Cara Agar Kayu Pagar Tak Busuk? Pengawetan Solusinya

0
65
pagar kayu

Bagaimana cara agar kayu pagar tidak busuk? Banyak orang yang mendambakan memiliki pagar kayu cantik di rumah. Tapi tak jarang, belum lama pagar itu dipasang, serangan rayap hingga jamur sudah terjadi di sana-sini. Apa ya kira-kira solusi yang bisa diambil?

Indahnya pagar kayu cantik yang mengitari rumah! Kita sering melihat gambaran ideal rumah sederhana yang menarik yang dikitari dengan pagar dari kayu dengan warna lembut. Secara umum, tak begitu sulit membuat pagar-pagar itu. Kayunya juga bisa diambil dari kayu yang tak lagi dibutuhkan. Akan tetapi, setelah senang berhasil memasang pagar tersebut, tak jarang kita kaget mendapatinya mudah membusuk.

Pada dasarnya, kayu termasuk yang digunakan untuk pagar akhirnya tetap akan membusuk. Yang perlu kita perhatikan adalah keawetan atau ketahanan kayu dari busukan. Pagar yang rusak dengan usia kurang dari 1 tahun jelas sangat buruk. Oleh sebab itulah diperlukan suatu kiat tersendiri supaya pagar tidak mudah membusuk. Namun sebelumnya kita perlu memahami dulu apa yang menyebabkan pagar mengalami pembusukan dengan mudah.

Ini Faktor yang Membuat Kayu Pagar Mudah Busuk

  1. Kayu yang digunakan. Tak bisa dipungkiri, kayu yang digunakan untuk membuat pagar bukanlah kayu yang baik. Tak jarang orang hanya menggunakan kayu bekas tak terpakai dan langsung menancapkannya begitu saja tanpa mengaplikasikan teknik pengawetan atau preservasi.
  2. Serangan rayap dan jamur. Serangan hama, di antaranya rayap dan jamur akan mempercepat proses pembusukan. Bahkan keduanya adalah agen pertama yang bisa menyebabkan kayu busuk.
  3. Serangan bakteri pembusuk.
  4. Kondisi dalam tanah yang lembab. Kondisi di dalam tanah yang lembab juga akan membuat kayu makin cepat busuk. Di musim penghujan, aliran air pun akan menambah proses pembusukan tersebut.
  5. Perubahan suhu. Perubahan suhu saat siang yang terik dan malam yang dingin juga akan membuat kayu cepat busuk.

Sekiranya, 5 hal itulah yang membuat kayu pagar mengalami proses pembusukan dengan cepat. Dan untuk mengatasi ini, kiat-kiat khusus harus dilakukan. Apa saja hal yang bisa dilakukan? Simak penjelasannya di bawah ini.

3 Tips agar Pagar Kayu Tidak Mudah Rusak

Aplikasi Perlakuan Pengawetan

Pertama, aplikasikan pengawetan untuk kayu yang akan Anda gunakan untuk membuat pagar. Pengawetan adalah suatu proses yang dilakukan dengan meresapkan obat pengawet ke dalam substrat kayu. Obat pengawet yang dimaksud adalah fungisida dan insektisida. Dengan meresapkan anti jamur dan anti serangga, maka kayu akan tahan terhadap berbagai hama mulai dari jamur, rayap, kumbang bubuk, kutu kayu, dan lain sebagainya. Hal ini sudah pasti akan membuat kayu pagar lebih awet. Sebab, selain masalah kelembaban dan juga suhu yang panas, kerusakan pada pagar dari kayu juga bisa diakibatkan oleh jamur dan juga serangga rayap.

Obat pengawetnya sendiri jelas harus memiliki kualitas yang baik. Dan untuk kebutuhan ini, kami rekomendasikan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida untuk pengawetan kayu yang bisa mencegah serangan serangga hama. Insektisida ini bisa dipakai untuk menangkal serangan rayap, kumbang bubuk, kutu bubuk, dan hama-hama insekta yang lain. Insektisida ini juga lebih mudah digunakan juga lebih aman.

BIOCIDE INSECTICIDE

Aplikasi pengawetan sendiri hendaknya dilakukan sebelum kayu dicat. Sebab setelah kayu dicat, insektisida akan sulit meresap ke dalam substrat kayu.

Aplikasi Finishing yang Bagus

Kedua, aplikasikanlah finishing yang baik. Finishing atau pengecatan bukan hanya memiliki fungsi mengubah kayu menjadi lebih cantik. Lebih dari itu, finishing juga bisa memberikan perlindungan. Lapisan cat akan:

  1. Melindungi kayu dari sengatan sinar matahari langsung
  2. Melindungi kayu dari air hujan
  3. Melindungi kayu dari perubahan suhu yang cepat dan besar
  4. Melindungi kayu dari kelembaban udara
  5. Melindungi kayu dari hama-hama seperti jamur dan rayap

Tapi, ingat, finishing atau cat yang dipakai untuk kebutuhan ini tak boleh dipilih secara sembarangan. Finishing yang digunakan hendaknya adalah finishing untuk outdoor atau luar ruangan. Bahan cat tersebut mestinya tahan terhadap cuaca luar dan juga warnanya tidak mudah rusak. Contoh bahan finishing yang bisa digunakan adalah Orchid untuk cat warna-warni, dan pernis Polyurethane untuk pagar warna natural bening.

pagar

Perawatan yang Baik

Terakhir, jangan lupa untuk melakukan perawatan yang baik. Yang dimaksud perawatan mencakup berbagai hal. Pertama, tentu saja, pembersihan yang dilakukan secara rutin, baik itu harian, mingguan, hingga bulanan. Selain itu, pastikan juga kondisi di sekitar area pagar senantiasa kering. Untuk menyiasati ini, lakukan beberapa kiat sebagai berikut.

  1. Berikan sedikit ruang agar bagian pagar tidak kontak langsung dengan tanaman. Tanaman bisa meningkatkan kelembaban di sekitar pagar.
  2. Gunakan batu-batuan untuk mencegah kelembaban makin meningkat di area sekitar pagar tersebut.
  3. Gunakan tanah di sekitar pagar yang tidak menampung air dengan lama, melainkan harus cepat kering

Pesan Segera yuk BioCide Insecticide!

Dapatkan BioCide Insecticide dan buat agar kayu pagar Anda lebih awet! Sebagaimana disebut di atas, salah satu cara untuk menjaga kayu pagar lebih awet adalah dengan menerapkan perlakuan pengawetan. Dan, BioCide Insecticide adalah produk paling tepat digunakan.

Kami menyediakan insektisida ini untuk Anda dan bisa dipesan secara daring ataupun secara langsung. Pembelian secara langsung bisa Anda lakukan di Bio Service Point. Bio Service Point saat ini berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Anda bisa bertemu langsung dengan CS dan teknisi kami sehingga bisa menanyakan produk ini lebih leluasa.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Di antiserangga.com, terdapat kontak Customer Service yang bisa Anda hubungi. Via kontak tersebut, Anda bisa melakukan pemesanan secara daring. Dapatkan insektisida ini dengan mengirimkan data pemesanan berupa nama Anda sebagai pemesan, alat pengiriman, dan juga jumlah BioCide yang dipesan. Setelah Anda melakukan pembayaran dan mengirimkan buktinya pada kami, kami akan segera memroses produk tersebut dan memberikan nomor resi kepada Anda. Anda pun tinggal menunggu produk tersebut sampai di alamat yang dikehendaki.

Sangat mudah bukan? Bersama BioCide Insecticide, jadikan kayu pagar lebih awet sampai bertahun-tahun lamanya.

Kesimpulan

Memiliki pagar dari kayu adalah salah satu cara paling mudah untuk membuat rumah semakin menawan. Sayangnya, keindahan pagar dari kayu yang menawan tersebut kadang lebih cepat dari yang kita harapkan. Apalagi bila kita menggunakan kayu yang kurang awet. Oleh sebab itulah, berbagai kiat harus dilakukan. Salah satu yang paling bisa dilakukan adalah dengan menggunakan finishing yang tepat, menerapkan perlakuan pengawetan, dan melakukan perawatan secara berkala. Ketiga hal ini akan membuat kayu pagar Anda lebih tahan lama dan juga tidak mudah rusak.

SHARE

Leave a Reply