Fakta-Fakta Tentang Rayap Dan Obat Rayap Paling Ampuh

0
2693

Inilah fakta-fakta tentang rayap dan obat rayap paling ampuh yang harus Anda perhatikan untuk melindungi rumah Anda dari serangan jutaan rayap perusak.

Rayap seringkali disebut sebagai silent destroyer atau penghancur yang tak terlihat, disebut demikian karena rayap dapat sembunyi dan mengendap-endap masuk dalam rumah Anda tanpa adanya tanda kerusakan. Semua rayap memakan bahan yang mengandung sellulose. Dan kebetulan, semua rumah, dibangun dengan material yang mengandung zat tersebut sehingga mengundang para rayap datang.

Nama Ilmiah Rayap

Secara garis besar ada 2 jenis rayap yang dapat ditemukan di Indonesia, yaikni rayap tanah dan rayap kayu kering. Jenis rayap ini termasuk ke dalam phylum Arthropoda, kelas insekta dan ordo isoptera. Terdapat 2.000 spesies rayap, dan semuanya mempunyai nama ilmiah yang berbeda.

Kenampakan

Rayap mempunyai panjang sekitar ¼ hingga ½ inchi. Ratu rayap dan rajanya memiliki ukuran lebih besar, panjangnya bisa mencapai 1 inchi. Rayap pekerja biasanya memiliki tubuh yang lembut dan berwarna pucat.

Apa saja yang dimakan?

Pada umumnya rayap memakan tumbuhan dan pohon mati. Rayap mendapatkan nutrisi dari sellulosa, sebuah fiber organik di dalam kayu dan materi tumbuhan. Selulosa adalah molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen, dan oksigen, dan ditemukan dalam struktur selular hampir semua materi tanaman. Kayu sebagian besar makanan rayap, walaupun rayap juga makan material seperti kertas dan plastik. Beberapa spesies memilih kayu yang sudah mati, tapi ada juga jenis rayap yang memakan pepohonan hidup.

Masing tipe rayap memiliki pilihan makanannya sendiri. Rayap tanah memilih softwood, dan memakan banyak sekali hingga skala besar. Sedangkan rayap bawah tanah tetap diam di dalam tanah, tapi lebih banyak kayu lapuk akibat rayap jenis ini karena mereka bisa memakan kayu dimana saja bisa ditemukannya. Sedangkan rayap kayu kering sering kali memakan kayu yang berada di atas tanah, seperti furniture dan kerangka rumah.

Mulut rayap sangat memungkinkan menggasak banyak material berbahan kayu. Kemampuan ini banyak mengakibatkan masalah dalam tempat tinggal manusia. Ketika satu rayap pekerja memiliki area makan 1 cm, aktifitas memakan itu dapat menghabiskan satu properti, sebab jumlah satu koloni hingga ribuan rayap. Fondasi rumah, furniture, rak buku sangat mungkin terkena serangan rayap, bahkan menjadi menu kesukaannya.

Habitat Rayap

Pada umumnya, rayap hidup pada struktur kayu, pohon lapuk, kayu patah, dan di dalam tanah. Seringkali habitat rayap pada beberapa spesies membutuhkan jumlah kepadatan yang berbeda. Kebanyakan hama jenis ini dapat ditemukan di dalam wilayah tropis yang sangat luas, daerah tropis adalah habitat hidup rayap yang sangat optimal.

Rayap tanah adalah salah satu jenis yang tidak diinginkan dan jenis ini dapat ditemukan di seluruh dataran Indonesia. Rumah rayap tanah biasanya disusun di dalam tanah. Rayap membangun labirin atau saluran/tunnel yang memiliki akses makanan ke bawah dan ke atas tanah. Sedangkan rayap kayu kering hidup di dalam kayu yang mereka makan dan kebanyakan pada dinding kayu dan furniture.

Ketika sebuah koloni telah dewasa, bersayap, dan menjadi laron, dapat kita lihat di sekitar jendela dan pintu. Rayap yang telah bersayap tertarik pada sumber cahaya dan kebanyakan aktif pada musim semi. Setelah itu, rayap-rayap ini memulai pembiakan baru dan membuat koloni lain, menyebarkan wilayah makan meliputi banyak lokasi.

Reproduksi Rayap

Pada musim panas, setelah rayap terbang/laron meninggalkan koloni yang telah dewasa, beberapa pasang rayap kehilangan sayapnya akan menjadi raja dan ratu dan membentuk koloni baru. Rayap muda mengembangkan dan mengisi 3 peran: pekerja, prajurit dan reproduksi. Beberapa spesies rayap menelurkan jutaan telur setiap tahunnya.

Koloni

Rayap pekerja bertanggung jawap mencari dan memberi makan anggota koloni, mengolah sarang. Rayap prajurit melindungi koloni secara keseluruhan menggunakan capitnya untuk mengusir pemangsa rayap. Bagian reproduksi tau perkembang biakan hanya untuk kebutuhan seksual.

(Baca Juga: Harga Obat Anti Rayap Untuk Plywood, Partikel Board Dan MDFApakah Rayap Kayu Kering Menyerang Furniture Anda? Gunakan Obat Pembasmi Rayap Ini)

Apa yang dapat Anda lakukan untuk melindung rumah Anda?

Mejaga agar kelembaban udara tidak tinggi, seperti mengecek saluran air dan menjauhkan air dari fondasi rumah adalah salah satu langkah yang harus dilakukan. Selanjutnya menjauhkan sisa-sisa kayu dari halaman rumah agar tidak mengundang datangnya rayap.

Selain itu, terdapat cara yang paling efektif dan ramah lingkungan, yakni menggunakan obat anti rayap paling ampuh BioCide Insecticide.

Obat rayap paling ampuh BioCide Insecticide merupakan obat anti rayap yang terbuat dari Cypermethrine 100Ec. Selain dapat digunakan untuk pemeliharaan kayu, obat ini sangat cocok digunakan untuk industri woodworking ataupu pertanian/perkebunan (tanaman). Obat ini sangat ampuh untuk membunuh serangga perusak seperti rayap, totor, nyamuk, belalang dll. Selain itu serangga juga sangat bagus untuk membasmi mikroorganisme perusak kayu.

Penggunaan BioCide Insecticide harus melihat resiko serangan rayap pada kayu, jika semakin banyak resiko terserang rayap maka semakin banyak pula konsentrasi larutan yang digunakan. Standar pernggunaan larutan BioCide Insecticide dengan konsentrasi larutan sekitar 0,1% hingga 0,2% dengan kayu MC 12%. Selama penggunaan ataupun saat disimpan, sebaiknya tetap menjaga pH larutan yaitu dibawah 7. Simpan BioCide Insecticide di tempat yang kering dan tidak terpapar sinar matahati agar pH larutan tidak berubah.

Website ini jual obat rayap paling ampuh yang dapat digunakan pada meja berbahan kayu, bambu ataupun rotan. Kenapa material organik seperti kayu? Sebab kayu ataupun material organik lainnya memiliki kandungan selulosa atau gula dalam seratnya yang sangat disukai oleh rayap sehingga untuk pencegahan perlu diberikan obat anti rayap paling ampuh agar rayap tidak menyerang dan memakan serat kayu tersebut.

Anda dapat menggunakan obat rayap paling ampuh BioCide Insecticide untuk mencegah kayu dimakan rayap dengan cara di oles, kuas, semprot, injeksi, rendam ataupun vakum tekan sesuai dengan kebutuhan produksi Anda. Cara rendam dan vakum jauh lebih efektif untuk membunuh dan mencegah datanganya rayap karena obat rayap paling ampuh tersebut meresap jauh ke dalam serat sehingga lebih menjaga serat kayu secara maksimal. sedangkan cara oles, kuas, injeksi dan semprot untuk penanganan darurat ketika serangga perusak seperti rayap mulai menyerang furniture kayu seperti meja Anda.

Leave a Reply