Cara Menghaluskan Kayu untuk Mebel dan Konstruksi Lebih Baik

0
48
Cara Menghaluskan Kayu

Bagaimana cara menghaluskan kayu?

Permukaan furniture yang rata, lantai kayu yang halus, sampai permukaan tiang bangunan yang teksturnya licin tidak hadir secara alamiah. Kayu yang merupakan material untuk membuat furniture sampai tiang bangunan tersebut pada dasarnya memiliki tekstur penuh pori yang ketika dipotong akan memberikan permukaan kasar. Beberapa kayu secara alami memang licin, tapi tidak banyak kayu yang by nature memiliki karakter tersebut. Oleh sebab itulah dalam proses woodworking, selain pemotongan kayu ke dalam ukuran yang lebih kecil, juga hampir selalu dilakukan penghalusan kayu.

Untuk Apa Dilakukan Penghalusan Kayu?

Penghalusan kayu memiliki beragam manfaat. Di antaranya adalah:

  1. Membuat permukaan akhir produk kayu lebih berkualitas.Produk seperti kursi juga lebih nyaman untuk diduduki.
  2. Membuat produk akhir kayu lebih aman digunakan. Serat kayu yang lancip bisa melukai pengguna apabila tidak dipotong via penghalusan.
  3. Membuat hasil finishing lebih baik, sebab warna cat akan tampak seragam dengan pantulan cahaya yang sama (karena permukaan sudah rata dan halus)

Bagaimana Cara Menghaluskan Kayu?

Lalu bagaimana proses penghalusan kayu dilakukan? Seringkali orang hanya akan mengatakan bahwa untuk menghaluskan kayu, kita tinggal mengamplasnya saja. Tapi sebetulnya ada teknik-teknik tersendiri yang diperlukan supaya pengerjaan penghalusan kayulebih mudah dan lancar dilakukan. Berikut ini caranya.

Cara Menghaluskan Kayu dengan Amplas

  1. Mulailah dengan amplas nomor 40 dan atau 60. Lakukan menggunakan mesin atau secara manual. Lakukan pengamplasan sampai permukaan material tersebut samar dari goresan, lubang kecil, dan lain sebagainya.
  2. Lanjutkan pengamplasan dengan amplas nomor 80 dan 120. Goresan dan lubang yang masih tersamar di tahapan sebelumnya mesti dihilangkan di tahap ini.
  3. Ketiga, ambil amplas nomor 150 dan 180. Tahapan ketiga ini hanya untuk menyempurnakan tahapan sebelumnya.

Menggunakan Wood Filler

Cara menghaluskan kayu di atas akan berhasil dengan baik pada banyak kasus. Namun di kasus tertentu, seperti saat kayu memiliki lubang yang cukup besar, maka kita perlu menggunakan wood filler sebagai bahan tambal. Wood filler akan menutup lubang tersebut dan tidak akan meninggalkan kontras warna pasca finishing sehingga hasil finishing terlihat lebih seragam.

Menyamakan Warna Kayu Jati Yang Tidak Seragam

Kayu Anda Sudah Halus, Jangan Lupa Awetkan dengan BioCide!

Dengan aplikasi cara menghaluskan kayu di atas, kini Anda memiliki kayu dengan permukaan yang sudah baik untuk difinish. Tapi apakah kayu yang halus saja sudah cukup sebagai persiapan sebelum kayu dicat?

Jawabannya belum. Sebetulnya, ada tahapan lain yang mesti dilakukan apabila Anda ingin melakukan finishing atau bahkan menghaluskan kayu, yakni mengawetkan kayu.

Mengawetkan Kayu?

Ya. Pengawetan kayu adalah usaha untuk meningkatkan masa pakai kayu dengan membuatnya tahan hama seperti jamur, rayap, teter, dan sebagainya. Pengawetan akan mampu menyulap kayu murah yang mudah diserang teter menjadi kayu berkelas keawetan tinggi. Sengon saja bisa bertahan sampai 95 tahun apabila diawetkan dengan baik. Cara mengawetkan kayu sendiri dilakukan dengan meresapkan zat pengawet berupa antirayap, anti teter, atau antijamur ke dalam substrat kayu.

pengawetan agar pagar kayu tahan lama awet

Sebetulnya, beberapa produsen kayu sudah menerapkan obat pengawet pada kayu yang mereka jual/ Jadi, Anda tak perlu melakukan pengawetan ulang. Tapi banyak juga produsen kayu yang masih mengabaikan treatment ini. Selain itu, ketika kayu diamplas dan dipotong, bagian terluar kayu yang diawetkan akan menghilang sehingga mengekspos kayu-kayu yang tidak diresapi obat. Akibatnya, produk kayu nanti akan sangat rentan dimakan jamur, rayap, sampai kumbang bubuk alias teter.

Oleh sebab itulah, jangan lupa awetkan kayu dulu sebelum diamplas. Anda bisa mengawetkan dengan merendam kayu yang sudah dihaluskan dengan amplas ke dalam larutan obat pengawet. Atau, Anda juga bisa memilih cara yang lebih ringkas, yakni dengan menguaskan larutan pengawetnya saja. Mudah sekali, bukan?

Untuk larutan pengawet yang bagus dan benar-benar efektif melindungi kayu, gunakan BioCide Insecticide. Insektisida ini memiliki kemampuan membuat kayu menjadi tahan semut, tahan rayap, tahan kumbang bubuk (teter / totor) dan masih banyak lagi. Kayu-kayu sengon sampai jati belanda telah mampu diubah BioCide menjadi kayu berkelas keawetan tinggi lho!

Ini Dia Kelebihan BioCide sebagai Pengawet Kayu Modern

BioCide Insecticide juga merupakan insektisida untuk bahan kayu memiliki sangat banyak kelebihan. Produk ini unggul dari segi pengawetan sampai metode pengawetannya. Dari segi hasil pengawetan, produk ini akan memberikan perlindungan yang menyeluruh, tidak mudah luntur, dan juga sangat tahan lama. Insektisida ini bisa diandalkan untuk mencegah aneka jenis serangga perusak sekaligus karena merupakan insektisida spektrum luas.

BIOCIDE INSECTICIDE

Dari segi metode, produk ini bisa diaplikasikan dengan berbagai treatment preservasi. Jadi, Anda bisa selalu menggunakannya sesuai dengan kondisi Anda. Berikut ini beberapa poin kelebihan insektisida ini lainnya.

  1. Lebih murah. Jadi budget produksi tak akan membengkak. Produk ini juga tersedia dalam kemasan yang lebih ekonomis.
  2. Lebih hemat digunakan. Sebab konsentrasinya sangat tinggi dan menggunakan pelarut air. Dengan konsentrasi tinggi, penggunaan produk ini tak perlu banyak-banyak.
  3. Lebih aman dan ramah lingkungan, jadi sejalan dengan visi misi industri berbasis kayu yang modern dan sustainable.
  4. Tidak menyebabkan kesulitan-kesulitan seperti kesulitan kayu dicat pasca diawetkan seperti yang banyak terjadi pada kayu yang diawetkan dengan insektisida berbasis oil atau solvent.
  5. Sudah teruji di lapangan dan sudah digunakan banyak pelaku usaha furniture, kerajinan, dan konstruksi bangunan.

Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga

Dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, pada akhirnya BioCide Insecticide memang menjadi insektisida idaman di era woodworking modern. Karenanya, jangan segan untuk segera membeli insektisida pengawet ini sekarang juga.

Untuk pembelian, terdapat beberapa opsi pembelian yang bisa Anda pilih. Opsi pertama, pembelian secara langsung di Bio Servcie Point. Anda bisa bertatap muka dengan CS kami dan mendiskusikan sekaligus membeli produk ini. Kelebihan membeli di Bio Service Point adalah Anda bisa menengok banyak produk kami lainnya. Sebab di Bio Service Point tersedia sangat banyak produk woodworking selain pengawet kayu. Kami juga sedia antijamur sampai cat water based ramah lingkungan.

Bagaimana bila domisili Anda jauh dari Bio Service Point yang terletak di Jepara, Cirebon, dan Yogya? Bila demikian adanya, Anda bisa memilih opsi pembelian secara online. Dengan membeli secara online, Anda memang tak bisa menengok produk kami yang lain. Tapi kelebihannya, Anda tak perlu mengeluarkan waktu dan tenaga untuk datang kemari. Jangan khawatir, baik pembelian online ataupun langsung akan kami layani dengan baik. CS kami juga selalu tersedia untuk Anda yang ingin berdiskusi dan menanyakan produk ini.

Nah, kiranya inilah yang bisa kami sampaikan mengenai cara menghaluskan kayu. Sebagai material yang banyak digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan, kayu memang harus diolah dengan benar. Dan salah satu cara pengolahan kayu yang mesti dilakukan adalah penghalusannya. Penghalusan akan membuat proses finishing menjadi lebih baik sekaligus membuat permukaan produk kayu juga lebih nyaman ketika digunakan. Untuk menghaluskan kayu sendiri bisa digunakan alat seperti amplas maupun bahan seperti filler dan wood putty.

Tapi ingat, sebaik apapun cara menghaluskan kayu yang Anda lakukan, jangan lupa untuk melakukan pengawetan terhadap kayu. Treatment pengawetan akan berpengaruh terhadap usia pakai produk kayu. Gunakan pengawet kayu yang bagus seperti BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Tunggu lagi kami di artikel selanjutnya ya. Kami dari tim antiserangga.com akan terus menyajikan informasi berguna lainnya terkait dengan dunia pengawetan dan pencegahan hama.

SHARE

Leave a Reply