem injeksi di mana nantinya pemilik tempat bisa secara mandiri menggunakan insektisida untuk melindungi bangunannya. Sebab pada sistem ini, terdapat suatu saluran pipa di bawah dan sekitar bangunan yang berlubang. Pemilik gedung hanya perlu memasukkan insektisida secara berkala saja pada satu bukaan pipa. Mudah, bukan? Namun demikian, insektisida yang dipakai tidak boleh sembarangan. Pemakaian insektisida yang kurang baik bisa berakibat pada proteksi yang lemah. Insektisida yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah BioCide Insecticide.

Kendalikan Sejak Awal dengan BioCide Insectide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide merupakan insektisida spektrum luas yang bisa digunakan untuk membasmi rayap, kutu kayu, kumbang bubuk, dan berbagai hama serangga lainnya. Insektisida ini menggunakan bahan aktif cypermethrin yang sangat efektif melindungi produk Anda sekaligus tidak begitu membahayakan bagi alam. Selain itu, BioCide Insecticide juga hanya membutuhkan pelarut air sehingga pemakaiannya jauh lebih hemat dan aman dibandingkan dengan insektisida yang menggunakan pelarut solvent. Obat ini bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi seperti perlindungan terhadap rumah sendiri hingga untuk kebutuhan profesional seperti perawatan apartemen dan perlindungan terhadap gudang.

Keunggulan lain dari insektisida ini adalah penggunaannya yang mudah dilakukan oleh orang awam ataupun oleh kalangan profesional termasuk oleh penyedia jasa pest control. BioCide Insecticide bisa diterapkan dengan berbagai macam metode dan berbagai model pengendalian hama. Harga insektisida yang lebih terjangkau pun membuat daya tariknya menjadi lebih tinggi.

Kesimpulan

Dari rangkaian penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa jasa pest control adalah jasa yang bergerak di bidang pengendalian hama yang merugikan bagi manusia. Misalnya saja untuk mengendalikan bahkan membasmi rayap yang menyerang peruhaman. Jasa seperti ini idealnya tidak menyebabkan kerusakan ekosistem, sehingga kinerjanya wajib dilakukan dalam batas tertentu saja. Bagi konsumen sendiri, jasa seperti ini perlu diambil atau tidak diambil dengan perhitungan yang baik. Namun, untuk konsumen yang bergerak di bidang usaha, seperti pertokoan dan gudang, penggunaan jasa pengendalian hama sejatinya menunjukkan ketidaksiapan kita menjalankan usaha tersebut. Idealnya, bangunan seperti gudang dan toko sudah ditreatment terlebih dahulu dengan treatment anti hama, khususnya anti serangga. Aplikasi treatment, terutama bila dilakukan dengan insektisida berkualitas seperti BioCide Insecticide pada akhirnya akan menyelamatkan Anda dari kerugian besar yang menanti.

Semoga bermanfaat.

All About Jasa Pest Control yang Perlu Anda Tahu!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply