Inilah Alasan Pentingnya Memilih Pengawet Kayu yang Bagus

Mengapa harus memilih pengawet kayu yang bagus? Bagi Anda yang menanyakan pertanyaan tersebut, penjelasan di bawah ini tepat untuk Anda baca. Karena proses pengawetan kayu bukan hanya penting dari segi teknis namun juga bisa memberikan keuntungan besar.

Pentingnya Melakukan Pengawetan Kayu

kayu sebelum pengawetan
kayu sebelum pengawetan

Proses pengawetan kayu ditujukan untuk mempertahankan kualitas kayu. Dengan proses ini, kayu diharapkan menjadi lebih tahan terhadap berbagai paparan yang merugikan. Sayangnya, kesadaran pengusaha Indonesia akan proses ini tidak begitu tinggi.

Penelitian yang dilakukan FAO menunjukkan bahwa pada tahun 1960-an, para pengusaha Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya, tidak begitu menganggap penting proses pengawetan ini. Meskipun kesadaran tersebut semakin meningkat seiring dengan berjalannya waktu.

Namun tetap saja prioritas proses pengawetan kayu di negara kita masih kalah dengan di negara lainnya, terutama yang sudah maju. Kalaupun treatment pengawetan dilakukan, seringkali bahan pengawet yang dipergunakan kualitasnya tidak begitu baik.

Padahal, penggunaan bahan pengawet kayu yang bagus merupakan kunci keberhasilan proses pengawetan kayu. Karena jika kayu sudah memiliki tingkat keawetan yang baik, penggunaannya dalam jangka panjang tentu bisa dicapai.

Peningkatan kualitas kayu juga berpengaruh pada minimnya biaya perawatan atau renovasi yang akan Anda keluarkan. Melakukan perawatan di awal sebelum pengolahan kayu ternyata dapat sangat berpengaruh, termasuk terhadap penggunaan kayu dalam jangka panjang.

Berikut ini 5 alasan yang harus diketahui para pengusaha kayu untuk menggunakan bahan pengawet kayu yang bagus.

5 Alasan Memilih Pengawet Kayu yang Bagus

Kenapa Anda harus memilih produk pengawet kayu yang bagus? Jika Anda memiliki pertanyaan yang sama, 5 alasan berikut ini dapat menjadi jawaban yang tepat.

1. Kondisi Indonesia di Wilayah Tropis

Sebagai negara yang terletak di wilayah tropis, kondisi Indonesia memang tak begitu ramah bagi proses mempertahankan kualitas kayu. Di wilayah tropis, proses dekomposisi terjadi relatif lebih cepat.

Selain karena banyaknya spesies dekomposer, faktor abiotik seperti suhu dan kelembaban yang tinggi juga berpengaruh. Hal tersebut dapat menyebabkan proses biokimia seperti dekomposisi berlangsung lebih cepat.

2. Jumlah Kayu yang Kuat Tidak Begitu Banyak

pengawet kayu jati
Kayu jati emas. Sumber: Seputar Riau

Di negara-negara tropis seperti Indonesia dan Filipina, jumlah kayu yang cukup kuat untuk diolah memang tak begitu banyak. Beberapa jenis kayu yang cukup kuat pun sangat rentan dengan serangan hama.

Namun, masih banyak pula jenis kayu lainnya yang tidak memiliki kekuatan terhadap hama maupun faktor perusak kayu lainnya. Sehingga pengawetan kayu menjadi hal yang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kualitasnya.

Tentunya, Anda juga harus memilih dan menggunakan bahan pengawet kayu dengan kualitas terbaik. Agar hasilnya juga lebih optimal.

3. Jarak Hutan dan Tempat Pengolahan Kayu yang Jauh

Umumnya, lokasi hutan dan tempat pengolahan kayu memiliki jarak yang jauh. Hal ini memperbesar resiko kayu rusak dalam perjalanan bila treatment yang dilakukan tidak menggunakan bahan pengawet kayu yang bagus.

Penggunaan bahan pengawet kayu yang bagus juga berpengaruh dalam hal ini. Sehingga pertimbangan dalam pemakaian berbagai produk untuk treatment kayu terbaik memang sangat diperlukan.

4. Profit Makin Besar

Kayu yang sudah ditreatment memiliki ketahanan yang jauh lebih baik dibanding kayu yang belum ditreatment. Penelitian yang dilakukan FAO menunjukkan bahwa kayu yang sudah ditreatment bisa bertahan 4 hingga 8 kali lebih lama.

Bambu yang sudah ditreatment bahkan bisa bertahan hingga 15 tahun, padahal yang belum ditreatment hanya bisa bertahan maksimal selama 5 tahun. Bila treatment pengawetan yang dilakukan memanfaatkan bahan pengawet kayu yang bagus, tentu hasilnya akan jauh lebih baik lagi.

5. Jalan Masuk ke Negara Maju

Saat ini negara-negara maju, seperti negara maju di Eropa sudah mensyaratkan bahwa kayu impor yang  akan masuk ke wilayah Eropa dan Amerika sudah harus diawetkan terlebih dahulu. Bahan pengawet kayu yang digunakan pun harus yang bagus untuk memenuhi syarat masuk tersebut.

Pilihlah produk pengawetan yang mengandung bahan aktif berkualitas serta aman dan ramah lingkungan untuk digunakan. Sehingga jalan Anda untuk memasarkan kayu maupun produk olahan kayu ke berbagai negara maju di dunia semakin mudah.

Baca juga : Obat Anti Rayap Terbaik untuk Proteksi Maksimal

Rekomendasi Produk Pengawet Kayu yang Bagus

keunggulan biocide insecticide

Kami merekomendasikan Anda menggunakan Biocide Insecticide sebagai salah satu produk pengawet kayu yang bagus. Biocide Insecticide adalah insektisida yang memiliki efektivitas tinggi membunuh organisme targetnya. Jumlah organisme target dari insektisida Biocide ini sendiri sangat luas.

Sehingga Anda bisa menggunakan produk ini bukan hanya untuk mengatasi serangan rayap saja. Tetapi juga serangan dari thether, kumbang bubuk, dan hama lain yang sering menjadi penyebab kerusakan kayu.

Insektisida ini bahkan bisa membunuh tikus yang sering ditemukan menggerogoti kayu. Namun demikian, insektisida ini relatif aman bagi manusia. Kemampuannya untuk larut dalam air, juga menjadikan Biocide Insecticide lebih ekonomis dari insektisida yang lain.

Proses aplikasinya juga lebih mudah dan aman karena tidak membutuhkan bahan pelarut kimia. Anda dapat mengaplikasikan Biocide Insecticide secara fleksibel menggunakan berbagai metode. Di antaranya:

  • Penguasan
  • Metode Spray / Penyemprotan
  • Perendaman
  • Vakum tekan
  • Injeksi

Itulah beberapa hal yang menjadi alasan mengapa Anda bisa memilih produk anti serangga Biocide Insecticide sebagai produk andalan. Anda juga dapat menggunakan produk ini pada media lainnya yang sejenis kayu.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk lakukan perawatan pada kayu dengan menggunakan produk anti serangga berkualitas Biocide Insecticide!

Di Manakah Anda Bisa Memilih dan Menemukan Produk Anti Serangga yang Bagus Biocide Insecticide?

Biocide

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut atau pemesanan mengenai produk ini, bisa melaui e-mail di [email protected]

Anda juga dapat membeli seluruh varian produk dari PT Bio Industri Omnipresen secara online melalui beberapa kanal marketplace kami berikut ini.

Anda juga bisa membeli seluruh produk dari Bioindustries secara langsung di beberapa service point kami berikut ini:

Bio Center Yogyakarta

Jl. Sidikan 94, Surosutan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55162
Phone / fax: 0274 388301
Hp / WhatsApp: Klik Di Sini
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Jepara

Jl. Raya Kudus Km. 9, Ngabul, Tahunan, Jepara, Jawa Tengah 59417
Phone: 0291 598992
e-mail: [email protected]

Bio Service Point Cirebon

Jl. Escot No.42 RT.014/RW.04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat 45154

Phone: 0231 320759
e-mail: [email protected]