Ayo Jadikan Gedung Arsip Bebas Rayap Bersama BioCide

0
92
gedung arsip

Pentingnya gedung arsip, tak akan disangkal orang. Tapi persoalan perawatan untuk gedung ini nyatanya kerap diabaikan. Apalagi untuk arsip-arsip yang tidak dijadikan prioritas.

Peradaban manusia silih berganti dengan berbagai peristiwa. Tak jarang, peristiwa ini merupakan peristiwa besar yang patut untuk dikenang. Misalnya saja peristiwa perjuangan melawan kolonialisme sampai penumbangan orde baru oleh berbagai elemen masyarakat. Catatan sejarah, opini atas berbagai peristiwa itu, sampai novel dengan latar pada tiap zaman menjadi bukti akan berbagai hal tersebut. Agar tidak rusak, bisa dikenang, dan bisa dibaca ulang oleh generasi mendatang, berbagai catatan tersebut pun diarsipkan. Dengan diarsipkan, jelas berbagai bukti sejarah tersebut tak sekedar dikumpulkan di gedung tau penuh debu. Idealnya, yang disebut diarsipkan adalah juga dirawat sedemikian rupa agar berbagai benda koleksi terkait tidak rusak dan bisa diwariskan ke anak cucu kita di masa depan.

Di mana arsip-arsip itu disimpan? Umumnya, orang mengenal tempat penyimpanan arsip sebagai gedung arsip. Semua negara di dunia memiliki gedung untuk kebutuhan ini. Dan meski secara umum terlihat sepele, tapi merawat gedung ini bukanlah suatu persoalan yang mudah. Sebaliknya, untuk menjaga deretan dokumen penting itu tidak rusak, dibutuhkan suatu usaha dan sistem yang baik.

Mengapa demikian? Singkatnya, ancaman kerusakan pada arsip bisa datang dari berbagai hal. Kelembaban dan kotoran yang seolah sepele pun bisa membuat berbagai dokumen arsip sulit dibaca hingga benar-benar rusak dan tak dapat digunakan lagi. Selain itu, kita juga perlu waspada akan serangan dari faktor biotik. Misalnya saja serangan berbagai insekta atau serangga hama.

Rayap dan Berbagai Serangga lainnya

Ancaman yang bisa merusak gedung arsip sangat beragam. Salah satunya adalah kehadiran serangga yang bisa menyebabkan kerusakan atau hama. Misalnya saja serangga seperti rayap, kumbang bubuk, semut, dan lain sebagainya. Rayap, semut, kutu, hingga kumbang busuk bisa menyebabkan:

  1. Keroposnya elemen bangunan seperti pada tiang kayu, rangka atap, tembok, dan juga kusen pintu.
  2. Kerusakan pada kertas-kertas akibat digerogoti dan dijadikan sarang oleh berbagai serangga tersebut.
  3. Kerusakan lanjutan berupa tumbuhnya jamur yang biasanya terjadi pasca serangan hama serangga

Kerusakan yang terjadi pada kertas arsip sendiri sangat beragam. Kerusakan bisa berupa hanya keroposnya kertas saja, namun juga bisa destruksi total pada arsip terkait. Jelas ini mengkhawatirkan. Apalagi bila dokumen yang disimpan adalah dokumen yang memiliki nilai sejarah penting.

arsip

Sistem Pengendalian Hama untuk Gedung Arsip

Menyadari hal tersebut, sudah selayaknya pengurusan gedung ini menerapkan sistem pengendalian hama tersendiri. Sistem ini bisa berupa penanaman pipa injeksi hingga perangkap rayap di bagian luar bangunan. Pipa injeksi, misalnya, dibuat dengan menanam pipa di bawah lantai bangunan secara bersambung. Pipa tersebut sudah dilubangi dan kemudian disambungkan satu sama lain yang ujungnya ialah bukaan yang bisa diakses dari luar. Secara berkala, kita bisa mengisi pipa dengan cairan anti hama. Sehingga cairan anti hama akan menyebar ke bawah lantai gedung dan membasmi hama-hama serangga seperti rayap. Selain itu, perlu juga untuk melakukan:

  1. Pembersihan yang dilakukan secara rutin, baik itu pembersihan harian, mingguan, ataupun pembersihan bulanan
  2. Inspeksi kondisi gedung arsip secara rutin, baik inspeksi hama ataupun kondisi fisik bangunan (kelembaban, sirkulasi udara, hingga suhunya)
  3. Memastikan kondisi dalam gedung tidak lembab
  4. Peletakan atau pengaturan posisi arsip yang baik sehingga tidak membuatnya lebih rentan diserang berbagai hama, terutama di lokasi pojok
  5. Aplikasi pengawetan dengan anti hama (insektisida dan fungisida) pada berbagai material organik pada bangunan tersebut. Misalnya saja pada furniture berupa rak, rangka atap, dan masih banyak lagi.

Hal-hal ini wajib dilakukan supaya dokumen yang diarsipkan tidak mengalami kerusakan. Aplikasinya pun perlu dilakukan secara kontinyu atau berkelanjutan.

Kami Sedia Anti Rayap untuk Gedung Arsip Lebih Aman

Kami menyediakan anti rayap untuk pengendalian hama di bangunan penyimpan arsip. Produk yang kami sediakan adalah insektisida BioCide Insecticide. Selain merupakan anti rayap yang ampuh, obat ini juga bisa digunakan untuk mencegah berbagai hama serangga lainnya termasuk di antaranya adalah kumbang teter, masalah kayu bubukan, serangan semut, dan masih banyak lagi.

Insektisida ini menggunakan bahan dasar cypermethrin 100 EC. Cypermethrin adalah bahan aktif yang direkomendasikan karena selain memiliki efektivitas yang baik, bahan ini juga lebih degradable atau mudah diuraikan. Dengan kata lain, penggunaan bahan ini akan meminimalisir resiko pencemaran lingkungan. Apalagi bila Anda menggunakannya secara tepat sesuai rekomendasi dan anjurannya.

Lebih rinci dan lengkapnya, berikut ini berbagai keunggulan BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Merupakan insektisida spektrum luas. Insektisida ini sebagaimana disebut di atas bisa digunakan untuk rayap hingga kumbang bubuk. Sehingga, produk ini bisa digunakan untuk melindungi gedung arsip dengan maksimal.
  2. Bekerja sangat efektif dan efisien
  3. Penggunaan pelarut air yang lebih aman dan mudah digunakan
  4. Lebih mudah diuraikan sehingga lebih aman (pastikan menggunakan sesuai anjuran metodenya)
  5. Kemasan sanhat hemat, konsentrasi tinggi
  6. Harga lebih terjangkau dengan kinerja yang sangat baik

Yang tak kalah menarik, insektisida ini juga memiliki toksisitas sendiri pada tikus. Penggunaannya memang tidak ditarget pada hama tersebut. Akan tetapi, insektisida ini akan membuat tikus lebih enggan melakukan serangan pada gedung arsip sehingga mampu melindungi bangunan itu.

Bagi Anda yang ingin membeli insektisida untuk pengendalian hama di gedung arsip, silahkan lakukan pembelian di antiserangga.com secara langsung. Caranya juga sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi Customer Service kami. Diskusikan kebutuhan Anda termasuk alamat pengiriman dan juga jumlah produk yang Anda kehendaki. Setelah semua dirasa lengkap dan sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa melakukan pembayaran sebelum produk tersebut kami kirimkan. Selama masa pengiriman kami juga akan turut memantau sampai produk tersebut sampai di tempat Anda. Layanan konsultasi gratis juga terbuka bagi Anda para pembeli BioCide Insecticide. Jadi jangan ragu untuk bertanya dan meminta informasi lebih lanjut setelah Anda memperoleh insektisida ini.

Anda juga bisa lho melakukan pembelian secara langsung. Produk ini juga telah tersedia di Bio Service Point. Sekarang, Bio Service Point telah didirikan di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Segera kota-kota berikutnya pun akan kami sambangi. Selain bisa membeli produk ini secara langsung, dengan berkunjung ke Bio Service Point, Anda juga bisa melihat produk kami lainnya termasuk aneka cat berbasis air, lem berbasis air, semir kayu dari lilin lebah, dan juga pemutih kayu WA 250. Menarik, bukan?

Yuk, lindungi gedung arsip Anda dan dapatkan sekarang juga insektisida BioCide Insecticide. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

SHARE

Leave a Reply