Yuk, Kenali Karakteristik Kayu Dadap Lebih Dekat

Kayu dadap adalah salah satu kayu yang sering digunakan untuk membuat berbagai produk di Indonesia. Yuk, kenalan lebih dekat dengan kayu dari pohon berbunga cantik ini!

Pohon Dadap

Pohon dadap sering juga disebut cangkring adalah pohon dari kelompok tanaman polong-polongan, Tanaman ini merupakan tanaman yang banyak ditemukan di sepanjang kepulauan nusantara mulai dari jawa, bali, NTT, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, tanaman ini mendapatkan julukan berbeda-beda di setiap pulau. Di Maluku, misalnya, tanaman ini disebut dengan nama galala itam, sedangkan di pulau Timor, tanaman ini biasa disebut dengan nama deris. Di negara lain, tanaman ini mendapat julukanlipi andorogat (Filipina), phueak (Thailand), hingga Indian coral tree (Inggris).

Pohon dadap memiliki ukuran sedang dengan tajuk melebar seperti payung. Biasanya, pohon ini mampu mencapai tinggi dari 15 hingga 20 meter. Kulit batangnya yang muda memiliki garis kehijauan, kecoklatan, hingga keputihan. Batangnya memiliki duri.

Tanaman ini biasanya menyebar di daerah pesisir pantai sampai di muara sungai. Tanaman umumnya bisa baik di area tanah yang lembab atau setengah kering. Curah hujan ideal untuk tanaman ini antara 800 sampai 1500 mm per tahun atau setengah tahun bulan basah.

Di masyarakat, pohon dadap ditanam untuk menunjang berbagai kebutuhan. Dari daun sampai batang tanaman ini telah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat lokal. Untuk perbanyakannya sendiri, pohon ini bisa berkembang biak dengan cara pembijian atau menggunakan stek besar. Secara umum, tanaman ini mudah tersebar dan karena itulah ditemukan di berbagai tempat di dunia, terutama di Asia tropis.

kayu dadap

Klasifikasi Ilmiah

Berikut ini klasifikasi ilmiah untuk tanaman dadap.

  1. Kingdom: Plantae
  2. Divisi: Magnoliophyta
  3. Kelas: Magnoliopsida
  4. Ordo: Fabales
  5. Famili: Fabaceae
  6. Genus: Erythrina
  7. Spesies: E. variegate

Karakteristik Kayu Dadap

Secara umum, dadap bukan merupakan kayu yang prominen dalam industri woodworking. Kayu ini tidak kokoh, tidak kuat, dan keawetannya pun tak begitu baik. Malahan, dadap adalah spesies yang menghasilkan kayu lunak. Dan karenanya, kayu ini sering dipakai untuk membuat pelampung.

Warna kayu ini putih sehingga menghasilkan aksen yang cerah. Karakter lainnya, kayu ini menunjukkan kemiripan dengan suku leguminosae yang lain yang merupakan kayu polong-polongan.

Fungsi dan Kegunaan Kayu Dadap

Dengan karakternya yang tidak keras dan juga tidak kokoh, kayu ini jelas tak bisa dipakai untuk kebutuhan kayu heavy duty. Kita tak bisa mengharapkan kayu ini dipakai untuk rangka bangunan, bantalan rel kereta api, lantai decking kayu, dan lain sejenisnya. Kayu ini pun tidak disarankan digunakan untuk pembuatan garden furniture. Penggunaannya untuk mebel dibatasi untuk mebel interior atau mebel yang diletakkan di dalam rumah, itupun dengan beban yang tidak berat.

Namun tetap saja kayu ini memiliki banyak kegunaan di masyarakat. Sampai hari ini, dadap banyak dipakai untuk membuat boks atau kotak kemasan, untuk membuat berbagai jenis kerajinan kayu, sampai untuk membuat mainan anak dan juga frame (figura). Dadap kadang juga dipakai untuk membuat pulp atau bubur kertas. Namun demikian, bila dipakai untuk bahan bakar, kayu ini sebetulnya tak begitu cocok karena menghasilkan banyak api.

alterntif text
kayu dadap

Keawetan Rendah, Makanya Perlu Pengawet

Tingkat keawetan kayu dadap tergolong rendah. Akibatnya, kayu ini rentan mengalami kerusakan tatkala diserang hama seperti rayap, jamur, dan juga kumbang bubuk. Kerentanan ini diperparah dengan sifat kayu yang cenderung lunak dan densitasnya pun tidak tinggi.

Oleh sebab itulah, maka treatment pengawetan sangat disarankan untuk kayu ini. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet ke dalam kayu. Dengan peresapan zat pengawet, kayu akan menjadi toksik terhadap hama sehingga masa pakai kayu bisa meningkat.

Treatment pengawetan bisa dilakukan dengan merendam kayu dadap dalam larutan pengawet, atau sekadar mengoleskan larutan pengawet agar meresap ke dalam kayu ini. Yang terpenting, pilihlah obat pengawet yang memiliki proteksi yang baik terhadap serangan hama seperti BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide untuk Pengawetan Kayu Dadap

BioCide Insecticide adalah insektisida terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mengawetkan kayu dari pohon dadap. BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC dengan formula berbasis air. Produk ini mampu melindungi kayu dari serangan sangat banyak jenis hama serangga mulai dari teter (kumbang bubuk, kadang juga disebut totor), rayap, semut, dan lain sebagainya. BioCide Insecticide juga sangat mudah diaplikasikan karena bisa meresap dengan efektif di dalam kayu. Produk ini tidak mudah luntur sehingga bisa melindungi kayu dalam waktu puluhan tahun.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide juga bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau. Penggunaannya juga hemat karena formulasinya berkonsentrasi tinggi. Yang tak kalah menarik, produk ini juga tidak menyebabkan masalah finishing seperti yang sering terjadi bila Anda menggunakan solvent based preservative.

Makanya, tunggu apa lagi? Ayo, segera beli BioCide Insecticide sekarang juga.

3 Cara untuk Membeli BioCide Insecticide

Ayo, beli dan dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga. Untuk Anda yang tak sabar menggunakan insektisida ini, Anda bisa memilih satu dari ketiga cara pembelian sebagai berikut.

  1. Pertama, pembelian secara online di antiserangga.com. Silahkan hubungi Customer Service kami untuk pembelian di situs ini secara langsung. CS kami akan memandu Anda melakukan pembelian dengan cepat, transparan, profesional, ramah, serta menyenangkan.
  2. Kedua, Anda bisa membeli langsung di Bio Service Point. Yang menarik dari cara pembelian ini adalah Anda bisa menengok produk Bio Industries yang lain. Anda bisa sekaligus membeli produk cat ramah lingkungan, pengawet kayu, lem kayu, silica natural, sampai wood bleaching.
  3. Ketiga, pembelian via pihak ketiga, misalnya agen kami dan penjual di marketplace. Pastikan saja agen tersebut terpercaya. Bila Anda tidak yakin, Anda bisa meminta informasi dari CS kami dengan menghubungi nomor yang disediakan.

Bagaimana? Mudah, bukan membeli insektisida ini? Lagipula, di manapun Anda membeli, Anda akan mendapatkan BioCide dalam kualitas dan harga terbaiknya. Jadi jangan ragu untuk segera membeli insektisida ini.

Sekali lagi kayu dadap adalah salah satu kayu yang banyak terdapat di Indonesia. Meski kayu ini tidak sekokoh dan sekuat jati serta ulin, namun dadap juga banyak digunakan untuk menghasilkan berbagai kebutuhan. Kayu ini sering dipakai untuk membuat craft sampai aneka jenis kotak pengemasan. Kayu ini juga memiliki karakteristik tersendiri yang membuatnya terlihat menarik.

Namun tak dapat dipungkiri bahwa dadap memiliki kelas keawetan yang rendah. Dan oleh sebab itu, maka pengawetan kayu wajib diterapkan dalam alur produksi kayu ini. Untuk bahan pengawetnya, Anda selalu bisa mengandalkan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat kayu dadap tahan rayap, kumbang bubuk atau teter, dan berbagai jenis hama serangga yang lainnya.

Yuk, Kenali Karakteristik Kayu Dadap Lebih Dekat
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!