Pengawetan Kayu Dari Kumbang Perusak Kayu

0
1746
Kumbang Perusak Kayu
jenis kumbang bubuk perusak kayu

Kayu merupakan bagian yang diambil dari sebuah pohon untuk dimanfaatkan sesuai kebutuhan sehari-hari. Penggunaan kayu ini cukup banyak diminati karena nilai ekonomi dan nilai estetika yang tidak ada tandingannya. Permintaan pasar akan kayu semakin meninggi dari tahun ke tahun. Kayu memiliki jenis dan kekuatan yang beragam. Dari segi harga juga kayu memiliki variasi dari harga yang paling rendah hingga yang paling mahal sekalipun. Masing-masing kayu juga memiliki kelebihan serta kekurangan.

Karena permintaan kayu yang semakin banyak, para produsen biasanya akan melakukan cara menebang kayu lebih dini dibanding usia panen seharusnya. Maka yang terjadi adalah kualitas dari kayu tersebut. Padahal kayu dari negara kita Indonesia ini tidak hanya dikonsumsi oleh peminat dalam negeri, akan tetapi sampai luar negeri sekalipun.

Kekurangan dari kayu yang selama ini diketahui adalah kayu mudah diserang oleh serangga atau kumbang yang dapat merusak kayu sehingga kayu tidak dapat bertahan lama. Jenis serangga yang menyerang pada kayu ini berbeda-beda. Ada rayap, kumbang bubuk, semut dan lebah kayu. Namun yang paling berbahaya dan merugikan kayu adalah jenis kumbang. Kumbang ini akan sangat merugikan karena keberadaannnya akan sangat mengganggu dan jika sudah berkembang biak didalam kayu akan cukup sulit untuk mengobatinya.

Mengenal Jenis-Jenis Kumbang Perusak Kayu

Jenis-jenis kumbang yang sering menyerang pada kayu adalah:

  1. Kumbang Bubuk Kayu

Jenis kumbang kayu ini memiliki ukuran yang tipis dan rata dengan panjang 1-7 mm dan berwarna coklat kemerahan. Hidupnya dengan memakan kayu kering yang sudah tidak dipakai dan kayu itu memiliki sari pati didalamnya seperti kayu ramin, kayu karet dan kayu merbau.

  1. Kumbang Pengebor Kayu

Kumbang pengebor kayu ini terutama tumbuh pada kayu busuk akibat lembab dan jamur. Tetapi juga dapat menyebar pada kayu yang saling berdekatan. Kumbang ini berdiameter sekita 3 – 5 mm dan berwarna coklat tua atau hitam. Kayu yang dimakan kumbang pengebor ini dapat dilihhat pada permukaan kayu yang memiliki lubang.

  1. Kumbang Anobiidae

Kumbang ini bersifat hama yang menyebabkan kerugian pada kayu yang lembab dan tidak keras. Hidupnya dengan mengubah tempat tinggalnya menjadi kotoran lembut dan sedikit keras. Kayu yang dimakan kumbang jenis ini bisa diketahui dengan cara mengetuk kayu. Jika kayu terasa kosong namun ada suara kumbang yang berjalan, berarti kumbang ini sedang menggerogoti kayu.

Kumbang Perusak Kayu
kumbang mengerogoti kayu
  1. Kumbang Sesungut Panjang

Kumbang betina jenis ini bertelur pada pecahan kayu dan berkembang didalamnya. Larva kumbang ini menggali jalur antara getah dan kulit dan menggali lebih dalam seiring dengan perkembangbiakannya. Warna kumbang ini coklat atau hitam dan memiliki bintik-bintik pada rongga dada dan ditutupi rambut tipis. Kumbang jenis ini biasa ditemui pada kayu tua dan batang kayu yang sudah tidak digunakan lagi.

Serangga yang selalu menjadi masalah utama pada kayu ini selalu mengganggu dan bisa membuat para pengusaha di bidang kayu merasa kerepotan untuk menghilangkannya. Karena memang hidup serangga kayu ini didalam kayu, maka pembasmian harus langsung pada kontak serangga agar serangga-serangga tersbut mati dan tidak menyebabkan kerusakan pada kayu.

Serangga yang menyerang Kayu ini akan membuat kayu menjadi laupuk dan mudah rusak. Maka dengan segera serangga ini harus dibasmi sampai tuntas agar kederadaannya tidak merugikan. Serangga perusak kayu ini biasanya berjenis teter. Teter ini akan menggerogoti kayu dan membuat lubang pada kayu. Teter tumbuh dengan cara berorganisasi. Organisme itu juga memakan substrat kayu dan mengubahnya menjadi kotoran bubuk halus yang biasa terjadi pada kayu yang memang sudah parah kerusakannya.

Jika Anda seorang pengusaha yang menggunakan kayu sebagai bahan bakunya, maka Anda lebih baik mencegah kayu dari serangan kumbang yang dapat merusak dan merugikan Anda. Salah satu cara yang paling efektif mencegah kayu dari serangan kumbang perusak kayu adalah dengan cara pengawetan.

Pengawetan kayu bertujuan untuk menghindarkan kayu dari serangan kumbang dalam kurun waktu yang lama. Walaupun pengawet kayu biasanya bertahan berkisar kurang lebih 2-3 tahun, tetapi waktu ini cukup efektif menghindarkan kayu dari serangan kumbang dan menghindarkan Anda dari kerugian yang besar. Biasanya  untuk pengawetan kayu para pengusaha menggunakan obat yang cukup hemat dan mudah cara apliksinya.

Obat pengawet yang aman dan ramah lingkungan ini bisa Anda beli dengan merk Insecticide 100 EC. Obat pengawet ini merupakan bahan pengawet kayu yang diformulasikan untuk mencegah kumbang perusak kayu. Pengawet ini bisa menggunakan air ataupun solvent sebagai bahan campurannya. Namun alangkah lebih aman dan tidak membahayakan bagi kesehatan maupun lingkungan jika Anda menggunakan air sebagai pelarutnya.

Kelebihan Obat Pengawet kayu Insecticide 100 EC

Kelebihan Insecticide 100 EC ini adalah:

  • Diformulasikan dalam konsentrasi yang tinggi dan disesuaikan dengan kebutuhan industri wood working dan konstruksi bangunan
  • Efektif dan efisien membasmi serangga dan berbagai jenis hama kayu dan bangunan lainnya
  • Spektrum organisme target luas, termasuk berbagai jenis rayap dan kumbang bubuk kayu
  • Selain menggunakan pelarut solvent, Insecticide 100 EC juga bisa dilarutkan dengan air sehingga lebih ekonomis, aman dan ramah lingkungan
Kumbang Perusak Kayu
biocide insecticide efektif mengatasi kumbang perusak kayu

Untuk cara aplikasinya, Anda bisa menggunakan beberapa metode yang memungkinkan Anda gunakan. Metode yang bisa digunakan unutk mengawetkan kayu seperti:

  • Menggunakan metode kuas ini cukup mudah dn hemat. Bisanya durniture yng sudah dipakai kan diplikasikan obat pengawet kayu dengan menggunakan metode kuas. Cara ini cukup efektif digunakan pada furniture.
  • Suntik. Untuk kayu yang tidak bisa dijangkau atau kayu yang memiliki lubang sedikit biasanya menggunakan metode suntik ini. Caranya cukup disuntikkan pada lubang kayu.
  • Spray. Metode ini sudah jarang digunakan karena ketika dispray bahan aktifnya bisa terhirup dan sangat berbahaya untuk kesehatan.
  • Rendam. Cara ini adalah cara paling efektif untuk mengatasi teter. Untuk kayu murni direndam setelah ditebang
  • Vakum. Metode ini biasanya digunakan pada industri besar yang mempunyai mesin vakum sendiri. Caranya memasukkan obat ke dalam mesin vakum sesuai prosedur penggunaan mesin.

Bahan aktif Insecticide 100 EC ini adalah permethrine 100g/l (10%) yang bekerja sebagai racun neuroktoksik dan efektif membunuh organisme berdarah dingin dan beberapa hewan berdarah panas. Obat ini cukup aman jika terkena kulit manusia kecuali pada ekspos tertinggi. Penggunaan pengawet Insecticide ini mampu bertahan sekitar 2 tahun lamanya. Jadi Anda bisa aplikasikan kembali obat ini jika sudah 2 tahun agar kayu Anda tetap terbebas dari seranagn serangga yang akan merusak kayu Anda.

Mencegah kayu agar tidak terjadi kerusakan akibat serangan kumbang perusak kayu memang lebih baik dibanding Anda harus mengobati kayu yang sudah terserang kumbang perusak. Karena jika kayu sudah terkena serangan kumbang, maka akan cukup sulit dan memakan waktu lebih lama dibanding Anda mencegah sebelum kayu mulai difinishing. Pada saat prses aplikasi jangan lupa untuk selalu memperhatikan keamanan dengan menggunakan sarung tangan dan masker agar tidak menyebabkan iritasi atau peradangan lainnya.

SHARE

Leave a Reply