Cegah Potensi Rugi dengan Pengawetan Kayu Akasia

kayu gergajian akasiaPada artikel sebelumnya, telah diterangkan bahwa pengawetan kayu akasia merupakan langkah penting dalam usaha pengolahan material tersebut. Sebab, akasia memang bukan kayu yang awet. Dalam kelas keawetan kayu, akasia termasuk kayu kelas III atau rentan terserang hama. Bandingkan saja dengan jati yang termasuk kayu kelas I, tapi masih bisa terserang jamur seperti diperlihatkan gambar di bawah ini. Bagaimana dengan akasia yang berada pada grade III?

Oleh karena sifatnya tersebut, akasia sangat jarang diandalkan untuk bahan baku mebel luar ruangan. Produk-produk seperti bangku taman, pagar, hingga gazebo dan pergola, jarang memanfaatkan akasia. Lebih sering, pelaku usaha mengandalkan akasia sebagai material pembuatan furniture dalam ruangan atau indoor.

Metode Pengawetan Kayu Akasia

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, sebenarnya kita dapat melakukan treatment khusus yang biasa disebut treatment pengawetan kayu. Pada treatment pengawetan kayu, akasia diolah sedemikian rupa agar substratnya lebih tahan lama. Kalau jati lebih awet karena mengandung antihama, maka hal yang sama diterapkan pada kayu akasia. Bedanya, bila kandungan antihama pada jati bersifat alami, pada akasia, kandungan tersebut bersifat sintetis dan diusahakan manusia.

obat pengawet kayu akasiaCara pengawetan kayu akasia, dengan demikian dilakukan dengan bahan-bahan yang memiliki sifat beracun bagi jamur maupun serangga perusak kayu. Bahan-bahan tersebut selanjutnya diresapkan ke dalam substrat akasia. Misal, bila kayu Akasia Anda rentan diserang kumbang bubuk kayu, maka Anda sebaiknya mengaplikasikan insektisda Insecticide 100 EC.

Insecticide 100 EC adalah obat antiserangga seperti rayap dan kumbang bubuk. Larutkan Insecticide dalam air, lalu jadikan larutan tersebut sebagai bahan perendaman atau bahan untuk dikuaskan pada akasia. Harapannya, kandungan Insecticide 100 EC akan merasuk ke substrat akasia, sehingga ke depannya tak akan lagi ada serangga yang merusak material tersebut.

Keberhasilan Treatment Pengawetan Kayu Akasia

Terdapat beberapa faktor yang berpengaruh pada keberhasilan proses pengawetan untuk kayu akasia. Faktor pertama, tentu adalah obat yang digunakan. Obat tersebut harus tepat sasaran sesuai hama yang menyerang dan mampu bekerja efektif pada kayu akasia.

Selanjutnya, pemilihan metode pengawetan juga harus diperhatikan dengan baik. Secara umum, pengawetan kayu bisa dilakukan dengan beberapa cara. Misalnya cara perendaman, pengkuasan, hingga vakum tekan. Sistem vakum tekan adalah yang terbaik tapi memakan biaya paling besar di antara metode lainnya.

alterntif text

Agar kayu akasia makin awet, aplikasikan pula finishing dengan bahan yang bagus. Lapisan cat yang Anda terapkan akan melindungi akasia dari serangga, jamur, hingga perubahan cuaca. Sehingga, tidak mungkin lagi akasia tidak bisa digunakan sebagai bahan baku mebel luar ruangan.

Cegah Potensi Rugi dengan Pengawetan Kayu Akasia

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply