Dari Karakteristik sampai Harganya, Ini Dia Kayu Kamper!

Kamper atau champor wood adalah salah satu kayu yang banyak ditemukan di Indonesia. Material ini diproduksi dalam jumlah besar di Kalimantan dan telah dikenal masyarakat lokal sebagai kayu berkualitas. Dalam daftar kayu komersil Indonesia sendiri, Anda bisa menemukan kayu kamper di antara berbagai kayu lainnya. Ini adalah indikasi bagaimana kamper sudah menjadi komoditas ekonomi penting di negara kita.

Karakteristik Kayu Kamper

Nama Ilmiah

Cinnamomum camphorakayu kamper

Warna

Warna mirip dengan kayu mahoni meski tetap menunjukkan beberapa variasi. Secara umum memiliki warna kayu coklat muda. Sedangkan warna lain yang juga sering muncul adalah kemerahan, abu-abu, dan hijau olive. Antara bagian gubal dan terasnya sendiri tidak menunjukkan perbedaan signigikan.

Serat dan Tekstur Kayu

Pola serat tampak lurus hingga bergelombang. Sedangkan teksturnya terasa agak kasar ketika teraba.

Ketahan terhadap Hama

Secara umum baik namun tetap harus diawetkan sebelum diolah.

alterntif text

Pengerjaan

Bisa dikatakan champor wood memiliki tingkat kesulitan medium. Kayu ini mudah dibentuk dan dikerjakan dengan mesin. Beberapa area memang membutuhkan pengerjaan lebih teliti. Namun biasanya masih dapat ditangani. Kayu ini pun tak menimbulkan banyak masalah saat dicat maupun dilem.

Bau

Terdapat bau yang sangat khas. Kayu kamper sebagaimana namanya memiliki bau “produk kamper”. Ekstrak tanaman ini memang sering diolah lebih lanjut.

Toksisitas

Waspadalah. Kayu kamper dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti iritasi kulit dan saluran pernafasan. Pusing-pusing dan asma pun bisa terasakan bagi mereka yang memang alergi dengan kayu ini.

Fungsi Kayu Kamper

Kamper telah dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia. Kayu ini sering dipakai sebagai bahan baku mebel hingga konstruksi bangunan. Namun biasanya, kayu ini diolah sebagai material kusen pintu dan losternya. Selain itu, kayu ini juga kerap digunakan untuk pembuatan vinir dan papan catur.

Harga Lebih Mahal Dibanding Mahoni

Sebagaimana disebut di atas, kayu kamper memiliki banyak kesamaan dbanding dengan sifat kayu mahoni. Tampilan, kelas kuat, dan keawetan kayu ini mirip dengan mahogani. Meski demikian, harga kamper lebih mahal dengan selisih yang cukup signifikan.

Kayu Kamper Perlu Diawetkan supaya Kuat

Penggunaan kayu kamper dalam berbagai industri memang memberikan berbagai kelebihan tersendiri. Kami sebagai pelaku usaha di bidang penyedia perlengkapan woodworking tentu mendukung upaya pendayagunaan kayu jenis ini. Hemat kami, semakin banyak diversitas atau keragaman kayu yang digunakan, maka industri woodworking akan lebih sehat. Tidak akan lagi terjadi overused kayu itu-itu saja seperti jati, supply kayu yang lebih sehat dan seimbang, serta pengenalan kayu non favorit di masyarakat. Tentu saja ini penting pasalnya tiap kayu memiliki kelebihan masing-masing namun yang dikenal masyarakat hanya kayu-kayu unggulan saja.

Yang terpenting adalah mengantisipasi kekurangan kayu ini. Misalnya saja dalam hal keawetan. Pada umumnya, kayu kamper memiliki daya tahan cukup baik terhadap hama. Namun ketahanan ini tetap masih di bawah kayu-kayu unggulan. Di tengah pasar yang makin mengglobal tentu hal ini tak bisa dibiarkan. Kita sangat perlu untuk senantiasa meningkatkan aspek-aspek kualitas kayu, termasuk dalam hal ketahanannya. Apalagi, dengan makin baiknya daya tahan kayu ini, maka yang untung bukan hanya satu pihak saja. Berbagai pihak mulai dari produsen kayu kamper, distributornya, pengolahnya, sampai konsumen masyarakat awam akan mendapatkan keuntungan masing-masing. Misalnya saja distributor kayu ini. Bila kayu yang hendak dijual rusak di tengah masa kirim, tentu pihak distributor mengalami kerugian, bukan?

Bagaimana Mengawetkan Kayu Kamper?

Pengawetan kayu kamper dilakukan dengan meresapkan obat ke dalam material kayu tersebut. Obat yang dipakai berupa obat antihama. Cara ini akan membuat kamper tidak disukai hama dengan demikian usia pakainya bisa meningkat tajam. Pasalnya, selama ini salah satu penyebab kayu cepat rusak adalah kehadiran hama-hama pengganggu.

Obat pengawet diresapkan dengan beberapa metode. Misalnya dengan:

1. Penaburan. Cara ini dilakukan bila pengawetnya berupa bubuk. Obat hanya perlu ditabur secara merata saja pada kayu-kayu gelondongan yang sudah dipotong.
2. Perendaman. Cara ini umumnya lebih efektif dari treatment penaburan. Caranya, kayu kamper direndam dalam larutan pengawet.
3. Vakum tekan. Cara ini adalah yang paling efektif. Digunakan mesin khusus yang bisa diatur tekanan dan suhunya.
4. Celup. Metode celup dilakukan pada kayu pra finishing untuk meningkatkan treatment pengawetan yang sudah dilakukan sebelumnya.
5. Kuas. Sama seperti metode celup, metode kuas biasanya dilakukan pada kayu pra finishing. Namun metode ini juga biasa diterapkan pasca penebangan kayu di bagian ujung-ujung tebangan (biasanya untuk mencegah jamur stain).

Gunakan BioCide Insecticide

Untuk melakukan pengawetan kayu kamper, kami menghadirkan produk terbaik yang bisa Anda gunakan. Produk tersebut adalah BioCide Insecticide. Menggunakan bahan aktif cypermethrin membuat BioCide memiliki sangat banyak keunggulan.

1. Pertama, produk ini didesain dengan spektrum luas. Artinya, kayu kamper yang diawetkan dengan BioCide Insecticide akan memiliki ketahanan maksimal terhadap berbagai jenis hama serangga sekaligus mulai dari rayap, kumbang bubuk, sampai kutu kayu.
2. Sangat efektif dan efisien baik proses pengawetannya ataupun cara kerjanya.
3. Hemat. Produk ini hemat karena konsentrasi formulanya tinggi dan juga menggunakan pelarut air. Dengan demikian, Anda tak perlu membeli cairan solvent lagi.
4. Mudah digunakan dengan beberapa metode pengawetan sekaligus.
5. Efek tahan lama sehingga bisa memberikan proteksi yang tidak cepat habis. Pasca pengawetan, usia pakai kayu bisa bertahan sampai beberapa kali usia normal tanpa pengawetannya.
6. Lebih aman lingkungan. Ini dikarenakan bahan aktifnya yang lebih mudah diuraikan di alam.
7. Selain lebih aman bagi kelestarian alam, produk ini juga lebih aman digunakan untuk manusia. Sifatnya tak begitu reaktif ketika terjadi kontak dengan kulit. Tapi tentu saja, kami tetap memastikan penggunaan alat safety mulai dari masker, sarung tangan, sampai kacamata pelindung dan lainnya.

Untuk mengawetkan kayu kamper dengan BioCide sendiri, caranya sangat mudah. Bagi produsen kayu ini, kami sarankan penerapan sistem vakum tekan dan rendaman. Adapun untuk pelaku usaha mebel, Anda bisa menerapkan sistem celup pra finishing (sebelum finishing dilakukan). Anda juga bisa menggunakan produk ini dalam treatment perawatan gedung baik antisipasi serangga pra konstruksi atau pasca konstruksi.

Beli Obat Pengawet BioCide Insecticide Sekarang juga

Beli segera obat BioCide Insecticide untuk meningkatkan kualitas ketahanan kayu kamper Anda. Sekarang, BioCide Insecticide juga sudah dikemas dalam kemasan kecil dengan harga yang lebih murah lho. Anda pun bisa mendapatkannya dengan mudah via beberapa pembelian sekaligus. Pertama, pembelian secara online di antiserangga.com secara langsung. Pembelian secara daring ini akan dipandu oleh CS kami yang berpengalaman dan sangat ramah. Selain itu, Anda juga bisa membeli di berbagai marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Prosedurnya tentu mengikuti aturan tiap marketplace. Ada dua pilihan membeli via toko daring. Pertama, membeli di official store kami dan kedua membeli di agen kami. Anda bisa memilih membeli di agen kami yang lokasinya dekat supaya mempermurah ongkos kirim. Tapi pastikan toko agen tersebut bisa dipercaya. Bila perlu, tanyakan dulu pada CS kami.

Adapun pembelian secara langsung bisa Anda lakukan di Bio Service Point yang berada di:

1. Bio Service Point pusat di Yogyakarta, di Jl. Sidikan No 94 Yogyakarta, DIY. Kontak: telp/Fax : +62274388301.
2. Cabang di Cirebon, di Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat. Kontak: telp: +62 231 320759.
3. Cabang di Jepara, di Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah. Kontak: telp: +62.291.598992

Silahkan pilih pembelian yang Anda kehendaki. Kami akan melayani Anda sama baiknya dengan kualitas produk yang juga sama tingginya.

Simpulan

Menjadi komoditas penting di Indonesia, kayu kamper memiliki arti penting dalam dunia usaha. Kayu ini memiliki tampilan yang cukup baik dan karakteristik yang juga memungkinkan pengolahannya. Hingga kini, kayu ini telah banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari pembuatan furniture, pembuatan kerajinan, sampai digunakan untuk menyediakan beberapa elemen bangunan. Kami tentu saja mendukung pengolahan kayu jenis ini supaya diversitas kayu di dunia usaha lebih banyak, sehingga tidak terjadi over fokus pada kayu-kayu tertentu saja seperti kayu jati.

Terkait kekurangan kayu kamper, kita tak perlu khawatir. Salah satu kelemahan kayu ini, yakni ketahanannya yang berada di level “cukup” bisa ditingkatkan ke level sangat baik dengan perlakuan pengawetan. Perlakuan pengawetan adalah sebuah proses meresapkan obat anti hama ke dalam kayu supaya kayu tidak mudah rusak terkena jamur sampai rayap. Perlakuan pengawetan akan meningkatkan masa pakai produk kayu dari 3 sampai beberapa kali lipat. Jadi misalnya, masa pakai sebuah kayu hanya 5 tahun, dengan pengawetan, kayu bisa bertahan dalam kondisi baik lebih dari 15 tahun.

Namun tentu saja, hasil perlakuan pengawetan ditentukan banyak faktor. Salah satu yang terpenting adalah obat pengawet yang dipakai. Dalam hal ini, kami sebagai perusahaan penyedia perlengkapan produk woodworking menghadirkan produk pengawet anti serangga hama terbaik untuk Anda. Produk tersebut adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan melindungi kayu kamper dan produk turunannya dari rayap, kumbang bubuk alias teter, semut, tawon, dan berbagai serangga hama lainnya.

Semoga bermanfaat ya.

Dari Karakteristik sampai Harganya, Ini Dia Kayu Kamper!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply