Cara Sukses Bisnis Penginapan Kecil-kecilan

Tertarik mendirikan usaha penginapan kecil-kecilan? Bila iya, ayo simak tips, kiat, dan cara sukses bisnis penginapan kecil-kecilan di bawah ini.

Indonesia memiliki potensi pariwisata yang luar biasa. Hanya saja, patut disayangkan bahwa selama puluhan tahun negara ini berdiri, fokus pariwisata nasional hanya difokuskan pada Bali. Padahal, masih banyak spot pariwisata lainnya yang tak kalah menarik baik secara kultural atau dari segi pemandangan alam. Contoh saja Raja Ampat di Papua yang sangat elok keindahannya, danau Toba dengan pemandangannya yang luar biasa, sampai Tanah Toraja dengan kebudayaan yang sangat khas. Begitu juga dengan banyak tempat lainnya yang tak bisa disebutkan satu per satu.

Beberapa tahun belakangan ini, rupanya pemerintah pelan-pelan menyadari akan kurang maksimalnya potensi pariwisata di negeri ini. Bali-bali baru pun konon dicanangkan pemerintah untuk mendukung ekonomi masyarakat lokal.

Sebagai bagian dari masyarakat awam, sebetulnya paradigma baru pemerintah ini perlu diapresiasi. Apabila rencana tersebut terealisasi, masyarakat bisa mendapatkan keuntungan. Namun tentu saja, masyarakat tak bisa sekadar tinggal diam memperoleh pundi-pundi rupiah. Masyarakat tetap harus melakukan usaha sendiri untuk mendapatkan profit tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mendirikan bisnis penginapan.

Ya! Tak perlu langsung membuat hotel, lho. Anda bisa mulai membuat usaha penginapa kecil-kecilan.

penginapan kecil-kecilan

Contoh Penginapan Kecil-kecilan

Sangat banyak contoh usaha penginapan kecil-kecilan. Usaha seperti ini biasanya menawarkan harga yang lebih rendah, namun konsekuensinya fasilitasnya pun tak sebaik di hotel. Biasanya, usaha seperti ini menyasar kalangan backpacker dan aneka budget traveller lainnya seperti mahasiswa yang ingin berpiknik.

Contoh penginapan kecil-kecilan antara lain:

  1. Losmen
  2. Homestay
  3. Inn
  4. Guest house
  5. Hostel atau dormitori

Tempat-tempat penginapan di atas tidak membutuhkan bangunan mewah dengan fasilitas megah seperti kolam renang dan gym. Beberapa contoh penginapan tersebut malah hanya menyewakan kamar dari sebuah rumah saja sebagai sebuah tempat untuk singgah.

Keberadaan tempat penginapan kecil-kecilan sendiri sebetulnya menguntungkan banyak pihak. Pasalnya, dengan adanya tempat ekonomis seperti ini, maka wisatawan yang tak bisa menyewa kamar hotel tetap bisa melakukan kunjungan.

Kiat Sukses Bisnis Penginapan Kecil-kecilan

  1. Cari tempat yang tepat. Carilah tempat yang tepat yang sekiranya membuat tempat Anda paling menarik dan paling banyak dipilih dibanding tempat penginapan yang lain. Misalnya, Anda mendirikan usaha ini di dekat jalan raya.
  2. Promosi. Promosi di era internet seperti sekarang ini sangatlah penting. Dengan promosi yang gencar, tempat Anda yang jauh dari keramaian pun tetap bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Tapi jangan lupa untuk memberikan kompensasi. Misalnya, apabila tempat Anda lumayan jauh dari akses jalan utama, Anda perlu menyediakan transportasi. Jadi, review usaha nantinya akan positif.
  3. Bersih. Kebersihan wajib dijaga. Tempat kita boleh saja tidak semewah hotel bintang lima. Tapi kebersihan tak bisa dikompromikan. Apalagi bila target kita adalah wisatawan manca negara. Bagi para turis (terutama dari negara maju), faktor kebersihan ini sangatlah penting.
  4. Be friendly. Anda harus ramah dalam melayani tamu. Keramahan adalah salah satu bentuk profesionalitas kita. Ramahlah pada wisatawan bukan hanya di awal-awal saja. Jadi Anda bisa memberikan impresi yang baik.
  5. Harga masuk akal. Penginapan kecil-kecilan dipilih karena harganya lebih murah dibanding hotel, resort, dan sejenisnya. Karena itu, Anda harus masuk akal dalam menetapkan harga. Jangan sampai Anda memasang harga yang terlalu tinggi.

Jaga Penginapan dari Rayap dan Bubukan, Sediakan BioCide Insecticide

Selain kiat-kiat dan cara sukses bisnis penginapan kecil-kecilan di atas, jangan lupa satu poin yang tak kalah pentingnya: kewaspadaan terhadap serangan hama. Ya. Hama seperti kecoa, semut, rayap, kumbang bubuk atau teter, sampai jamur bisa menyebabkan ketidaknyamanan bagi para pengunjung.

Apabila kita benar-benar serius untuk sukses di usaha ini, kita wajib memerhatikan serangan hama-hama tersebut. Apalagi, di zaman serba internet ini, terdapat sistem review yang bisa dibaca di seluruh dunia. Bayangkan bila usaha kita direview dengan negative akibat jamur, rayap, atau kecoa? Tentu sangat merugikan, bukan?

Oleh sebab itulah, untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda perlu sedia obat anti hama profesional BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida yang biasa digunakan oleh pelaku usaha restauran, hotel, sampai industru furniture dan kerajinan. BioCide Insecticide bisa mengantisipasi serangan berbagai hama dari rayap sampai kumbang bubuk.

Kelebihan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide memiliki berbagai kelebihan yang tak dimiliki insektisida lainnya di pasaran. Tahukah Anda bahwa:

  1. Insektisida ini berspektrum luas sehingga bisa digunakan untuk mengantisipasi berbagai jenis hama sekaligus
  2. Lebih mudah digunakan
  3. Konsentrasi sangat tinggi, sehingga pemakaian sangat hemat
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Tidak membuat permukaan kayu jadi sulit dicat
  6. Lebih aman (tapi aplikasinya, para pekerja tetap wajib menggunakan safety tool)
  7. Lebih terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkannya

Membeli Di Sini Lebih Untung

Membeli BioCide Insecticide akan memberikan keuntungan berlimpah bagi Anda. Pasalnya, Anda akan mendapatkan produk yang telah teruji di lapangan. BioCide yang sudah banyak digunakan pelaku usaha furniture, konstruksi, dan kerajinan ini akan membuat kerja Anda semakin dimudahkan. Selain itu, kami juga selalu kooperatif dengan Anda dan menyediakan layanan konsultasi. Anda bisa berdiskusi dengan CS dan teknisi kami mengenai masalah hama serangga yang harus diantisipasi. Kami akan memberikan saran-saran yang tepat, termasuk bagaimana BioCide Insecticide bisa membantu persoalan Anda tersebut.

Makanya, ayo segera beli BioCide Insecticide sekarang juga. Untuk proses pembeliannya, Anda bisa melakukan pemesanan secara online dengan menghubungi Customer Service kami lewat kontak yang disediakan. Anda bisa mengontak kami lewat email, WA, dan telepon. Selain itu, pembelian secara online juga bisa dilakukan di berbagai marketplace yang sudah menyediakan produk kami.

Bagaimana dengan membeli secara langsung? Datang saja ke Bio Service Point. Kami akan selalu menanti kedatangan Anda di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Jadi, tungu apa lagi untuk mendapatkan insektisida ini?

Toh, seperti telah diterangkan di atas, kesuksesan bisnis penginapan kecil-kecilan sangat tergantu pada usaha-usaha detil yang kita lakukan. Meski usaha kita belum berskala besar seperti hotel berbintang, namun seyogyanya kita tetap memberikan yang terbaik dengan harga yang masuk akal. Berbagai upaya perlu dilakukan mulai dari kreatif dalam melakukan promosi sampai memberikan diskon yang menarik. Selain itu, tentu saja sediaan BioCide Insecticide sangat perlu. Sebab hanya dengan insektisida ini Anda bisa menangani masalah-masalah hama seperti rayap, furniture bubukan, semut, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semakin komplit cara sukses bisnis penginapan kecil-kecilan yang Anda lakukan, maka keuntungan Anda pun nantinya akan semakin besar.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Salam sukses selalu!

Leave a Comment