Desain Menarik Lemari Bawah Tangga, Efisiensi Tempat untuk Rumah Modern

Lemari bawah tangga sedang naik popularitasnya belakangan ini! Seperti apa saja desain almari bawah tangga yang bagus, dan apakah jasa pembuatannya prospektif? Temukan jawabannya di sini.

Setiap inovasi dalam dunia furniture biasanya didasarkan pada kondisi yang berlaku saat itu. Sebagai contoh, munculnya desain industrial tak bisa dilepaskan dari fenomena tutupnya pabrik-pabrik barat ke asia.

Tinggalan bangunan pabrik kemudian diubah oleh masyarakat untuk kebutuhan yang lain. Misalnya untuk membuat kafe, restaurant, hingga hotel. Gaya ini pun sempat booming dua kali, yakni pada tahun 2000 dan 2010.

Kini dunia telah berubah lagi. Masyarakat sekarang menyaksikan kenaikan harga property yang sangat mahal. Sebagai akibatnya, desain interior dan furniture pun berlomba-lomba mengefisiensikan semua space yang ada.

Lihat saja bedanya mebel dan rumah saat ini dengan mebel dan rumah pada masa lalu. Pada rumah Joglo Jawa atau rumah adat suku Dayak, biasanya ruangan di dalamnya luas.

Namun ketika Anda melangkah ke kota-kota besar dunia, seperti Amsterdam atau London, yang akan Anda dapati adalah apartemen yang serba efisien dan perumahan yang tidak terlalu besar.

Di Indonesia sendiri, meski rumah petak masih disukai, akan tetapi trend kita pun menuju kondisi perumahan mungil seperti itu. Dan karenanya, mebel-mebel yang dibuat pun semakin banyak yang harus disesuaikan dengan prinsip efisiensi ini. Salah satu contohnya bisa dilihat pada almari bawah tangga.

Lemari Bawah Tangga Semakin Populer

Almari bawah tangga bukan sekadar mebel yang bisa diletakkan di bawah tangga. Almari seperti ini dinamai demikian karena didesain secara khusus agar matching diletakkan di bawah tangga.

Secara umum, ada dua tipe almari seperti ini. Yang pertama adalah almari custom. Almari custom dipesan pada jasa interior design atau langsung pada pengrajin mebel. Almari dibuat sesuai dengan permintaan customer dan kondisi bawah tangga.

Yang kedua adalah almari non custom. Bentuk lemari kadang tidak cocok dengan area bawah tangga . Namun, harganya biasanya lebih murah.

Saat ini, kedua almari tersebut mulai populer di masyarakat. Apalagi dengan semakin banyaknya rumah tingkat di daerah perkotaan.

Contoh-contoh Lemari Bawah Tangga yang Bagus

Ada cukup banyak almari bawah tangga dengan fokus yang berbeda-beda. Berikut ini kami contohkan beberapa di antaranya:

1. Almari dengan Minimalis

Desain minimalisme sangat cocok dipercantik dengan mebel yang juga didesain dengan gaya yang sama. Sebab keduanya memiliki nilai filosofis serupa.

Untuk mewujudkan gaya minimalisme sendiri bisa diterapkan beberapa hal antara lain aplikasi warna tone netral, bentuk mebel yang simpel namun menarik, dan juga optimalisasi fungsi semua area almari.

almari minimalis

2. Modern

Gaya modern juga sangat cocok untuk diterapkan pada lemari bawah tangga. Gaya modern sendiri sebenarnya cukup mirip dengan gaya mininamisme. Hanya saja, pada style modern, digunakan warna dan garis yang lebih tegas.

Contoh, bila warna yang identic dengan minimalisme adalah abu-abu dan putih, maka pada gaya modern, sering diaplikasikan warna biru, merah, jingga, hingga kuning. Aplikasi pola yang lebih detil (namun tegas) juga diterima pada style modern.

3. Shabby Chic

Salah satu trend furniture yang sedang naik daun belakangan ini adalah desain shabby chic. Gaya ini memadukan dua hal yang sebelumnya dianggap tak cocok, yakni kesan tua (vintage) dengan kesan feminim.

Shabby chic menggunakan warna yang lembut dan pola-pola yang indah. Misalnya pola floral (bebungaan) dengan background putih, krem, pink, atau baby blue.

Prospek Usaha Pembuatan Lemari Bawah Tangga

Secara umum, jasa pembuatan almari yang didesain di bawah tangga adalah jasa yang cukup prospektif ke depannya. Sebab:

  1. Sebagaimana disebut di atas, semakin banyak bangunan rumah tingkat dan tidak begitu besar
  2. Preferensi rumah dengan memanfaatkan semua space seefisien mungkin. Sehingga area bawah tangga tidak dianggurkan melainkan dimanfaatkan
  3. Harga rumah dan tanah yang semakin mahal yang membuat poin kedua semakin menguat

Jadi, apabila Anda adalah seorang pengrajin mebel, tak ada salahnya lho secara khusus membuka jasa pembuatan almari bawah tangga custom. Sebab saat ini memang era di mana mebel-mebel yang “space efficient” sedang begitu digandrungi.

Tips Membuat Almari Bawah Tangga yang Bagus

  1. Desain furniture seharusnya disesuaikan dengan klien. Akan lebih baik apabila Anda menawarkan beberapa model beserta dengan paket harganya.
  2. Jasa seperti ini lebih populer di kawasan urban. Jadi, tak ada salahnya gencar melakukan promosi di perkotaan.
  3. Selain keindahan, pastikan juga lemari bawah tangga tersebut awet dan tahan hama. Lantaran, aera bawah tangga adalah area yang rentan diserang rayap, teter, dan juga jamur.
  4. Pasarkan produk Anda secara daring sebab di erea ini, marketing via online jauh lebih berdampak
  5. Selalu update dengan berbagai inspirasi yang ada

Kami Sedia BioCide Insecticide, Yuk Beli Segera!

Kami menyediakan produk insektisida berkualitas bagi Anda yang bekerja dalam bidang pengolahan kayu. Insektisida tersebut adalah satu dari 3 varian BioCide, yaitu BioCide Insecticide.

Pada proses pembuatan lemari bawah tangga, sepeti dijelaskan di atas, keawetan memang seyogyanya diperhatikan. Sebab area bawah tangga rentan sekali diserang hama terutama dari kelompok serangga seperti rayap dan juga teter.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan preservasi menggunakan BioCide Insecticide. Cara menggunakan obat rayap kayu itu mudah sekali. Anda tinggal mengoleskannya saja pada kayu sebelum difinishing. Cairan BioCide akan meresap ke dalam kayu sehingga membuat kayu menjadi toksik bagi hama.

Pembelian produk ini juga sangat mudah. Apabila Anda tertarik, silahkan hubungi CS kami untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan secara daring.

Poin-poin Penting

Dari penjelasan panjang di atas, beberapa hal bisa kita ringkaskan sebagai berikut:

  1. Inovasi pembuatan mebel terus berkembang seiring berjalannya waktu. Seringkali, munculnya mebel-mebel di pasaran berawal dari kondisi masyarakat tersebut. Berbagai style design furniture memperlihatkan pola tersebut.
  2. Saat ini, salah satu contoh furniture yang mulai populer di Indonesia adalah lemari bawah tangga. Seimplisit namanya, almari seperti ini mulai disukai karena banyaknya rumah tingkat di Indonesia.
  3. Dengan harga property yang mahal, pada umumnya orang ingin memanfaatkan setiap space yang ada. Sehingga area bawah tangga pun dicoba dimanfaatkan untuk pembuatan furniture tersebut.
  4. Model yang ada sendiri beragam. Ada yang difokuskan pada aspek fungsionalitas. Namun ada juga yang menggabungkan aspek keindahan dan kebermanfaatan. Sehingga ruangan juga terlihat semakin cantik.
  5. Prospek jasa pembuatan almari seperti ini juga cukup menggiurkan. Apalagi bila ditawarkan juga feature yang lain seperti sifat tahan lama dengan memanfaatkan preservasi kayu BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Terus update berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com.

Leave a Comment