Dessicant Pole Berubah Menjadi Gel

0
315
Dessicant Pole Berubah Menjadi Gel

Barang atau bahan yang bisa dikonsumsi apabila disimpan dalam waktu yang lama memungkinkan cepat rusak apabila tidak diperhatikan dan dirawat dengan baik. Hal ini seringkali terjadi di masyarakat karena mengabaikan kondisi barang sehingga dalam waktu satu tahun barang tersebut mudah rusak. Begitu pula pada makanan ringan yang disimpan dalam toples akan cepat membusuk atau berbau dalam jangka waktu sekian bulan karena tidak ada penggantian udara.

Dessicant Pole Berubah Menjadi Gel

Untuk mengatasi permasalah tersebut diantaranya adalah dengan silica gel yang bertujuan untuk mengurangi kelembaban udara yang menjadi pemicu munculknya jamur atau bakteri. Kelembaban udara yang tinggi menjadi pemicu produk mudah rusak sehingga perlu adanya silica gel. Lalu bagaimana dengan penyimpanan dalam ruang yang lebih luas seperti gudang dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah pada ruang penyimpanan yang memiliki ukuran lebih luas maka menggunakan dessicant pole. Dessicant pole berubah menjadi gel apabila sudah mencangkup kapasitas maksimal dalam menyerap kelembaban udara sekitar.

Dessicant Pole Untuk Ruang Penyimpanan

Dessicant pole seperti halnya dengan silica gel yang bertujuan untuk menyerap kelembaban udara. Bahkan penyerap kelembaban ini juga memiliki tingkat keamanan seperti halnya dengan silica gel. Ya, silica gel juga memiliki produk yang berbahaya untuk makanan seperti silica gel biru sedangkan silica gel yang sangat aman untuk bahan yang dikonsumsi adalah silica gel natural. Sedangkan dessicant pole yang akan dibahas pada kali ini adalah penyerap kelembaban yang aman digunakan.

Dessicant pole ini sangat aman digunakan bahkan untuk menyerap kelembaban udara pada ruang penyimpanan makanan atau bahan yang dikonsumsi lainnya karena tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya (bebas dari DMF). Bahkan dessicant pole ini sudah memenuhi standar regulasi SGS International yang mana penyerap kelembaban tersebut bisa digunakan untuk pengiriman barang ke berbagai negara. Kenapa harus memenuhi standari SGS International ketika akan pengiriman barang ke luar negeri? Berbagai negara maju di sebagian Asia, Amerika atau bahkan Eropa sangat memperhatikan keamanan bahan sehingga tidak menjadi pemicu kerusakan sistem organ atau merusak lingkungan lainnya. Bahkan Amerika da Eropa memiliki standar keamanan sendiri untuk menjaga barang yang masuk dipastikan aman ketika dikonsumsi atau digunakan di negaranya tersebut.

Ketika pengiriman barang maka sangat penting untuk memperhatikan kandungan bahan yang digunakan agar bisa dipastikan bisa diterima di negara tujuan tersebut. Dessicant pole dipastikan aman digunakan karena dessicant pole berubah menjadi gel ketika kapasitas kelembaban sudah maksimal sehingga tidak membuat dessicant pole tersebut bocor selama dalam kontainer.

Selama pengiriman alangkah baiknya untuk memperhatikan secara berskala keadaan dari dessicant pole tersebut agar bisa diganti dengan yang baru ketika penyerap kelembaban tersebut sudah tidak aktif. Jika melebihi masa aktif dan tidak mampu menyerap kelembaban dengan sempurna maka kemungkinan-kemungkinan yang dikhawatirkan akan terjadi. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu mempehatikan kondisi dari dessicant pole tersebut.

Dessicant Pole Berubah Menjadi Gel

Dessicant pole merupakan penyerap kelembaban yang terbuat dari bahan yang aman dan ramah lingkungan karena terbuat dari kombinasi bahan chemical absorbent sehingga tidak menyebabkan gangguan kesehatan maupun mengurangi kualitas produk yang disimpan. Terlebih untuk digunakan dalam kontainer sebab dessicant pole sangat cocok digunakan untuk ruang yang rentan mengalami kondensasi ketika kelembaban udara menurun. Bahkan dessicant pole tersebut mampu menjadi gel ketika sudah menampung molekul air di udara secara optimal.

Dessicant Pole Berubah Menjadi Gel
Penyerap Lembab Juga Bisa Digunakan Pada Ruangan Penyimpanan.

Sebab ketika pengiriman barang antar pulau atau antar negara  maka perubahan cuaca juga akan terjadi sehingga menyebabkan kelembaban udara menurun atau sebaliknya. Hal ini tidak boleh dianggap sepele, meskipun kelembaban udara menurun maka keadaan barang kemungkinan rusak karena udara akan mudah menguap.

Selain kandungannya yang aman, dessicant pole juga memiliki keunggulan-keunggulan lainnya diantaranya adalah

  • Memiliki kemampuan untuk mengurangi bau yang disebabkan oleh jamur atau bakteri ketika disimpan dalam waktu yang lama
  • Dessicant pole juga mampu mencegah pengkaratan yang diakibatkan oleh molekul air yang cukup tinggi di sekitarnya
  • Memiliki kemampuan untuk mencegah terjadinya oksidasi dan dekondensasi karena kelembaban udara yang menurun.

Maka dari itu, dessicant pole ini sangat cocok digunakan untuk menyerap kelembaban udara baik ketika untuk gudang maupun kontainer. Sedangkan untuk penggunaan dessicant pole ini juga sangat sederhana yakni cukup digantungkan ke dinding gudang atau kontainer.

Dessicant Pole Berubah Menjadi GelAnda cukup gantungkan dessicant pole ke dinding dengan jarak yang sama. Jika kontainer berukuran sekisar 20 feet maka gunakan dessicant pole sekisar 5 hingga 10 unit sedangkan apabila ukuran kontainer sekisar 40 feet maka gunakan 10 hingga 15 unit. Robek plastik dessicant pole sesuai dengan petunjuk dalam kemasan. Kemudian gantungkan da tutup kontainer dengan rapat agar udara di luar tidak masuk ke dalam kontainer tersebut.

Dessicant pole tidak hanya bisa digunakan untuk gudang maupun kontainer saja melainkan juga bisa digunakan untuk kamar, lemari dll. Mungkin diantara masyarakat masih kebingungan ketika musim hujan karena menyebabkan keadaan ruang menjadi semakin lembab. Tidak menutup kemungkinan keadaan ruangan tersebut menjadi bau pengap, pada umumnya banyak yang mengurangi masalah tersebut dengan kipas angin atau membuka jendela dan pintu. Namun, hal ini tidak mengurangi kelembaban udara dalam ruangan, alhasil keadaan barang seperti sepatu, tas atau barang dari kulit dan bahkan furniture kayu akan mudah terserang jamur.

Memang untuk mengurangi udara yang lembab bisa dilakukan beberapa hal diantaranya adalah menerapkan genteng kaca, jendela yang terbuat dari kaca agar cahaya matahari bisa masuk. Cahaya matahari ini bisa mengurangi udara lembab sehingga keadaan dalam ruangan bisa stabil kembali. Namun apabila rumah Anda memiliki desain yang tertutup maka Anda perlu menerapkan penyerap kelembaban. Pastikan untuk tidak menaruh penampung air dalam ruangan sebab molekul air dalam ruangan bisa semakin meningkat.

Anda bisa menaruh dessicant pole di dalam rumah Anda dengan cara penggunaan seperti penggunaan pada kontainer sehingga kelembaban udara bisa terserap dengan sempurna. Dengan demikian, barang-barang sekitar Anda bisa terjaga dengan baik. Jangan khawatir dengan kandungan bahan dari dessicant ini sebab tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya sehingga tidak mengganggu kesehatan dari peghuni rumah.

Masa aktif dari dessicant pole ini hampir sama dengan masa aktif silica gel yang mana tergantung dari kapasitas penyerapan kelembaban udara. Sehingga dessicant pole tidak bisa digunakan dalam sekali pakai saja melainkan harus diganti dengan yang baru apabila daya aktif dari dessicant pole tersebut sudah habis. Maka dari itu, baik ketika untuk penyimpanan, pengirima barang atau digunakan untuk menyerap kelembaban pada rumah harus selalu di cek keadaan dari dessicant pole tersebut. Seperti yang disinggung diatas, untuk mengetahui dessicant pole ini masih aktif atau tidak adalah dessicant pole tersebut akan menjadi gel.

SHARE

Leave a Reply