Begini Cara Mencegah Serangan Kumbang Bubuk Kayu dengan Tepat

Waspadai sejak dini serangan kumbang bubuk kayu! Lakukan pencegahan dengan cara yang tepat namun efisien. Yuk, simak tips-tips mencegah serangan kumbang bubuk kayu di bawah ini.

Industri woodworking harus selalu waspada terhadap serangan berbagai hama. Kualitas kayu senantiasa perlu diperhatikan hingga proses produksi selesai. Umumnya, berbagai pelaku usaha di bidang ini menerapkan sebuah treatment khusus yang sering disebut sebagai treatment pengawetan kayu. Sebagaimana namanya, treatment ini dimaksudkan supaya kayu tetap awet dari berbagai hama yang bisa merusaknya. Salah satunya adalah hama-hama dari golongan serangga seperti kumbang bubuk kayu.

Seperti Apakah Kumbang Bubuk Kayu itu?

Kumbang bubuk kayu adalah serangga hama dengan panjang rata-rata 5 mm. Serangga ini memiliki warna coklat kemerahan, tubuhnya tipis. serta memiliki larva berwarna putih. Bila kita bandingkan dengan serangga lainnya, sekilas tak ada bedanya hama ini dengan serangga-serangga biasa. Akan tetapi, pada kenyataannya kumbang bubuk bisa menyebabkan kerusakan sangat parah pada bahan kaya selulosa seperti kayu. Dari log hingga kayu pada furniture dapat rapuh dan rusak parah akibat serangga yang juga sering disebut totor ini. Itulah mengapa kita perlu mencegah serangan kumbang bubuk sejak dini.

Tapi bagaimana kumbang ini merusak kayu? Pada dasarnya, kasus tersebut terjadi karena kumbang ini menjadikan kayu sebagai tempat untuk membiakkan anakannya. Induk kumbang bubuk biasanya akan meletakkan telurnya di celah-celah kayu. Setelah menetas, larva telur akan menggali substrat kayu hingga bagian dalam, dan memakan material tersebut. Proses ini berlangsung hingga berbulan-bulan sampai larva berubah menjadi kepompong dan bermertamorfosis menjadi kumbang muda yang keluar dari kayu. Akibatnya, bagian dalam kayu akan berlubang dan menjadi rapuh. Yang lebih parah, infeksi tersebut terjadi secara masif oleh beberapa larva. Sebab induk kumbang secara umum akan meletakkan beberapa telur ke celah kayu. Kerusakan log hingga mebel pun tak terhindarkan lagi.

Tips Mencegah Serangan Kumbang Bubuk Kayu

Melihat dampak kerusakan totor begitu luar biasa, tak ada opsi lain yang bisa kita pilih kecuali melakukan pencegahan. Berikut ini beberapa langkah yang bisa kita terapkan untuk menghindarkan kayu dari hama ini.

  1. Pasca penebangan, lakukan pengawetan awal di mana kayu disiram atau diolesi insektisida.
  2. Sebelum disimpan, keringkan dan awetkan dulu kayu.
  3. Aplikasikan treatment pengawetan sebelum kayu disimpan. Pastikan metode yang diterapkan benar-benar baik sehingga obat kayu anti totor bisa meresap hingga ke bagian dalam kayu.
  4. Aplikasikan insektisida yang bagus yang dapat menjaga material ini.
  5. Simpan kayu dengan sistem penataan yang baik. Pastikan Anda menatanya di mana tidak ada area yang terlalu tertumpuk atau sulit diawasi.
  6. Simpan kayu di gudang yang baik dengan sirkulasi yang terjaga dan humiditas yang ideal.
  7. Lakukan maintenance secara berkala, pastikan kondisi kayu benar-benar bagus.
mencegah serangan kumbang bubuk kayu

Nah, demikian sekilas pembahasan dan tips mencegah serangan kumbang bubuk kayu. Tapi ingat, seperti disebut di atas, dibutuhkan insektisida dengan kualitas yang bagus. Pertanyaannya, produk apa di pasaran yang bisa disebut sebagai insektisida yang bagus?

alterntif text

Daripada Anda bingung memilih produk yang tepat, kami merekomendasikan penggunaan BioCide Insecticde. Insektisida racun syaraf ini merupakan salah satu insektisida terbaik yang bisa dipakai untuk mencegah berbagai hama termasuk kumbang bubuk.

Gunakan BioCide Insecticide untuk Cegah Hama Serangga!

Selalu gunakan BioCide Insecticide untuk mencegah berbagai jenis hama, khususnya untuk mencegah serangan kumbang bubuk kayu. Insektisida ini merupakan insektisida unggulan dengan bahan dasar Cypermethrin 100 EC. BioCide Insecticide bekerja sebagai racun kontak syaraf yang akan efektif dan efisien mencegah sekaligus membasmi berbagai hama serangga pada mebel, kerajinan serat alam, hingga untuk bangunan.

Keunggulan lain dari BioCide Insecticide antara lain adalah:

  1. Sifatnya yang memiliki target organisme yang luas. Jadi penggunaan insektisida ini bisa sekaligus diandalkan untuk membasmi aneka jenis hama mulai dari rayap, semut, hingga kumbang teter.
  2. Sifatnya yang tahan lama pada substrat kayu dan bahan yang dikenainya. Dengan sifat ini, treatment pengawetan akan lebih awet dibanding bila Anda menggunakan insektisida lainnya.
  3. Lebih mudah didaur ulang atau lebih degradable dibanding insektisda yang lain. Dengan demikian penggunaannya lebih aman dan ramah lingkungan.
  4. Penggunaan yang sangat hemat. Hal ini dikarenakan formulasi yang dibuat dengan konsentrasi tinggi dan pelarutan yang hanya membutuhkan air. Jadi, Anda tak perlu membeli pelarut solvent based sama sekali.
  5. Bekerja dengan cepat dan efektif
  6. Cara penggunaan yang fleksibel dan mudah. Insektisida ini bisa diaplikasikan dalam berbagai metode mulai dari metode yang sederhana seperti penguasan sampai metode tersistem seperti pengendalian rayap sistem injeksi
  7. Harga yang terjangkau dengan pemakaian yang lebih hemat (seperti diterangkan di atas). Hal ini akan membantu Anda lebih berhemat sehingga budget produksi bisa ditekan dan keuntungan bisa lebih banyak didapatkan

Yang makin menarik, insektisida ini juga sekarang lebih mudah didapatkan. Berikut ini tahapan pemesanan BioCide Insecticide.

Cara Memesan BioCide Insecticide, Insektisida Terbaik untuk Mencegah Serangan Kumbang Bubuk

  1. Kontak Customer Service atau CS kami bila Anda ingin tahu terlebih dahulu informasi lebih lanjut mengenai insektisida ini.
  2. Setelah Anda mantap akan membeli BioCide Insecticide, Anda bisa mengirimkan format pemesanan dengan keterangan nama pemesan, jumlah produk BioCide Insecticide yang dipesan, alamat pengiriman, dan pilihan kurir yang Anda inginkan. Tentang kurir pengiriman, kami akan mengikuti kemauan Anda bila memang bisa dilakukan.
  3. Customer Service kami akan membuatkan tagihan untuk Anda dengan keterangan pemesanan termasuk mengenai biaya yang harus Anda bayar. Biaya meliputi harga produk dengan ongkos kirim
  4. Customer Service juga akan memberikan nomor rekening untuk pembayaran tersebut
  5. Lakukan pembayaran sesuai yang diinstruksikan Customer Service kami
  6. Setelah itu, kirimkan bukti pembayaran. Anda bisa mengirimkan lewat WA, email, atau alat pemesanan lainnya
  7. Kami akan mengonfirmasi dan segera memproses pengiriman produk Anda di hari kerja
  8. Anda akan mendapat nomor resi dari kami
  9. Tunggu produk sampai dikirim oleh kurir ke alamat Anda. Sampai di sini, kami akan tetap membantu Anda memastikan pengiriman berjalan dengan lancar
  10. Selesai! Sangat mudah bukan memesan BioCide Insecticide? Jadi, segera dapatkan insektisida ini untuk pencegahan hama serangga sekarang juga!

Demikian bahasan mengenai aneka tips mencegah serangan kumbang bubuk dan sekaligus saran insektisida yang bagus untuk mencegah berbagai hama serangga mulai dari rayap sampai semut. Semoga bermanfaat ya. Update selalu artikel seputar dunia insekta dan pengawetan kayu menarik lainnya di antiserangga.com! Kami akan selalu hadir untuk Anda beserta BioCide Insecticide yang senantiasa bisa diandalkan.

Begini Cara Mencegah Serangan Kumbang Bubuk Kayu dengan Tepat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply