Cara Menghilangkan Rayap Di Rumah Paling Ampuh

Untuk mencegah atau mengurangi akibat perusakan rayap telah tersedia suatu cara menghilangkan rayap di rumah paling ampuh. Pada prinsipnya proses pengendalian rayap pada bangunan gedung dan rumah adalah dengan perlakuan tanah (soil treatment) dan menggunakan kayu dengan keawetan tinggi atau kayu yang telah diawetkan (wood treatment).

Ada dua metode atau cara menghilangkan rayap di rumah yang ditentukan menurut saat aplikasi dilakukan yaitu metode pra perlakuan/pra konstruksi (pre-treatment) yang mengacu pada SNI-03-2404-1991 dan pasca perlakuan/pasca kontruksi (post- treatment) yang mengacu pada SNI-03-2405-1991.

Metode pra-treatment atau sebelum menggunakan kayu kontruksi rumah dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu perlakuan khemis dan perlakuan khemis-mekanis (khemek).

Pertama, Perlakuan khemis diterapkan pada pondasi bangunan yang tidak dilengkapi dengan sloof beton bertulang. Tahapan pelaksanaannya sbb:

  1. Setelah parit pondasi selesai digali, dasar parit disemprot larutan obat anti rayap BioCide/obat anti rayap BioCIde dengan dosis 5 liter permeter panjang pondasi.
  2. Setelah pondasi tersusun dan pengurugan mencapai setengahnya, dilakukan penyemprotan pada tanah urugan (back fill) dikedua sisi pondasi. Jumlah larutan semprot pada masing-masing sisi sebesar 5 liter larutan obat anti rayap BioCide per 30 cm kedalaman pondasi dengan lebar 20 cm.
  3. Setelah pengurugan tanah selesai, dilakukan penyemprotan pada kedua sisi pondasi dengan jumlah larutan semprot 5 liter per meter panjang pondasi.
  4. Penyemprotan permukaan tanah yang akan tertutup lantai. Penyemprotan ini merupakan tahap akhir yaitu setelah penyemprotan disekitar pondasi selesai dilaksanakan. Dosis penyemprotan permukaan tanah yang akan tertutup lantai adalah 5 liter per meter persegi. Setelah semuanya selesai, maka tanah disekitar pondasi serta dibawah lantai menjadi beracun sehingga rayap tidak lagi dapat menembusnya (obat anti rayap BioCide berperan sebagai rintangan khemis atau chemical barier)

Kedua, cara menghilangkan rayap di rumah dengan perlakuan khemis-mekanis diterapkan pada pondasi bangunan yang dilengkapi dengan sloof beton bertulang. Tahapan pelaksanaannya sbb:

  1. Setelah parit pondasi diurug, kedua sisinya diinjeksi larutan obat anti rayap BioCide dengan dosis 5 liter per meter panjang pondasi setiap sisinya dengan kedalaman 30 cm.
  2. Sloof dan dinding pondasi serta tempat-tempat rentan rayap disemprot larutan obat anti rayap BioCide dengan dosis 4-7,5 liter per meter persegi permukaan tergantung kebutuhan.
  3. Penyemprotan tanah yang akan tertutup lantai dilakukan setelah penyemprotan disekeliling pondasi dan persiapan tanah untuk pemasangan lantai sudah selesai dilaksanakan. Setelah semua proses selesai ,maka tanah disekitar pondasi serta dibawah lantai menjadi beracun sehingga rayap tanah tidak lagi dapat menembusnya.

Metode post-treatment atau metode yang dilakukan setelah kontruksi, atau bisa disebut perawatan rumah dari serangan rayap, merupakan metode pengendalian untuk menghilangkan dan melindungi bangunan yang telah terserang rayap. Pemilihan tindakan pengendalian memerlukan pemahaman yang baik terhadap karakteristik rayap yang menyerang bangunan, kondisi lingkungan maupun kondisi bangunan yang terserang itu sendiri. Metode ini meliputi:

  1. 1. Perlakuan tanah pasca konstruksi

Perlakuan tanah dengan injeksi obat anti rayap BioCide pada bangunan yang telah terserang rayap merupakan teknologi yang banyak dipakai sekarang ini, sekaligus cara menghilangkan rayap di rumah paling ampuh. Obat anti rayap BioCide digunakan untuk mengisolasi bangunan dari koloni rayap yang berada dibawah bangunan sehingga rayap yang telah menginfestasi bangunan akan terputus dengan sarangnya. Perlakuan tanah pasca konstruksi dilakukan dengan menggunakan penyemprot bertekanan tinggi (power sprayer) yang berfungsi untuk memasukkan obat anti rayap BioCide ke permukaan tanah dibawah lantai bangunan sehingga obat pembunuh rayap paling ampuh BioCide dapat menyebar secara merata.

Sebelum tindakan tersebut, terlebih dahulu permukaan lantai sepanjang pondasi dibor dengan jarak sekitar 30-40cm sehingga terbentuk lubang yang berhubungan dengan tanah sebagai tempat dimana penyemprotan dilakukan. Sementara itu, kayu yang terserang jika masih layak dipakai dapat dilubangi dan diberi perlakuan obat anti rayap BioCide dengan teknik injeksi atau penyemprotan.

  1. Pemberian Obat Anti Rayap Pada Kusen Pintu, Jendela, Tiang Dan Kayu Lainnya

Gunakan BioCide Insecticide 130 gr pada kusen pintu, jendela dan tiang kayu Anda. Obat ini bisa digunakan diberbagai bahan kayu, melindungi lebih dari 2 tahun, bahan aktif cypermethrine 100 EC, dapat dicampur air dengan perbandingan 1:100 lt air, sehingga sangat ekonomis. Direkomendasikan untuk perawatan rumah, ibu rumah tangga dapat menggunakan varian ini.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan Insecticide 1 kg. Obat ini bisa digunakan diberbagai bahan kayu, melindungi lebih dari 2 tahun, bahan aktif permethrine 100 EC, dapat dicampur air dengan perbandingan 1:1000 lt air. Direkomendasikan khusus untuk industri woodworking, seperti pabrik plywood, valet kayu kargo bahkan untuk pengrajin furniture.

Demikianlah cara menghilangkan rayap di rumah paling ampuh, semoga dapat membantu masalah Anda.

Leave a Comment