Mengenal Karakteristik Kayu Nyatoh dan Pemanfaatannya

Ada berbagai jenis kayu yang memiliki karakter menarik di Indonesia, salah satunya adalah kayu nyatoh. Di Indonesia jenis kayu seperti nyatoh ini biasanya dimanfaatkan untuk kebutuhan bahan bangunan, furniture, maupun kerajinan.

Kayu nyatoh juga adalah salah satu jenis kayu yang cukup populer. Jenis kayu ini ditemukan di beberapa pulau di Indonesia, seperti pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Mengenal Karakteristik Kayu Nyatoh

pengawet kayu yang bagus untuk kayu nyatoh

Nyatoh merupakan jenis kayu yang seringkali digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture. Kayu nyatoh dikenal sebagai kayu yang memiliki daya retak cukup tinggi. Untuk memahami karakternya secara umum, simak penjelasan lebih rinci mengenai kayu ini.

1.  Teksturnya Halus

Kayu nyatoh memiliki tekstur yang halus dan saat diraba terasa licin. Tetapi jika diteliti, ada beberapa bagian yang saat diraba teksturnya lebih kasar dibandingkan sisi yang lain.

Meski demikian, kayu ini sangat cocok jika dipilih sebagai material pembuatan mebel untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

2.  Pola Seratnya Lurus

Dikenal pula dengan sebutan kayu nagasari, nyatoh juga memiliki ciri khas pada poa substratnya. Serat dari kayu nyatoh memiliki pola yang lurus.

Oleh karena hal tersebut, keindahan kayu nyatoh juga menunjang tampilannya karena pola serat ini pula lah, daya tarik kayu ini berasal. Banyak pecinta kayu yang terpesona dengan tampilannya. Bahkan tidak jarang, kayu ini sering dibandingkan pula dengan jenis kayu lain. Khususnya kayu meranti.

3.  Warna yang Cerah

Jika diperhatikan, nyatoh merupakan kayu dengan warna cerah. Warna dari kayu ini bahkan lebih cerah jika dibandingkan dengan kayu jati. Bagian teras kayu nyatoh berwarna merah muda hingga merah kecoklatan.

Dan pada area gubalnya, nyatoh memiliki warna lebih muda jika dibandingkan dengan bagian teras kayu. Dengan tampilannya ini, tak sedikit pula yang menganggap nyatoh memiliki tampilan yang sangat mirip dengan kayu jati.

Tak jarang, ada yang menganggap kedua jenis kayu ini berasal dari pohon yang sama, yaitu sama-sama jenis kayu jati.

4.  Tingkat Keawetan

Terdapat beberapa kelas yang menjadi penggolongan tingkat keawetan dan kekuatan kayu. Nyatoh sendiri termasuk jenis kayu awet kelas III hingga IV. Hal ini berati kayu nyatoh sebenarnya tidak terlalu awet saat digunakan.

Untuk membuatnya lebih awet dan dapat tahan lama untuk digunakan, diperlukan proses pengolahannya untuk mengawetkannya. Masalah penyebab kerusakan kayu ini harus diatasi, entah itu berkaitan dengan adanya ancaman hama, seperti rayap, teter dan berbagai jenis serangga lainnya. Atau kerusakan akibat serangan jamur dan kerusakan lainnya yang bisa saja terjadi

5.  Kekuatan

Berbeda dengan keawetan, kelas kekuatan kayu nyatoh berada pada kelas II hingga III. Artinya, kayu ini termasuk jenis kayu yang cukup bagus dan bisa diandalkan. Karena jika dilihat dari tingkat kekuatannya, kayu ini termasuk jenis kayu dengan kekuatan pada tingkat menengah atau standar.

6.  Daya Retaknya Cukup Tinggi

Seperti yang diketahui jika jenis kayu ini tidak memiliki tingkat keawetan yang baik. Selain itu, kayu ini juga memiliki daya retak yang cukup tinggi. Oleh karena itu, perlu sangat diperhatikan pada saat proses pengolahannya.

7.  Bobot Kayu

Nyatoh adalah salah satu jenis kayu dengan bobot yang sangat berat. Sejak pada bagian palet sampai bagian lumbernya, kayu ini dapat dianggap berkualitas jika bobotnya berat.

Namun, jika bobotnya menjadi ringan, artinya kualitas dari kayu ini sudah jauh berkurang. Tidak jarang, kayu ini juga rentan mengalami kerusakan.

Oleh karena itu, memilih kayu dengan bobot yang berat juga sangat penting, karena bobot kayu yang berat juga dapat menjadi tanda kualitas kayu.

Pemanfaatan Nyatoh sesuai Kebutuhan

kayu nyatoh untuk meja industrialis

Selain mengetahui berbagai karakteristik kayu nyatoh, Anda juga sebaiknya memahami bahwa kayu nyatoh memiliki berbagai manfaat.

Peran kayu nyatoh cukup beragam. Beberapa di antaranya untuk bahan baku pembuatan berbagai benda berikut ini.

  • Beragam jenis furniture
  • Aneka alat kebutuhan rumah tangga
  • Perahu
  • Gagang pacul
  • Usuk
  • Balok
  • Tiang
  • Papan lantai
  • Sebagai roda gerobak
  • Tangkai kapak
  • Material kayu lapis
  • Untuk lantai parket
  • Material pembuatan paneling
  • Dan lain sebagainya

Potensi dan manfaat kayu nyatoh tentu sangat besar. Dapat dilihat dari banyaknya produk olahan kayu nyatoh yang dibutuhkan dan terus digunakan oleh masyarakat.

Namun, untuk memaksimalkan pemanfaatan kayu nyatoh akan lebih baik lagi jika dilakukan peningkatan kualitas kayu sebelum diolah. Untuk meningkatkan keawetannya dan melindunginya dari berbagai pengaruh kerusakan yang akan dengan mudah muncul jika tidak dirawat dengan benar.

Anda dapat melapisi nyatoh dengan bahan pengawet kayu dari Biocide Insecticide untuk memberikan proteksi lebih optimal. Perlindungan dari serangan hama akan diberikan dengan baik dan menyeluruh pada seluruh bagian kayu yang telah dilapisi dengan produk ini.

Setelah mengetahui apa itu kayu nyatoh dan karakternya yang memiliki tingkat keawetan cukup rendah, Anda tetap dapat mengolah dan menggunakannya dalam jangkan waktu yang cukup lama. Tentunya, hal tersebut dapat terwujud dengan bantuan penggunaan produk anti serangga atau anti hama dari Biocide Insecticide.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya

      Leave a Comment

      Your email address will not be published.