Bahas Tuntas Mata Kayu di Sini!

Pernahkah Anda melihat furniture dengan tampilan seperti di atas? Terdapat pola bulatan unik yang disebut sebagai mata kayu. Seperti apa dan apa saja implikasi keberadaan wood knot? Di artikel ini, kami tim antiserangga.com akan memberikan ulasannya untuk Anda.

Kayu merupakan suatu material yang memiliki karakteristik spesifik. Karakteristik kayu dipengaruhi aspek-aspek pada kayu itu sendiri mulai dari kekuatan, ketahanan, sampai dengan warnanya. Nah, satu di antara aspek yang sangat perlu diperhatikan bagi Anda yang hendak menggunakan kayu adalah wood knot.

Pengertian Mata Kayu

Mata kayu atau wood knot adalah suatu struktur yang bisa diakibatkan oleh 2 hal. Pertama, bekas cabang pada kayu yang sudah tua dan patah. Kedua, disebabkan fenomena tunas dorman.

mata kayu (2)

Pada sebab yang pertama, kemunculan knot terjadi karena memang tidak seluruh cabang akan tumbang. Suatu cabang pada batang pohon bisa saja dipotong, rubuh karena diserang hama, dan lain sebagainya, namun secara umum, bagian dorsal atau dasar cabang tersebut tetap akan bertahan. Sebab, struktur tersebut berada dalam masuk dalam substrat kayu. Adapun pada sebab yang kedua, cabang dorman adalah cabang yang tidak tumbuh meski dasarnya sudah ada.

Kelebihan Mata Kayu dalam Industri Pengolahan Kayu

Fenomena wood knot secara umum memberikan dampak negatif terhadap kualitas teknis kayu. Namun demikian, dari segi estetika, knot justru bisa membuat kayu dianggap indah lho. Misalnya saja kayu pinus atau yang dalam Bahasa Inggris disebut wood pine. Karena memiliki banyak knot, kayu ini sering dicari untuk konstruksi sampai pembuatan furniture dengan tema vintage. Ya, adanya knot yang memberikan warna tidak seragam dan pola membulat ternyata bisa dianggap menarik juga oleh banyak kalangan.

Kekurangan Mata Kayu

  • Menyebabkan warna kayu tidak seragam. Pola kayu juga tidak lagi kontinyu.
  • Seringkali menimbulkan fenomena bleeding pasca finishing.
  • Membuat tingkat kekuatan kayu menurun. Kayu yang memiliki banyak knot akan makin menurun kualitas kekuatannya.
  • Menyebabkan peningkatan keretakan kayu.
  • Meningkatkan kesulitan tingkat pengolahan kayu secara umum. Banyak pengrajin yang kemudian menghindari kayu dengan banyak knot.

Kayu yang Memiliki Banyak Wood Knot

Meski memiliki banyak kekurangan, namun sebagaimana disebut di atas, kayu yang memiliki banyak knot juga memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri. Pine wood pun telah digunakan oleh banyak kalangan sampai saat ini.

Selain kayu pinus masih banyak lagi contoh kayu lainnya yang juga memiliki mata kayu dalam jumlah signifikan. Biasanya kayu-kayu tersebut berasa ari golongan tumbuhan konifer, misalnya firr dan white cedar.

alterntif text

Kayu-kayu di atas seringkali dicari untuk pembuatan pintu, board skirting, pembuatan furniture tema vintage dan tema tua lainnya, dan lain sebagainya.

Simpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari penjelasan di atas? Pada dasarnya, terdapat beberapa hal yang telah kita pelajari.

  • Keberadaan wood knot atau mata kayu merupakan hal alami dan terkait dengan pertumbuhan kayu sebagai batang atau cabang pohon.
  • Banyaknya dan sifat wood knot terkait erat pada spesies pohon asal kayu. Beberapa pohon menghasilkan lebih banyak mata dibanding pohon dari spesies lainnya.
  • Secara umum, dari segi teknis, keberadaan knot ini menyebabkan penurunan kualitas, mulai dari kekuatan kayu yang berkurang hingga peningkatan keretakan kayu.
  • Meski dari segi teknis menimbulkan kekurangan-kekurangan, namun dari segi estetika, justru keberadaan mata pada kayu justru bisa meningkatkan keindahan produk.
  • Mengingat poin-poin di atas, sebagai pelaku usaha mebel, kerajinan, dan konstruksi, mestinya kita mempertimbangkan trait kayu terkait aspek ini sebelum memutuskan membeli kayu untuk suatu kebutuhan spesifik.

Apapun Kayunya, Jangan Lupa Lakukan Pengawetan

Di atas, kita telah membahas mengenai mata kayu atau wood knot. Keberadaan wood knot sebagaimana disebut di atas memberikan kelebihan sekaligus kekurangan. Dalam memilih kayu yang hendak digunakan, trait atau karakteristik ini wajib diperhatikan. Tapi apapun itu, jangan lupa untuk selalu melakukan treatment pengawetan.

Treatment pengawetan adalah usaha untuk membuat kayu lebih tahan lama. Kenapa kami tiba-tiba menyarankan hal ini? Terdapat dua alasan. Pertama, 85% kayu di Indonesia memiliki keawetan sangat rendah dan hanya bisa bertahan 5 tahun. Kedua, kesadaran untuk melakukan pengawetan di antara para pelaku usaha pun ironisnya masih sangat terbatas.

Oleh sebab itulah kami selalu menekankan untuk dilakukannya treatment pengawetan. Treatment bisa dilakukan dengan meresapkan obat pengawet berupa anti hama. Dengan cara ini, kayu jadi tahan lama dan bisa bertahan sampai puluhan tahun. Kami juga menyediakan BioCide Insecticide sebagai obat pengawet untuk kebutuhan Anda.

BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida yang kami sarankan untuk kebutuhan pengawetan berbagai jenis kayu, baik kayu yang memiliki banyak mata kayu ataupun yang tidak. Rekomendasi ini didasarkan tidak sekadar pada alas an bahwa kamilah penyedia BioCide. Keunggulan BioCide telah teruji di lapangan dan telah banyak membantu pelaku usaha di bidang mebel, kerajinan, sampai konstruksi (bangunan dan alat transportasi). Berikut ini keunggulan-keunggulan BioCide Insecticide.

BioCide Insectidide memberikan pengawetan yang tahan lama dengan perlindungan maksimal terhadap berbagai jenis serangga mulai dari rayap, semut, sampai kumbang totor.
BioCide Insecticide lebih mudah digunakan. Produk ini bisa diaplikasikan dengan berbagai treatment pengawetan dengan hasil sama baiknya karena tingkat resapan atau penetrasinya sangat baik.
Secara umum lebih aman digunakan baik untuk para pekerja atau untu alam.
Hasil pengawetan tidak menimbulkan efek samping seperti kayu yang jadi sulit dicat pasca pengawetan oil based.
Lebih murah dan hemat digunakan, dengan harga terjangkau dan penggunaan hemat karena konsentrasinya tinggi.

Begini Cara Memesan BioCide Insecticide
Yuk, segera beli BioCide Insecticide sekarang juga! Pembelian BioCide bisa dilakukan dengan cara sangat mudah. Selain bisa membeli di Bio Service Point, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online. Hubungi saja CS kami dan Anda akan dipandu dengan sangat ramah dan profesional. Anda juga bisa membeli secara online di marketplace lho. Kami sengaja membuka opsi pembelian di online shop mengingat banyak pelanggan kami yang terbiasa belanja di toko daring mulai dari Tokopedia sampai Shopee.
Nah, sekiranya inilah yang bisa tim antiserangga.com bagikan kepada pembaca. Pada akhirnya, wood knot atau mata kayu adalah salah satu trait atau karakteristik yang bisa memengaruhi kualitas kayu. Keberadaan wood knot sendiri terkait erat dengan pertumbuhan suatu pohon. Beberapa spesies pohon secara alamiah menghasilkan mata kayu yang lebih banyak dibanding spesies pohon yang lain. Sebagai pelaku usaha di bidang perkayuan, variasi kayu dalam aspek ini mestinya bisa kita perhatikan saat memutuskan untuk memilih kayu untuk suatu kebutuhan.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terus ikuti berbagai artikel lainnya di antiserangga.com dan jangan lupa untuk selalu menggunakan BioCide Insecticide.

Bahas Tuntas Mata Kayu di Sini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply