Mengenal Kayu Mapel dan Dua Variannya

0
61
kayu maple

Kalau di Indonesia ada jati, merbau, sampai bengkirai, di negeri Paman Sam terdapat mahogany, oak, sampai kayu maple. Nah, kali ini, antiserangga.com akan membahas mengenai kayu yang terakhir disebut tersebut, yakni maple wood!

Seperti Apa Kayu Maple itu?

Kalau Anda familiar dengan segala sesuatu yang berbau Amerika Serikat, Anda pasti sudah tidak asing dengan nama kayu ini. Maple tak jarang disebut dalam beberapa dialog dalam film dan novel Amerika. Kayu ini memang banyak digunakan di sana sebagai pembuat berbagai produk mulai dari mebel sampai untuk membuat kerajinan.

Tapi usut punya usut, sebetulnya maple sendiri bukan istilah yang dipakai untuk merujuk satu jenis kayu saja. Maple merupakan istilah untuk menunjuk sangat banyak jenis kayu yang secara umum bisa dibagi menjadi dua, yakni hard maple dan soft maple. Contoh hard maple yang terkenal adalah sugar maple. Adapun contoh varian lunaknya (soft) adalah Silver, Red Maple dan juga Boxelder.

Karakteristik Hard Maple

Hard maple memiliki kayu gubal dengan warna krim keputihan sedangkan bagian terasnya berwarna coklat kemerahan. Pola seratnya lurus dan kadang ditemukan pola serat burl atau biasa disebut sebagai mata burung. Selain itu, dari tingkat resistensinya, kayu ini lumayan resisten terhadap abrasi dan cenderung stabil selama proses pengeringan. Pohon yang menghasilkan kayu maple keras umumnya memiliki daun yang lebar dan tumbuh di bagian barat Amerika Serikat.

Karakteristik Soft Maple

Soft maple memiliki karakter yang sebetulnya serupa dengan hard maple namun densitasnya lebih rendah. Bagian gubal kayu ini memiliki warna yang sangat putih dengan pola serat yang unik. Adapun, bagian terasnya memiliki warna coklat hingga abu-abu. Dan seperti halnya hard maple, kayu ini stabil dalam proses pengeringan.

Kegunaan Kayu Maple

  1. Hard Maple banyak digunakan untuk membuat lantai (termasuk lantai senam), furniture, veneer, talenan, sampai piring kayu.
  2. Soft Maple banyak digunakan untuk membuat membuat beragam produk kotak kayu, mulai dari kotak perhiasan sampai kotak wadah mainan anak. Seringkali, kotak-kotak ini dihias dengan berbagai pola dekoratif yang artistik.
kerajinan kayu mapel

Apakah Maple Digunakan di Indonesia?

Maple sebagaimana disebut di atas memang merupakan kayu yang banyak dipakai di Amerika. Kayu ini bukan kayu yang banyak diperdagangkan di sini. Meski demikian, beberapa produsen furniture kadang mengimpor kayu ini untuk diolah menjadi furniture, lalu diekspor lagi. Ini dilakukan karena biaya produksi woodworking di Indonesia secara umum lebih murah. Ada kalanya juga, produsen mebel hanya mengimpor produk olahan maple seperti veneer yang terbuat dari kayu ini. Impor veneer yang lebih ringan jelas lebih murah sehingga lebih feasible dilakukan.

Kayu Maple atau Bukan, Perlu Pengawetan yang Baik

Sebagai website yang focus pada treatment anti serangga hama, tak lupa kami selalu mengingatkan pembaca untuk melakukan treatment pengawetan. Kayu apapun yang Anda gunakan baik itu kayu sengon atau kayu mangga, amat perlu diawetkan supaya tidak diserang hama bubuk (teter) ataupun rayap.

Pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat antihama ke dalam kayu, jadi kayu memiliki perlindungan antihama tersendiri. Kayu yang sudah diawetkan akan meningkat masa pakainya sampai 5 hingga 15 kali lipat. Tapi tentu saja kualitas hasil pengawetan ditentukan berbagai faktor. Salah satunya adalah obat pengawet yang digunakan. Dan untuk kebutuhan ini, kami sarankan menggunakan BioCide Insecticide.

7 Kelebihan BioCide Insecticide Dibanding Insektisida lainnya

BioCide Insecticide hadir dengan berbagai keunggulan yang membuatnya menonjol dibanding insektisida lainnya.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Keunggulan pertama, dari segi hasil, pengawetan menggunakan insektisida ini mampu memberikan perlindungan ekstra dengan varian organisme sangat beragam. Ini disebabkan karena 3 hal. Pertama, BioCide mudah meresap dalma kayu, kedua BioCide tidak mudah luntur pasca diaplikasikan, dan ketiga, insektisida ini berspektrum luas yang membuatnya mampu memberikan perlindungan lengkap. Pencegahan rayap sampai kumbang bubuk bisa dilakukan langsung dengan satu insektisida ini.
  2. Keunggulan kedua, produk ini mudah digunakan. Treatment pengawetan menggunakan BioCide bisa diaplikasikan menurut kondisi Anda. Anda bisa menerapkan treatment vakum tekan, rendam, pulas, celup, dan masih banyak lagi.
  3. Keunggulan ketiga, produk ini lebih aman dan ramah lingkungan. BioCide menggunakan zat aktif cypermethrin, pelarut air, dan formula yang secara keseluruhan lebih aman digunakan baik untuk pekerja ataupun dampaknya terhadap alam.
  4. Produk ini lebih terjangkau. Terdapat juga kemasan ekonomis BioCide Insecticide bagi Anda yang ingin berhemat. Penggunaan insektiida ini pun tak perlu dilakukan dengan membeli pelarut solvent. Sebab, Anda hanya perlu menggunakan air untuk melarutkannya.
  5. Insektisida ini lebih hemat dipakai. BioCide tersedia dalam konsentrasi lebih tinggi sehingga pemakaiannya pasti lebih hemat. Apalagi sifat produknya juga lebih efektif mencegah hama.
  6. Keunggulan berikutnya, produk ini tak menyebabkan kayu sukar dicat seperti yang biasanya terjadi pada bahan pengawet berbasis minyak.
  7. Keunggulan ketujuh, produk ini juga sudah terbukti di lapangan. Telah banyak yang bekerja sama dengan kami mengandalkan insektisida ini.

Ayo Beli BioCide Insecticide Sekarang juga

Segera beli BioCide Insecticide sekarang juga. Pembelian insektisida ini selain bisa dilakukan dengan mudah di Bio Service Point, kini juga bisa dilakukan secara online. Anda tak perlu repot-repot ke Bio Service Point (apabila dirasa jauh) dan cukup hubungi saja CS kami. CS kami pun tak hanya melayani pemesanan saja, namun juga terbuka dengan pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda ajukan. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga.

Begini Cara Membeli BioCide Insecticide

Segera beli dan dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga. Produk ini bukan hanya unggul dalam berbagai poin sebagaimana yang disebut di atas, tapi juga sangat mudah untuk dipesan. Ada 3 cara yang bisa Anda pilih untuk membeli produk ini.

  1. Membeli secara langsung. Bio Servcie Point adalah tempat yang tepat untuk membeli produk ini. Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Anda juga bisa membeli produk lainnya di sini mulai dari cat, lem kayu, sampai fungisida.
  2. Membeli secara online di antiserangga. Pembelian di antiserangga.com akan dibantu oleh Customer Service kami yang berpengalaman dan juga profesional.
  3. Pembelian via agen ketiga, yakni lewat marketplace ataupun dari agen kami. Informasi agen kami bisa Anda dapatkan di alamat agen-agen kami.

Mudah bukan cara membeli produk ini? Tapi apapun cara yang Anda pilih untuk membeli produk ini, kami akan pastikan kualitasnya senantiasa bagus.

Nah, kiranya demikian pembahasan kita mengenai kayu maple, baik itu yang hard maupun soft maple. Ingat, kayu apapun yang kita gunakan, jangan lupa untuk selalu mengawetkannya menggunakan insektisida terbaik, BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda, ya!

SHARE

Leave a Reply