Inilah Keuntungan Pengawetan Kayu Cendana

Salah satu alasan dilakukannya pengawetan kayu cendana tentu disebabkan karena usaha tersebut mendatangkan keuntungan. Tapi sebelum lebih jauh membahas manfaat proses ini, ada baiknya diketahui dulu mengenai treatment pengawetan material tersebut.

Pengawetan Kayu Cendana: Alasan dan Sekilas Prosesnya

Treatment pengawetan cendana sebenarnya tidak begitu berbeda dengan treatment pengawetan kayu lain. Pada dasarnya, obat pengawet yang digunakan diresapkan ke dalam substrat kayu. Obat pengawet yang dimaksud bisa berupa antiserangga maupun antijamur. Fungsinya, agar kayu tidak diserang berbagai hama perusak seperti kumbang bubuk, rayap, jamur, dll.

Metode aplikasi yang bisa dipilih beragam dari perendaman, pengkuasa, hingga vakum tekan. Metode vakum tekan adalah metode meresapkan bahan pengawet pada kayu di dalam ruang kedap udara dengan tekanan yang bisa diatur. Dibanding metode lainnya, metode ini adalah yang paling efektif, namun memakan biaya sangat mahal.

Memperpanjang Usia Pakai Kayu dengan Finishing

Selain aplikasi bahan pengawet, proses pengawetan juga dapat dikuatkan dengan proteksi bahan finishing atau cat. Penggunaan cat, baik cat warna solid atau transparan jelas akan membuat kayu lebih terlindung dari berbagai hama yang menyerang. Jadi, membeli produk cat berkualitas dan mengaplikasikannya dengan tepat adalah salah satu usaha pengawetan itu sendiri.

Memiliki Tantangan Tersendiri

Hanya saja, treatment pengawetan kayu cendana memang memiliki tantangan tersendiri. Cendana sebagai kayu yang terkenal wangi tentu rentan turun nilai jualnya dengan aplikasi bahan-bahan yang berbau menyengat. Fungisida dan insektisida pun bukan pengecualian. Jadi, usaha preservation harus dilakukan sehati-hati mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang diinginkan.

4 Manfaat Keuntungan Pengawetan Kayu Cendana

  1. keuntungan pengawetan kayu cendana
    Kerajinan dari kayu cendana

    Meningkatkan usia pakai kayu, sebab kayu tak lagi mudah dirusak serangga maupun jamur.

  2. Memperlancar alur proses dalam industri woodworking karena kayu tidak mudah rusak diserang hama
  3. Meningkatkan nilai jual kayu terasnya
  4. Mencegah penebangan liar kayu cendana dengan produk yang awet dan tak mudah rusak

Informasi Bahan Finishing dan Produk Pengawetan Kayu Cendana

Silahkan hubungi kami via email info(at)bioindustries.co.id, telp +62.274.388.301, atau SMS sertaWA +6287839346433 untuk mendapatkan informasi mengenai produk pengawet serta bahan finishing yang baik untuk kayu cendana. Anda juga dapat berkunjung ke head office kami di Jalan Sidikan no 94 Yogyakarta serta kantor cabang di Cirebon maupun Jepara.

Inilah Keuntungan Pengawetan Kayu Cendana

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply