5 Contoh Dompet Batok Kelapa dan Prospek Pemanfaatannya

Unik dan cantiknya dompet batok kelapa ini! Prospek usahanya pun sangat menarik karena bisa dijual hingga ke luar negeri.

Tak ada orang yang tak tahu mengenai buah kelapa. Dagingnya lezat dan air di dalamnya pun enak. Orang-orang biasa menggunakan daging buah kelapa mud sebagai bahan minuman. Sedangkan yang tua umum digunakan untuk membuat santan.

Perasan santan itu kemudian bisa digunakan untuk membersihkan lantai semen. Atau, kadang ia bisa digunakan sebagai pakan ayam.

Air buah kelapa sendiri termasuk salah satu cairan alami yang nutrisinya tinggi. Masyarakat tradisional percaya bahwa air kelapa bisa digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan keracunan yang tak begitu parah.

Singkat kata, buah kelapa memang buah yang serba guna. Apalagi selain daging dan airnya, buah ini juga memiliki cangkang yang biasa disebut orang jawa sebagai batok.

Batok bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya adalah untuk membuat dompet. Penasaran seperti apa tampilan dompet dari tempurung kelapa? Langsung saja simak kelima contohnya di bawah ini.

5 Contoh Dompet Batok Kelapa yang Bagus

1. Dompet Batik

Dompet batik sebagaimana namanya memadukan antara keindahan pola batik dengan tempurung kelapa. Batik bisa diaplikasikan di bagian dalam dompet pada kainnya, atau di bagian luar dompet.

Di bawah ini adalah contoh yang pertama. Bisa Anda lihat, bagian dalam dompet dilapisi kain batik. Sentuhan sederhana ini membuat item fashion tersebut semakin memesona.

dompet batok kelapa
Sumber: wholesalejewelryfinding.com

2. Dompet Bentuk Hati

Bentuk hati melambangkan rasa cinta dan romansa. Bentuk seperti ini memang sering diterapkan pada berbagai produk yang menarget pengguna anak muda.

Tempurung sendiri memang secara alami tidak berbentuk hati. Batok memiliki bentuk yang membulat. Namun demikian, dengan pengolahan yang tepat, wujud seperti hati pun bisa diterapkan pada material itu.

Sumber: dreamstime.com

3. Dompet Batok Kelapa Super Elegan

Kesan elegan adalah kesan yang direpresentasikan oleh penggunan pola, warna, dan juga bentuk yang tidak berlebihan namun indah dan berkelas. Untuk dompet yang terbuat dari tempurung buah, tentu kesan ini bisa didapatkan. Contohnya saja dompet mungil di bawah ini.

dompet batok kelapa unik
Sumber: pinterest.com

4. Dompet Tempurung Kelapa Warna-warni

Tak sekadar kesan elegan yang bagus. Bagi yang suka kesan ramai, aplikasi warna akan membuat dompet justru terlihat sangat menarik. Dompet seperti ini pun nantinya cocok digunakan untuk hangout atau bersantai saat liburan. Warnanya yang semarak sangat cocok dengan aktivitas yang Anda jalani tersebut.

dompet
Sumber: daisylife.in

5. Dompet Tempurung Kelapa Style Vintage

Apakah Anda suka gaya tua dan retro? Bila iya, kenapa tak mencoba melirik dompet yang didesain dengan style vintage? Style vintage sendiri bisa diwujudkan dengan beberapa cara. Misalnya dengan aplikasi warna yang lawas dan juga pola-pola yang tua.

kerajinan batok
Sumber: poshmark.com

Prospek Usaha Dompet Batok Kelapa yang Ternyata Menggiurkan

Berbagai model dompet tempurung kelapa di atas memanglah sangat menarik. Dan sebetulnya, nilai ekonomisnya juga tinggi.

Jadi, apabila Anda ingin membuka usaha di bidang kerajinan, tak ada salahnya untuk menerapkan ide-ide seperti itu. Apalagi, usaha pemanfaatan tempurung kelapa cukup mudah dilakukan di Indonesia. Lantaran, jumlah materialnya banyak, SDM mumpuni, dan pintu ekspor pun terbuka lebar.

Jangan Lupa untuk Mengawetkan Dulu Dompet Batok Kelapa!

Desain yang bagus sudah pasti akan membuat dompet Anda lebih laku di pasaran. Apalagi bila harga yang Anda banderol juga bersaing.

Namun demikian perlu dipahami bahwa bukan hanya estetika yang harus dipehatikan kala membuat dompet dengan bahan ini. Masalah pengawetannya pun tak bisa diabaikan.

Pengawetan terkait dengan usia produk. Batok yang tidak diawetkan akan mudah rusak dimakan hama seperti rayap selama masa simpan ataupun pengiriman. Sebaliknya batok yang diawetkan tidak akan dimakan hama meski kondisinya kurang ideal.

Pengawetan sendiri dilakukan dengan obat-obat khusus. Dan untuk hal ini, kami menawerkan BioCide Insecticide. Insektisida berbasis cypermethrin ini akan menyulap tempurung jadi tahan rayap, teter, dan hama lainnya. Metode penggunaannya sendiri adalah sebagai berikut.

Alat dan Bahan untuk Mengawetkan Dompet Batok Kelapa

  1. Air
  2. BioCide Insecticide
  3. Gelas ukur
  4. Kuas (untuk metode penguasan)
  5. Wadah (untuk metode rendam)
  6. Safety tool memadai seperti sarung tangan, kacamata, dan lainnya

2 Cara Mengawetkan Tempurung Kelapa

1. Metode Perendaman

Cara pertama untuk mengawetkan tempurung kelapa adalah dengan metode perendaman. Metode ini, sebagaimana namanya, dilakukan dengan merendamkan tempurung ke larutan BioCide Insecticide.

Efektivitas metode perendaman ada di urutan kedua setelah metode vakum tekan. Metode ini juga praktis diterapkan apabila Anda perlu mengawetkan banyak batok kelapa.

2. Metode Penguasan

Metode ini direkomendasikan untuk proses yang lebih cepat. Caranya sendiri sangat mudah. Anda tinggal mengoleskan saja cairan BioCide Insecticide yang telah diencerkan. Setelah itu, oleskan menggunakan kuas secara merata ke seluruh permukaan tempurung.

Namun perlu dipahami bahwa cara ini tak seefektif metode perendaman. Pengawetan dompet batok kelapa dengan metode penguasan juga kurang efisien bila jumlah batoknya banyak. Justru bila Anda punya batok banyak, semestinya metode pertama yang diterapkan.

Catatan: selalu gunakan alat-alat keamanan selama menggunakan BioCide Insecticide. Perlu juga ditekankan sekali lagi bahwa aplikasi BioCide Insecticide dilakukan sebelum finishing, bukan setelah batok difinish.

biocide

Mau Pesan BioCide? Begini Caranya

Yuk pesan dan dapatkan sekarang juga BioCide Insecticide untuk mencegah kerusakan dompet dari serangan hama serangga. Pembelian sangat mudah lho untuk dilakukan. Anda mau beli tanpa ribet?

Hubungilah CS kami via telepon, WA, atau email. Nanti Anda akan dipandu dalam proses pembelian yang cepat dan transparan. Selain itu, Anda juga bisa membeli di toko online langganan Anda.

Eits, ingin membeli secara langsung? Sudah pasti Anda juga bisa membeli secara langsung. Kami selalu menanti kedatangan Anda di Bio Service Point. Agen-agen kami juga siap menyediakan produk ini untuk Anda.

5 Poin Penting

  1. Buah kelapa adalah salah satu buah yang paling banyak gunanya di dunia ini. Daging buah bisa dimakan, airnya bernutrisi tinggi, dan sabutnya bisa dipakai untuk craft.
  2. Selain ketiga bagian tersebut, bagian buah kelapa yang tak kalah penting adalah batok atau tempurungnya. Bagian ini bisa digunakan untuk menghasilkan berbagai produk, salah satunya ialah dompet.
  3. Teruntuk Anda yang sedang mencari ide pembuatan dompet tempurung kelapa, silahkan simak kelima contohnya di atas.
  4. Yang juga tak kalah penting, usahakan untuk mengawetkan material tempurungnya dulu supaya kelak tidak mudah rusak terkena hama rayap dan teter.
  5. Dan untuk pengawetan tempurung kelapa, Anda senantiasa dapat memanfaatkan produk kami BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda! Kami akan terus update artikel bermanfaat yang lain. Jadi, terus setia dengan antiserangga.com ya!

Leave a Comment