Basmi Jamur pada Permukaan Kayu dengan Biocide Surface Film Preservative

Biocide Surface Film Preservative merupakan bahan anti jamur, anti lumut dan anti bakteri yang serbaguna. Produk ini dapat digunakan pada cat, coating, plester untuk melindungi permukaan lapisan film dari serangan jamur, lumut, bakteri serta micro-organisme perusak. Penggunaannya dapat dilakukan untuk kebutuhan exterior maupun interior.

Banyak yang harus diwaspadai terkait kondisi kayu akibat adanya lumut dan jamur. Serangan dari kedua organisme perusak ini dapat menyebabkan kerusakan pada kayu dari segi tampilan hingga membuatnya tidak dapat digunakan kembali.

Waspada Serangan Jamur dan Lumut pada Kayu

kayu berjamur

Penggunaan kayu untuk memenuhi berbagai kebutuhan sudah sering dilakukan. Pada berbagai kondisi, penggunaan kayu sudah menjadi kebutuhan yang esensial. Keberadannya kerap tidak dapat dihindarkan lagi karena sudah menjadi bagian yang penting.

Sebagai material yang serbaguna, penggunaan kayu juga begitu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan di area outdoor maupun indoor. Seperti pada saat diolah menjadi furniture outdoor ataupun untuk kebutuhannya sebagai bahan baku kebutuhan konstruksi bangunan. Tentu saat digunakan pada area luar ruangan, pengaruh lingkungan secara langsung menjadi cukup intens mengenai kayu.

Pada pemanfaatannya di posisi exterior, perlindungan pada kayu adalah hal yang sangat penting. Karena jika tidak dilindungi semaksimal mungkin, tentu akan berakibat pada kualitas kayu yang akan semakin menurun. Hal tersebut dapat terjadi karena berbagai faktor, termasuk akibat adanya serangan dari jamur dan juga lumut yang menyerang kayu.

Serangan lumut dan jamur akan sangat berpengaruh pada kondisi kayu jika tidak segera ditangani dengan baik sesegera mungkin. Bukan hanya tampilan kayu yang akan menurun nilai estetikanya, melainkan juga fungsinya. Oleh karena itu, penggunaan bahan pengawet untuk melindungi dan melapisi kayu begitu dibutuhkan.

Penggunaan lapisan pelindung seperti yang diberikan oleh Biocide Surface Film Preservative tentu sangat diperlukan. Pengaplikasian produk ini diperlukan untuk menghadapi serangan jamur dan lumut pada kondisi cuaca ekstrim. Sedangkan pada posisi interior, perlindungan dari bahan antijamur dan lumut ini diperlukan untuk menghadapi kondisi ruangan yang basah dan lembab.

Produk perawatan kayu ini didesain untuk menjadi produk yang aman dan ramah lingkungan dengan sistem water based. Namun, pada pengaplikasiannya Anda tetap dapat menggunakan produk ini melalui sistem solvent based.

Keunggulan Biocide Surface Film Preservative 

Biocide Surface Film Preservative

Penggunaan bahan pengawet kayu khususnya fungisida kayu yang satu ini direkomendasikan bukan tanpa alasan pasti. Karena menjaga kualitas kayu memang hal yang sangat penting dilakukan dalam pemakaian jangka panjang, Anda juga membutuhkan bahan pelindung atau pelapis dengan kualitas terbaik.

Seperti pemakaian produk yang satu ini. Biocide SFP merupakan produk fungisida yang dapat Anda andalkan. Bukti nyata dari kebutuhan penggunaan produk ini yang dapat melindungi kayu adalah berbagai fitur unggulannya. Di antaranya yaitu:

  1. Dapat dicampur dengan penggunaan plester atau cat (lapisan coating) yang berbais air karena termasuk produk water based
  2. Meski didesain dalam sistem water based, namun tetap bisa diaplikasikan maupun digabungkan pengaplikasiannya dengan sistem solvent based sebelum aplikasi pelapisan
  3. Termasuk produk yang relatif lebih aman dan ramah lingkungan
  4. Stabilitas bahan aktifnya cukup lama, dapat bertahan hingga jangka waktu kurang lebih 2 tahun setelah diaplikasikan
  5. Dapat digunakan untuk mengatasi kemunculan jamur, lumut, maupun bakteri pada permukaan media
  6. Media aplikasi produk ini bukan hanya pada kayu, melainkan pada media sejenis lainnya. Seperti bambu, rotan, dan berbagai produk serat alam lainnya
  7. Dapat dicampurkan dengan cat tembok sebagai bahan anti jamur dan anti lumut. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah munculnya lumut pada dinding saat musim hujan atau saat kondisi lingkungan mengalami peningkatan kelembaban.

Itulah beberapa fitur yang menjadi unggulan dari produk fungisida berkualitas ini. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan antijamur dan antilumut untuk melindungi furniture maupun rumah Anda agar lebih aman dan terhindar dari berbagai serangan yang mungkin akan muncul dan merugikan.

Baca juga: BioCide Surface Film Preservative

Bagaimana Cara Pemakaiannya?

Setelah memahami seperti apa kualitas dari produk Biocide SFP yang telah kami rekomendasikan, Anda juga sebaiknya mengetahui bagaimana cara pemakaiannya. Produk antijamur dan antilumut Biocide SFP memang sebaiknya diaplikasikan pada saat awal proses pengolahan kayu dilakukan.

Produk ini dapat digunakan untuk menjadi lapisan sistem coating water based ataupun solvent based. Konsentrasi pemakaian produk ini yang direkomendasikan adalah 0,2% hingga 1% untuk plester. Sementara untuk filler dan coating dapat menggunakan konsentrasi sebesar 0,5% hingga 3,0%.

Akan tetapi rekomendasi tersebut juga masih bersifat umum. Artinya, sebagai pengguna Anda dapat menyesuaikan penggunaan produk ini sesuai dengan kebutuhan dan kondisi. Seperti, kondisi kerentanan kayu terhadap serangan jamur, lumut, maupun bakteri.

Produk ini memiliki kelengkapan data teknis berupa:

  1. Kepadatan 20°C: 1.08 ± 0.05 g/mL ISO 2811-1
  2. Kekentalan: 20°C Max. 100 KU ASTM D-562
  3. Ukuran partikel: Max. 30μm ISO 1524
  4. Kelarutan: larut dalam air
  5. Stabilitas: Produk ini tidak akan mudah terpengaruh dengan perubahan tempertur hingga lebih dari 100°C dan pH pada rentang 4-10.

Baca juga: Ini Dia 3 Contoh Bahan Pengawet Kayu untuk Fungsi yang Berbeda

Petunjuk Keamanan untuk Penggunaannya serta Penyimpanannya

Meskipun produk antijamur dari Biocide SFP ini termasuk produk yang aman, namun saat pengaplikasiannya Anda harus memperhatikan keamanan diri. Alat pelindung diri tetap harus digunakan dengan baik untuk mencegah adanya kecelakaan kerja saat proses pengaplikasian.

Yang harus Anda gunakan saat pengaplikasian Biocide SFP di antaranya:

  1. Pakaian lengan panjang
  2. Celana panjang
  3. Masker
  4. Sarung tangan
  5. Kacamata pelindung, dan
  6. Sepatu

Anda juga tidak boleh makan, minum, ataupun merokok saat sedang bekerja mengaplikasikan bahan anti jamur dan anti lumut ini.

Setelah selesai digunakan, Anda juga harus memperhatikan tempat penyimpanannya. Jika pemakaian bahan anti jamur kayu ini tidak digunakan seluruhnya dan masih ada sisa, pastikan untuk menyimpan di tempat yang aman.

Simpanlah Biocide SFP di tempat yang sejuk dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Jauhkan pula dari panas api dan kelembaban.  Pastikan Anda sudah menutup rapat-rapat tutup pada kemasan produk Biocide SFP jika sudah selesai menggunakannya dan ingin segera menyimpannya karena sudah tidak digunakan kembali.

Itulah beberapa informasi mengenai penggunaan produk Biocide Surface Film Preservative (SFP) yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi serangan jamur pada kayu. Perlindungan lebih dini untuk menjaga kondisi kayu tetap prima menggunakan produk ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Karena sudah terjamin keamanannya pula, maka pemakaian produk ini tidak akan menyebabkan kerusakan pada kayu maupun pada lapisan coating.

Di Manakah Anda Bisa Menemukan Produk Biocide Surface Film Preservative?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, silahkan hubungi kami melaui email di [email protected]

Anda dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini: