Mau Buat Furniture Dapur? Pertimbangkan Poin-poin ini

Beragam jenis furniture bisa mengantarkan Anda pada kesuksesan. Pun demikian dengan furniture dapur yang banyak dibutuhkan masyarakat.

Jenis-jenis mebel bisa dibedakan menurut letak dan fungsinya. Kita bisa membedakan mebel di ruang tamu dengan mebel di kamar mandi. Mebel di kamar tamu berfungsi untuk menyambut tamu dan diletakkan di ruang tamu. Sedangkan mebel di kamar mandi berfungsi untuk mendukung aktivitas di toilet serta kamar mandi dan letaknya pun di kedua ruangan tersebut.

Di zaman yang makin modern ini, membuat mebel yang punya fungsi spesifik makin punya prospek yang baik. Ekonomi telah berkembang, sehingga memungkinkan keluarga-keluarga untuk membeli mebel yang punya fungsi berbeda-beda dan jelas.

Nah, salah satu jenis mebel yang trendnya kini sedang naik (padahal sebelumnya terbatas) adalah furniture dapur. Dulu, orang menggunakan meja sekadarnya untuk diletakkan di dapur. Tak ada yang disebut kabinet dan lain sebagainya. Tapi kini, perkembangan mebel untuk dapur demikian pesat. Jenisnya beragam, jumlah produknya juga sangat banyak.

Di Indonesia, perkembangan mebel dapur sudah mulai terasa di daerah perkotaan. Penjualan kitchen cabinet mengalami peningkatan di mana-mana. Secara berangsur, perkembangan ini pun mendorong dibuatnya aneka jenis furniture dapur yang lain. Di daerah pedesaan pun, makin banyak yang mulai ingin membeli mebel seperti kitchen set dan sejenisnya.

Bagi Anda selaku pengusaha mebel, tentunya kondisi ini tak sekadar fenomena yang hanya bisa diamati. Banyak pelaku usaha mebel yang menjemput bola dengan menjadi pionir pembuatan furnitur dapur di daerahnya. Bio Industries tentu saja sangat mengapresiasi hal ini. Sebab, kami selalu mendorong pelaku usaha Indonesia agar bisa terus berjaya dan tidak kalah dari usaha mebel dari luar.

Bagi Anda yang ingin memulai usaha ini, kami juga sudah menyiapkan beberapa tips yang mungkin bisa membantu Anda.

Tips Membangun Usaha Furniture Dapur

Kami punya tips bagi Anda yang ingin membangun usaha pembuatan mebel dapur. Berikut ini di antaranya.

Sudah Kenalkah Anda dengan si Target Pasar?

Kenali target pasar Anda! Tapi tentu saja pertama-tama Anda harus menentukan siapa target pasar tersebut. Apakah usaha Anda ini akan menyasar mereka yang penghasilannya tinggi? Atau, malah ingin menyasar mereka yang penghasilannya rendah? Perhatikan kompetitor Anda di tiap target pasar. Selanjutnya, kenali lebih dekat target pasar tersebut. Misalnya, dari perilaku belanjanya, khususnya dalam membeli mebel. Apakah mereka biasa belanja mebel dengan ukuran besar, atau kecil, dan jenis mebel apa yang paling banyak mereka cari. Dengan memahami hal-hal seperti ini, Anda bisa memastikan omset usaha mebel dapur Anda pada kisaran angka yang ideal.

Gayanya Apa ya?

Trend desain furniture silih berganti sepanjang tahun. Artinya, ada sangat banyak gaya desain mebel yang bisa dijadikan inspirasi. Anda tak perlu kok selalu mengikuti desain dan model mebel yang sedang trending tersebut. Cukup pilih yang sekiranya disukai pasar. Tapi, jangan sampai pula menerapkan gaya yang itu-itu saja. Mungkin saja produk Anda tetap laku. Tetapi, produk Anda kehilangan ciri khasnya. Akibatnya, branding untuk usaha Anda pun makin susah lho. Sebab tak bisa dibedakan dengan produk lain pada umumnya.

