Macam-macam Gudang menurut Kepemilikan hingga Barang yang Disimpan

Apa itu gudang? Dan apa saja macam-macam gudang? Silahkan simak informasi berikut ini agar Anda tahu “all about” gudang dari pengertian hingga jenis-jenisnya.

Tak ada orang yang tak mengenal apa itu gudang. Anak-anak pun mengenal istilah tersebut dan bisa menunjukkan ruangan yang dimaksud. Namun demikian, banyak juga di antara kita yang salah paham mengenai tempat ini.

Secara umum, kita menganggap ruang ini hanyalah sebagai tempat penyimpanan benda-benda tak terpakai yang hanya membuat sumpek ruangan. Beberapa jenis rumah memiliki area yang kemudian disebut gudang atau warehouse.

Meski demikian, dalam konteks dunia usaha, istilah ini sebenarnya memiliki arti dan manfaat yang lebih mendalam. Agar lebih jelas, mari kita bahas mulai dari pengertiannya dulu.

Pengertian Gudang

Secara definitif, penjelasan paling singkat mengenai gudang adalah tempat penyimpanan berupa sebuah ruangan atau gedung. Namun praktiknya, gudang bukan hanya dipakai untuk menyimpan barang. Dalam kebutuhan usaha, gudang adalah tempat:

  1. Pemeliharaan kualitas barang yang disimpan, jadi benda tidak sekadar ditumpuk saja di sebuah ruangan yang tak terawat.
  2. Penyortiran benda-benda yang hendak disimpan atau malah hendak didistribusikan
  3. Tempat dilakukannya packing, misalnya pada jasa gudang online yang menyediakan layanan kemas
  4. Pemindahan benda dalam sebuah rantai distribusi
  5. Pengurusan pengiriman kembali, misalnya karena cacat pada produk

Dalam rantai produksi hingga distribusi, gudang memainkan peranan yang sangat penting. Coba bayangkan bila Anda adalah seorang pengusaha furniture.

Untuk membuat mebel high quality berstandar ekspor, Anda membutuhkan bahan kayu yang bagus. Dan karenanya, Anda memutuskan untuk membeli kayu dari lokasi yang cukup jauh.

Kemana kayu-kayu itu hendak disimpan? Tentu gudang. Namun penyimpanannya jelas harus dilakukan hati-hati. Bila, kita sembarangan menyimpanannya, seperti pada ruang lembab, bisa-bisa kayu-kayu mahal itu berjamur. Sehingga terjadi kerusakan disana-sini atau harus diobati dulu.

Selain merepotkan, kejadian seperti ini akan sangat membuang waktu dan tenaga Anda. Oleh sebab itulah, pencegahan wajib dilakukan dengan cara memastikan gudang selalu terawat dengan baik.

macam-macam gudang
Forklift Warehouse

Mengenal Macam-Macam Gudang

Dengan manfaatnya yang sangat beragam, gedung atau ruangan ini pun bisa dibedakan menurut spesifikasinya sendiri-sendiri. Berikut ini misalnya adalah jenis-jenis gudang yang dibedakan menurut kepemilikannya.

  1. Gudang milik sendiri, yang dimiliki oleh perorangan atau suatu perusahaan
  2. Gudang yang disewakan oleh pemiliknya kepada perorangan ataupun perusahaan

Untuk gudang yang disewakan saat ini bisa dibagi menjadi dua, yakni yang offline dan yang online. Nah, selain berdasarkan kepemilikannya, gudang juga bisa dibedakan menjadi:

  1. Gudang toko. Store warehouse pada dasarnya adalah sebuah tempat penyimpanan yang letaknya menyatu dengan bangunan toko. Umumnya, ruangan tersebut digunakan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda yang akan segera dijual di rak-rak toko.
  2. Gudang pabrik. Jenis gudang ini umum digunakan untuk pabrik-pabrik dengan omset yang tinggi. Kadangkala, gudang dibangun oleh pihak pabrik sendiri dan masih harus melingkupi kawasan pabrik.
  3. Gudang pelabuhan. Gudang pelabuhan adalah suatu tempat yang berada di daerah pelabuhan  yang didesain  untuk mendukung aktivitas di daerah tersebut.

Adapun menurut jenis bahan yang disimpan, maka macam-macam gudang bisa dibedakan menjadi:

  1. Gudang Bahan Baku. Gudang bahan baku sebagaimana namanya ialah gudang yang digunakan untuk menyimpan benda-benda yang menjadi material dasar sebuah benda. Sebelum dilempar ke pasaran, tentu produk-produk tersebut harus disimpan dulu.
  2. Gudang Bahan Setengah Jadi. Karena proses produksi yang panjang, kadang-kadang kita tidak bisa menjaga ritme alur produksi menjadi cepat dan valid. Kadang alurnya cepat, namun kadang juga lambat. Alhasil, beberapa benda harus disimpan untuk menunggu proses selanjutnya. Contoh barang setengah jadi sendiri antara lain adalah komponen mebel dan komponen kerajinan.
  3. Gudang Barang Jadi. Tipe ini digunakan untuk menyimpan berbagai benda yang sudah selesai diproduksi dan hanya perlu menunggu untuk didistribusikan ke pasar yang telah ditentukan.
  4. Gudang Perlengkapan. Gudang ini tidak menyimpan bahan-bahan pembuatan sebuah produk. Barang yang disimpan adalah berbagai perlengkapan, misalnya saja perlengkapan woodworking hingga perlengkapan untuk perbaikan listrik.
  5. Gudang Transit. Gudang kadang-kadang digunakan untuk menyortir barang yang ada. Atau untuk memindahkan ke moda transportasi yang lainnya.
  6. Gudang Mesiu. Gudang mesiu sebagaimana namanya adalah sebuah hunian atau ruangan yang digunakan untuk menyimpan mesiu.

Untuk Gudang yang Bebas Hama, Selalu Sedia BioCide Insecticide

Terlepas dari apapun macam-macam gudang di atas, pengelolaan gudang tentu harus dilakukan dengan baik. Salah satunya menyangkut masalah hama rayap dan teter. Seharusnya, ada semacam sistem yang diberlakukan untuk mencegah hama-hama itu.

Contohnya saja dengan produk insektisida kami, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Produk ini bisa digunakan untuk pengawetan kayu-kayu bangunan gudang supaya tidak menjadi media perantara kehadiran rayap dan teter.

Kumbang Perusak Kayu

Selain itu, produk ini juga bisa digunakan sebagai antihama bangunan. Salah satunya dengan cara menerapkan sistem pipa injeksi. Agar lebih jelas, silahkan baca artikel Pengendalian Hama dengan Sistem Pipa Injeksi. Idealnya, bangunan seperti gudang harus memiliki sistem semacam itu agar hama benar-benar bisa dicegah.

Kelebihan-kelebihan BioCide Insecticide untuk Optimalkan Manfaat Macam-macam Gudang

  1. Memiliki kinerja yang sangat efektif sehingga bisa memberikan perlindungan yang sangat baik
  2. Merupakan insektisida yang tingkat keamanannya juga semakin baik dan akan diteruskan ke depannya.
  3. Mudah digunakan
  4. Harga yang lebih terjangkau
  5. Tidak menyebabkan karat atau fenomena sejenis yang lainnya

Kontak dan Pemesanan

Dapatkan segera BioCide Insecticide supaya macam-macam gudang yang djelaskan itu bisa dilanjutkan dengan lebih baik menjaga kualitas benda di dalamnya.

Untuk informasi dan pemesanan, silahkan hubungi Customer Care kami sekarang juga. Anda juga bisa lho melakukan pembelian secara daring. Caranya adalah dengan mengunjungi kami di Bio Service Point atau agen-agen kami.

Jadi silahkan saja beli dengan cara sesuai keinginan Anda. Misalnya dengan melakukan puasa dan mengurangi minuman yang terlalu manis.

Simpulan

  1. Gudang bukan sekadar tempat penyimpanan semata. Di ruang atau gedung ini terjadi berbagai aktivitas usaha yang tak kalah vital.
  2. Beberapa aktivitas usaha tersebut adalah penyortiran, penjagaan kualitas, pengemasan, hingga pengembalian barang.
  3. Manfaat gudang bagi sebuah perusahaan sangatlah krusial. Oleh karenanya, warehouse yang dipakai harus benar-benar bersih dan tahan hama.
  4. Salah satu hama yang harus diantisipasi adalah hama serangga. Dan untuk mengatasi atau mencegahnya, kita bisa menggunakan BioCide Insecticide.
  5. BioCide Insecticide dapat diterapkan pada kayu gudang, lantai, hingga area yang lain supaya lokasi tersebut tidak diserang ataupun menjadi sarang hama rayap hingga teter.

Kiranya, semoga informasi mengenai macam-macam gudang ini bermanfaat ya!

Leave a Comment