furnitur patio taman

Cara Mencegah Hama Perusak Furnitur Patio

Untuk memastikan kualitasnya terjaga dengan baik, Anda harus mengetahui cara mencegah hama perusak furnitur patio. Sulit untuk mengalahkan pengalaman bersantai di taman dengan menggunakan satu set mebel teras penuh yang kualitasnya prima.

Anda dapat bersantai di gazebo, furnitur, atau cabana, dan bahkan pekebunan dengan menikmati alam bebas. Tetapi bagaimana jika meja, kursi, dan meja kopi yang Anda gunakan tersebut justru mengalami kerusakan?

promo produk natural oil dan sanding sealer

Tanda-tanda Furnitur Patio Anda Mengalami Kerusakan Akibat Serangan Hama

seranggan hama perusak kayu
kumbang pengebor kayu

Terdapat beberapa tips dan trik untuk Anda agar dapat memesan furnitur teras berkualitas. Termasuk mencegah kerusakan yang bisa muncul pada saat penggunaannya akibat serangan hama. Berikut adalah beberapa tanda yang dapat diperhatikan:

 

 

 

  1. Ada bekas jejak kaki hewan

    Ada baiknya untuk memeriksa jika ada jejak kaki yang terlihat. Jika tidak, taburi tanah dengan tepung, kapur taman, atau pasir di sekitar area penggunaan mebel. Anda dapat melakukannya di malam hari sebelum tidur. Ketika Anda bangun, periksa untuk melihat apakah ada cetakan atau jejak kaki yang mengganggu di area tersebut. Hama pengganggu mungkin memiliki setidaknya dua cara masuk dan keluar untuk pelarian yang mudah.

  2. Ada sisa kotoran hewan

    Hama tersebut kemungkinan akan meninggalkan kotorannya di sekitar area taman tempat Anda menggunakan mebel.

  3. Muncul beberapa kerusakan pada kayu

    Tidak semua hewan meninggalkan kerusakan yang sama. Beberapa mamalia akan mengunyah kayu, sedangkan kebanyakan burung tidak. Beberapa ada pula yang menggali rumput di antara batu teras untuk mencari sumber makanan.

Hewan Apa yang Harus Diperhatikan?

mencegah hama perusak furnitur
serangga teter pada kayu, salah satu organisme perusak kayu

Ada beberapa jenis hewan yang harus Anda waspadai dan berpotensi menjadi hama perusak mebel teras. Berikut adalah beberapa di antaranya:

promo produk biocide surface film preservative
  • Burung

    Burung hanya membutuhkan tikar horizontal kecil untuk beristirahat dan menyimpan telur. Dengan pintu masuk yang cukup lebar untuk terbang keluar. Potensi kerusakan mebel akibat burung tentu cukup besar.

  • Serangga

    Serangga seperti tawon maupun rayap tentu dapat menjadi perusak furnitur patio Anda. Terlebih jika Anda meninggalkan remahan atau potongan sisa makanan. Hal tersebut dapat menarik lalat atau lalat buah untuk datang dan menyebabkan kekacauan pada mebel teras Anda.

  • Kucing

    Terkadang, tetangga Anda membiarkan kucing mereka berkeliaran dengan bebas. Kucing sering menjadikan furnitur teras sebagai sarang sementara yang nyaman untuk digunakan.

Cara Mencegah Hama Perusak Furnitur Patio

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hama perusak furniture patio beraksi. Anda bisa melakukan langkah pencegahan di bawah ini sebagai tindakan preventif.

1. Pilih Bahan Berkualitas

Jati adalah kayu penolak serangga alami, sehingga Anda dapat fokus untuk mencegah serangan hama lainnya seperti burung dan mamalia kecil. Jati memiliki manfaat perawatan dan estetika yang baik.

furnitur patio berkualitas
patio outdoor furnitur

Anda mungkin juga harus menggunakan cat anti karat atau bahan lain yang mencegah karat jika ingin menggunakan mebel dari bahan besi maupun logam. Selalu perhatikan kualitas bahan yang Anda pilih. Karena bahan yang berkualitas tentunya akan membuat mebel memiliki kualitas yang baik pula. Sehingga ketahanannya terhadap pengaruh serangan hama dapat lebih diminimalisir.

2. Menggunakan Insektisida

Bahan anti serangga atau insektisida dapat diandalkan untuk mengusir sebagian besar hewan. Jadi, penggunaan bahan yang satu ini tentu bisa menjadi andalan Anda.

keunggulan biocide insecticide

Tetapi jika Anda tidak ingin pakaian Anda berbau seperti obat anti serangga setelah duduk di mebel taman, Anda perlu membatasi penggunaannya. Aplikasikan saja pada area tertentu seperti pada bagian kaki meja, punggung kursi dan lain sebagainya. Anda juga dapat menggunakan obat anti serangga untuk mencegah hewan untuk bersarang dan memakan lapisan kayu pada mebel. Tentunya, gunakan insektisida dengan kualitas terbaik seperti Biocide Insecticide.

3. Capcaisin

Bahan kimia yang membuat makanan pedas disebut dengan capsaicin. Bahan ini sebenarnya akan menjengkelkan jika diaplikasikan bagi mamalia. Jadi dengan menyebarkannya di permukaan kayu pasti akan menghalangi hewan untuk mengunyahnya. Cabai adalah sumber alami, tetapi Anda juga dapat membeli konsentrasi capsaicin yang lebih tinggi. Yang terbaik adalah mengaplikasikannya di area mana pun yang Anda curigai akan ada kerusakan kayu akibat serangan hama.

4. Cuka

Cara mencegah hama perusak furnitur patio yang selanjutnya bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan cuka. Larutan cuka dan air cenderung optimal digunakan sebagai bahan untuk menjauhkan kucing dan mamalia lainnya, dan memiliki bau yang tidak menyengat. Anda bisa menyemprotkannya ke meja kopi, bantal, dan sandaran tangan. Penyemprotan larutan cuka bisa Anda lakukan sebagai perawatan rutin untuk menjaga kualitas furniture patio yang Anda miliki.

5. Kapur Barus

Anda bisa menggunakan kapur barus dan menyimpannya di dalam bagian furniture. Jika Anda memiliki kursi dengan tipe kotak yang memiliki interior berongga, kapur barus dapat Anda masukkan ke dalam rongga-rongga tersebut. Kapur barus dapat bekerja lebih baik jika disimpan pada ruang tertutup juga. Pemakaiannya yang mudah dapat menjadi nilai keunggulan yang perlu Anda perhatikan.

6. Perhatikan Penggunaan Mebel Saat Musim Hujan atau Musim Dingin

Jika Anda tertarik untuk bersantai teras saat musim hujan dengan kondisi kelembaban lingkungan tinggi, Anda harus memastikan mebel dalam keadaan prima pula. Usir beberapa hewan kecil terutama serangga yang akan secara rutin berada di sekitar furnitur patio Anda.

Namun sebaiknya, gunakanlah gudang untuk menyimpan mebel teras Anda selama musim hujan. Atau jika ingin tetap menggunakannya, beri penutup untuk menjaga agar hujan tidak langsung mengenai perabot kesayangan Anda. Itulah beberapa cara mencegah hama perusak furnitur patio yang bisa dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat!

promo produk white agent wa-250