Apa yang dimaksud dengan cat pengawet kayu? Berapa harga produk seperti ini di pasaran? Apakah pemakaiannya efektif mencegah rayap? Temukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut di sini.

Hama bisa diartikan sebagai organisme yang merugikan manusia secara langsung atau tidak langsung. Keberadaan organisme-organisme ini sering dikeluhkan merusak bidang usaha tertentu seperti industri makanan, industri perkebunan, hingga woodworking.

Pada industri woodworking atau pengolahan kayu, serangan hama akan menyebabkan kayu (sebagai material utama) rusak secara struktural ataupun estetika. Jenis hama yang menyerang sendiri beragam. Selain dari kelompok jamur, serangan juga kerap kali datang dari hama insekta seperti rayap dan teter.

Bagaimana Cara Mengatasi Hama Industri Woodworking?

Kerugian yang disebabkan oleh hama di bidang industri sama sekali tidak kecil. Di Amerika Serikat saja, milyaran dollar raib tiap tahunnya gara-gara serangan rayap.

Antisipasi tentu harus dilakukan. Apalagi industri woodworking adalah industri yang bergantung pada supply kayu. Kita tak boleh menyia-nyiakannya agar laju penebangan hutan tidak terjadi secara masif. Tapi pertanyaannya,bagaimana cara melakukan itu?

Pada umumnya, mereka yang bekerja di industri woodworking akan melakukan pengawetan pada kayu terlebih dahulu. Treatment pengawetan adalah suatu usaha yang bisa dilakukan berbagai pihak dalam industri ini mulai dari produsen, distributor, hingga pengolah kayu.

Pada masa lalu, treatment dilakukan dengan cara mengasapi kayu, merendam kayu di sungai, hingga membiarkan kayu di lumpur dalam periode waktu yang lama. Tujuannya satu, yakni agar kayu tidak disukai hama lagi.

Di masa kini, treatment biasanya dilakukan dengan obat. Obat bersifat pestisida (antihama) dan diresapkan ke dalam substrat kayu. Alhasi, kayu akan dijauhi oleh hama-hama tersebut.

Namun, selain cara ini, kadang usaha melindungi kayu dari hama bisa dilakukan dengan memilih cat yang tepat. Karena itulah, tak sedikit orang yang mencari produk cat khusus, seperti cat preservative (pengawetan) kayu.

alterntif text

Apa itu Cat Pengawet Kayu?

Cat seperti disebut di atas memang bisa memberikan proteksi dari serangan hama. Namun untuk keperluan yang lebih spesifik, kita harus mencari cat yang memiliki sifat antihama. Dan jenis cat seperti inilah yang sering disebut sebagai cat untuk pengawetan kayu.

Produk finishing tersebut sebenarnya tidak secara langsung membuat kayu jadi tahan hama. Istilah pengawet kayu pada julukannya semata-mata karena cat bisa melindungi kayu dari hama saja.

Untuk membuat cat seperti ini, manufaktur produk akan menggunakan suatu additive atau bahan khusus. Hasilnya memang sangat baik, namun di sisi lain harga cat kadang teramat mahal.

Sebagai solusinya, banyak orang yang kemudian mencampurkan sendiri produk cat dengan suatu antihama khusus. Misalnya saja penggunaan antijamur BioCide Surface Film Preservative pada finishing water based. Seri fungisida BioCide tersebut akan membuat cat jadi antifungal dengan harga yang lebih terjangkau.

cat pengawet kayu

Tetap Perlu Pengawetan Kayu

Penggunaan cat pengawet kayu memang bisa memberikan proteksi pada mebel hingga kerajinan dari bahan tersebut. Cat seperti itupun, seperti dijelaskan di atas, bisa dibeli secara khusus atau dimodifikasi sendiri dengan pengawet BioCide SFP.

Namun, perlu dipahami bahwa aplikasi cat saja tak cukup. Cat bagaimanapun juga hanyalah lapisan tipis yang bisa rusak.

Coba bayangkan, Anda mengecat suatu kursi dengan cat tahan jamur yang sangat berkualitas. Namun suatu ketika, lapisan cat tersebut tergores. Apa yang akan terjadi? Kayu akan terekspos dengan lingkungan luar. Bisa jadi, di lingkungan tersebut terdapat banyak hama rayap. Sehingga beberapa hari kemudian, kayu ternyata sudah dimakan oleh hama tersebut lewat bagian goresannya.

Bila kita ingin memberikan proteksi dari serangan hama, maka treatment pengawetan kayu tetap harus dilakukan. Dan khusus untuk perlindungan dari hama rayap, BioCide insecticide adalah produk yang selalu bisa diandalkan.

BioCide Insecticide memang tak bisa dicampurkan ke bahan finishing untuk membuat cat pengawet kayu sebagaimana BioCide SFP. Meski demikian, produk ini tak kalah pentingnya dibanding preservative yang lain.

Untuk aplikasinya sendiri, Anda bisa menerapkan beberapa pilihan metode sebagai berikut:

  1. Metode pengawetan sistem rendam. Caranya, dilakukan dengan merendam kayu selama periode tertentu dalam larutan BioCide Insecticide.
  2. Metode pengawetan sistem vakum tekan. Caranya dilakukan dengan menggunakan alat vakum tekan khusus.
  3. Metode pengawetan kayu sistem kuas. Caranya dilakukan dengan menguaskan lautan BioCide ke permukaan kayu

Tiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jadi, Anda harus memilih salah satu metode tersebut sesuai kebutuhan saja.

Kombinasi Treatment dan Cat Pengawet Kayu untuk Proteksi Lebih Optimal

Pada akhirnya, baik treatment pengawetan ataupun penggunaan cat pengawet kayu bisa meningkatkan masa pakai material tersebut. Apalagi bila keduanya diterapkan bersama-sama. Jadi, kayu bukan hanya diawetkan saja atau dilapisi dengan cat antihama saja. Dalam hal ini, kayu diawetkan terlebih dahulu untuk kemudian difinish menggunakan cat pengawet kayu yang bagus.

Kontak dan Pemesanan

Hubungi kami untuk informasi lebih jauh mengenai BioCide Insecticide. Customer Service kami siap membantu Anda mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan. Bila perlu, kami juga bisa mengirimkan data-data teknis yang Anda inginkan.

Dengan menghubungi Customer Service, Anda juga bisa melakukan pemesanan secara daring. Prosesnya adalah:

  1. Hubungi CS, dan agar pesanan cepat diproses sebutkan nama Anda, alamat, dan jumlah BioCide Insecticide yang hendak dipesan.
  2. Tunggu CS mengestimasi biaya dan lama pengiriman. Diskusikan lebih lanjut mengenai cara pengirimannya.
  3. Bila sudah fix, silahkan lakukan pembayaran sesuai keterangan dari CS.
  4. Kirim bukti pembayaran ke kami. Kami akan segera memroses pesanan Anda.
  5. Silahkan tunggu pesanan sampai di alamat yang Anda kehendaki.

Anda juga bisa membeli secara langsung lho. Bila Anda tinggal di Jogja, Cirebon, dan Solo, maka Anda bisa mengunjungi Bio Service Point. Sedangkan bila Anda jauh dari ketiga wilayah tersebut, Anda bisa ke agen kami yang persebarannya lebih luas. Tanyakanlah pada CS mengenai agen Bio Industries yang paling dekat lokasinya dengan kota Anda.

Penutup

Dari penjabaran di atas, ada beberapa hal yang bisa kita simpulkan, yakni:

  1. Serangan hama rayap tak bisa dipungkiri memang bisa mengakibatkan kerusakan yang sangat masif. Selain rayap, hama serangga lain yang harus diwaspadai adalah teter, semut penggali kayu, hingga aneka jenis kumbang kayu kering.
  2. Antisipasi pencegahan jelas harus dilakukan agar kayu tidak diserang oleh hama-hama tersebut. Dan untuk keperluan ini, kita bisa menerapkan treatment pengawetan.
  3. Selain treatment pengawetan, kadang ada juga yang melakukan antisipasi serangan hama dengan menggunakan cat khusus.
  4. Cat tersebut biasanya memiliki sifat antihama. Sehingga, beberapa kalangan kemudian menyebutnya sebagai cat pengawet kayu.
  5. Kombinasi treatment pengawetan dan aplikasi cat antihama jelas akan memberikan proteksi optimal untuk produk kayu.

Kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat!

Download WordPress Themes Free
Download Nulled WordPress Themes
Download Best WordPress Themes Free Download
Download WordPress Themes Free
download udemy paid course for free
download intex firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
online free course
Pakai Cat Pengawet Kayu Saja, Apa Efektif untuk Cegah Rayap?
alterntif text

Leave a Reply