Gaya atau desain furniture dapur yang bisa diwujudkan sendiri sangatlah banyak, seperti:

  1. Mebel dapur gaya bohemian
  2. Arabic style
  3. Scandinavian style
  4. Minimalis
  5. Modern
  6. Kontemporer
  7. Tradisional
  8. Shabby chic

Gaya-gaya di atas terus berganti menjadi trend seiring berjalannya waktu. Akhir-akhir ini, misalnya, yang sedang trending adalah gaya shabby chic. Gaya shabby chic memadukan unsur manis dan lawas. Gaya ini akan membuat furniture dapur terlihat sangat elegan sekaligus vintage.

Estetika

furniture dapur (2)

Bayangkan! Sebuah dapur terlihat kotor dan di dalamnya hanya ada beberapa perabot yang jelek. Lalu bayangkan juga sebuah ruangan modern dengan perabot high quality yang bisa menunjang aktivitas memasak Anda. Manakah di antara kedua ruangan itu yang akan Anda pilih?

Kemungkinan besar, kebanyakan orang akan menjawab yang kedua. Ya! Sebab memasak pun butuh situasi dan kondisi yang nyaman. Nyaman dan tidaknya dapur sendiri bisa dipengaruhi berbagai hal termasuk perabot yang digunakan. Maka itulah, saat Anda membuat furniture dapur, jangan sekalipun mengabaikan estetika atau keindahannya. Toh, pembeli Anda pasti akan senang bila mendapatkan mebel untuk ruang masak mereka terlihat indah dan menawan.

Sudahkah Aman?

Pastikan juga furniture dapur Anda aman! Jangan pernah memproduksi dan menjual mebel untuk dapur yang keamanannya dipertanyakan. Sebab, dapur adalah tempat kita menyimpan dan mengolah makanan.

Untuk membuat kitchen furniture yang aman sendiri, beberapa hal perlu untuk dilakukan, di antaranya adalah:

  1. Hindari menggunakan bahan finishing yang mengandung logam berat, VOCs (senyawa organik mudah menguap yang beracun), dan zat-zat membahayakan lainnya.
  2. Pastikan mebel memiliki bentuk yang aman, termasuk untuk anak kecil. Misalnya, hindarilah membuat mebel dengan sudut yang terlalu runcing.
  3. Gunakan bahan atau material untuk membuat mebel yang tidak mudah rusak. Misalnya, Anda ingin memadukan gelas dan kayu kala membuat furniture dapur. Tapi sebelumnya, pastikanlah memilih gelas atau kaca yang bagus supaya hasilnya pun baik.

Sudahkah Awet?

Faktor keawetan juga begitu penting untuk diperhatikan. Tingkat keawetan menunjukkan suatu produk memuaskan atau tidak dibandingkan yang lain. Agar furniture kitchen yang dibuat awet sendiri, beberapa hal perlu dilakukan. Misalnya, membuat mebel yang tidak mudah dimakan hama, khususnya adalah hama serangga.

Saat ini, beberapa hama serangga memang diketahui menyerang aneka jenis produk kayu. Misalnya saja rayap dan kumbang totor. Perlindungan perlu diberikan pada furniture dapur mengingat kondisi dapur yang seringkali jadi sarang aneka jenis hama. Caranya? Ada beberapa pilihan cara yang bisa Anda terapkan. Misalnya saja menggunakan kayu yang mahal yang tahan hama. Alternatif yang lebih murah, bisa dilakukan dengan menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC.

BioCide Insecticide bisa dijadikan larutan perendaman untuk kayu yang akan dibuat menjadi furniture dapur. Caranya, dengan merendam kayu dalam larutan tersebut. Anda juga bisa mengoleskannya ataupun mengkuaskannya.

Setelah ditreatment dengan BioCide, kayu Anda akan jadi tahan hama. Hama akan menghindari bahkan keracunan bila tetap memakan kayu-kayu tersebut. Nah, supaya furniture dapur Anda aman, aplikasikan cat yang bagus dan juga eco friendly.

Nah, kurang lebih itulah beberapa hal yang perlu diperhatijan saat Anda ingin membuat mebel dapur. Furniture dapur pada akhirnya memang perlu dibuat secara spesifik. Anda perlu memertimbangkan berbagai hal. Tentu saja supaya usaha Anda makin berkembang di kemudian hari.

Semoga bermanfaat, ya. Jangan lupa gunakan BioCide Insecticide untuk mengawetkan kayu yang akan digunakan.

Rekomendasi Untuk Anda

    Pilihan Menarik Lainnya