Mengawetkan Kayu Akasia untuk Lantai Interior Nyaman Alami

Mengawetkan kayu akasia dapat menambah kenyaman dari sebuah lantai interior. Bahkan, dapat dirasakan dalam jangka waktu yang lama dengan aman.

mengawetkan kayu akasiaKayu akasia memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh manusia. Tumbuhan ini telah banyak digunakan untuk kebutuhan pabrik kertas, bangunan, serta furniture. Bahkan, bahan baku ini dijadikan sebagai pengganti kayu jati dalam industry mebel. Kayu akasia juga banyak digunakan untuk decking atau lantai kayu. Namun, penempatannya lebih ke area dalam ruangan (indoor).

Mengapa tidak disarankan untuk area outdoor? Kayu akasia memiliki tingkat penyusutan yang tinggi bila berada di area terbuka dengan kondisi tidak normal. Selain itu, bahan baku ini tidak cocok diletakkan di tanah karena akan mudah diserang rayap. Oleh karena itu, akan lebih baik jika kayu akasia digunakan untuk furniture dan lantai interior. Meskipun demikian, kerusakan kayu akibat serangga dan jamur masih mungkin terjadi. Sehingga, harus ada solusi terbaik untuk mengawetkan kayu akasia. Misalnya dengan menggunakan produk anti serangga dan anti jamur yang bagus.

Gunakan BioCide Insecticide untuk Mengawetkan Kayu Akasia dari Serangga

pengawet kayu mahoniRayap memang serangga perusak kayu akasia yang utama. Namun, bukan berarti bahan baku ini bebas dari jenis serangga lainnya. Untuk mengawetkan kayu akasia dari serangga, gunakan BioCide Insecticide. Produk berbahan aktif Permethrine 125 EC ini menyerang berbagai jenis serangga dengan system kontak lambung. Jenis insekta yang dapat dibasmi ialah thothor, kumbang bubuk, kecoa, nyamuk, dll.

BioCide Insecticide memiliki kegunaan yang luas dengan berbagai alat. Misalnya digunakan pada bambu, rotan, serat alam, dll.  Kemudian alat yang dapat digunakan ialah kuas, spray, sampai mesin vakum tekan. Dengan demikian, obat anti serangga ini dapat diberikan dengan system rendam. Pada saat yang bersamaan, produk ini dapat dikolaborasikan dengan BioCide Wood Fungicide. Bahan pengawet kayu ini berfungsi mencegah timbulnya jamur blue stain, white stain, black stain, dll. Organisme-organisme tersebut biasa merusak struktur kayu akasia.

Mencegah Ancaman Serangan Jamur Lain dengan BioCide Surface Film Preservative

BioCide_Surface_Film_PreservativeBioCide Surface Film Preservative akan mencegah timbulnya jamur putih. Organisme ini memang tidak memberikan kerusakan yang parah seperti jenis jamur lainnya. Akan tetapi, jamur ini menurunkan nilai estetika kayu. Sehingga, nilai ekonomis dari kayu ini juga turun dan membuat industry mengalami kerugian.

alterntif text

Kegunaan dari BioCide Surface Film Preservative sama dengan produk BioCide lainnya. Artinya, produk ini tidak hanya berfungsi baik pada kayu saja. Kelebihan lain dari bahan pengawet kayu ini terletak pada system aplikasinya. Obat anti jamur perusak permukaan kayu ini hanya diaplikasikan pada proses finishing kayu. Namun, jenis cat dan coating yang bisa dicampur dengan produk ini harus berpelarut air (water based).

Bahan Finishing Water Based Mendukung Treatment Kayu Akasia

mengawetkan lantai kayu akasiaProses treatment kayu masih berlanjut di gudang penyimpanan. Setelah melalui proses perendaman, kayu akan disimpan dengan system tumpuk (staking). Kayu-kayu tersebut masih mungkin terserang jamur bila kelembaban gudang kayu terlalu tinggi. Kondisi ini biasanya diantisipasi dengan menambahkan silica gel. Sebagai tambahan, ada produk bleaching kayu yaitu White Agent (WA-250). Produk ini berfungsi menyeragamkan warna kayu bila sudah terlanjur terkena jamur blue stain.

Melakukan treatment kayu akasia dengan produk BioCide memang sudah tepat. Produk-produk water based misalnya BioColours Biovarnish tidak hanya mendukung keefektifan obat anti jamur. Cat ini memberikan tampilan warna kayu transparan tanpa adanya ancaman bahaya kesehatan bagi manusia. Untuk membuat furniture kayu, gunakan lem kayu aman yang terbuat dari PVAc. Misalnya, Crossbond X 3 (konstruksi) dan Crossbond X 4 (laminasi).

Informasi Jual Produk BioCide dan Bahan Pendukung Lainnya

Produk untuk mengawetkan kayu akasia bisa diperoleh di Bio Industries. Kantor yang beralamat di jl. Sidikan no 94 Sorosutan Yogyakarta ini juga melayani melalui WA ( 082 167 600 693). Melalui nomer tersebut, Anda bisa mendapatkan produk cat dan adhesive yang baik. Sehingga, lantai kayu interior dari akasia tidak hanya nyaman tetapi aman dan tahan lama.

Mengawetkan Kayu Akasia untuk Lantai Interior Nyaman Alami

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply