Fungsi Kayu di Bidang Kesenian: dari Hiasan sampai Alat Musik

Apa saja fungsi kayu di bidang kesenian?

Kayu merupakan salah satu produk utama hasil hutan. Secara definitif, kayu bisa diartikan sebagai substrat berpori yang kaya selulosa yang diperoleh dari tanaman pepohonan. Perlu dimengerti bahwa tidak semua tanaman bisa menghasilkan kayu. Hanya tanaman dalam kategori pepohonan yang bisa menghasilkan kayu, dan itupun belum tentu bisa dimanfaatkan manusia.

Dilihat dari sejarahnya, penggunaan kayu telah dilakukan sejak zaman dulu kala, bahkan saat manusia belum mengenal tulisan. Sebagai material yang keras namun bisa dibentuk, manusia telah menggunakan kayu untuk beragam kebutuhan dari kebutuhan dasar sampai kebutuhan yang lebih canggih. Mula-mula, manusia mungkin hanya menggunakan kayu untuk berburu saja, lalu untuk kayu bakar, dan makin lama untuk membuat pohon. Ketika tatanan masyarakat mulai berkembang, kayu pun digunakan untuk kebutuhan non primer. Misalnya kebutuhan pembuatan alat musik dan hiasan rumah. Atau dengan kata lain, digunakan dalam bidang kesenian.

Contoh Fungsi Kayu di Bidang Kesenian

Ada sangat banyak pemanfaatan kayu dalam bidang kesenian. Berikut ini di antaranya.

Pembuatan Hiasan Rumah

Berbagai produk dekorasi rumah dihasilkan dari kayu. Dan ini sudah berlaku sejak zaman dahulu. Pembuatan frame, hiasan dinding, sampai vas bunga adalah contoh-contoh pemanfaatan kayu di bidang kesenian.

fungsi kayu di bidang kesenian

Pembuatan Alat Musik

Hampir semua alat musik secara tradisional menggunakan kayu sebagai material pokoknya. Kayu tidak sekadar digunakan sebagai bahan pendukung, tapi juga merupakan bahan utama yang sangat berpengaruh terhadap kualitas suara musik yang dihasilkan. Contoh saja alat musik angklung, piano, sampai gitar yang hasil suaranya dipengaruhi kayu yang digunakan.

Pembuatan Peralatan Rias Diri

Ya, selain digunakan untu membuat berbagai jenis perkakas, kayu juga bisa dipakai untuk membuat aneka produk rias diri. Fungsi kayu di bidang kesenian ini bisa dilihat pada suku-suku pedalaman yang tak jarang memanfaatkan kayu untuk pembuatan mahkota, ikat pingang, sampai gelang yang mereka pakai.

Medium untuk Melukis

Kayu juga bisa digunakan sebagai medium untuk melukis. Selain itu, beberapa jenis kerajinan seperti decoupage pun bisa menggunakan kayu untuk medianya.

Pembuatan Berbagai Jenis Patung dan Topeng

fungsi kayu di bidang kesenian

Patung dan topeng juga bisa dibuat dari kayu. Produk-produk patung dan topeng ini pun telah ditemukan pada sangat banyak masyarakat dengan adat yang berbeda-beda.

Sampai hari ini, berbagai fungsi kayu di bidang kesenian di atas masih sangat mudah ditemukan. Bahkan meski bahan non kayu sudah membanjiri pasar. Ini disebabkan, kayu menawarkan sangat banyak keunggulan yang tak bisa diberikan oleh material non kayu, apalagi bahan sintetis seperti plastik.

  • Kayu bukan hanya indah, tapi juga memiliki tekstur yang alami dan unik yang tak bisa ditiru oleh produsen plastik manapun.
  • Seni berkaitan dengan persepsi. Dan sampai kini, penelitian menunjukkan bahwa manusia secara umum memiliki persepi sangat positif terhadap kayu.
  • Kayu bisa dicat dengan hasil yang beragam dan cenderung artistik.
  • Kayu memiliki trait khusus yang unik
  • Kayu ideal dalam segi bobot dan kekuatan, tapi juga bisa dibentuk secara fleksibel
  • Kayu lebih aman dan ramah lingkungan
  • Kayu bisa didaur ulang

Kapitalisasi Kesenian Kayu dalam Industri Kerajinan Berbasis Kayu

fungsi kayu di bidang kesenian

Pada masa lalu, pemanfaatan kayu di bidang kesenian sering dikaitkan dengan ritual adat dan keagamaan. Pembuatan patung, misalnya, sangat terkait dengan ritual agama-agama tertentu. Namun di era modern seperti sekarang ini, fungsi kayu di bidang kesenian telah merambah dunia komersil. Kini, produk kesenian berbasis kayu bisa dijual untuk mendatangkan keuntungan yang tidak main-main. Di Indonesia pun, potensi pemanfaatan kayu di bidang ini sudah terwujud pada bagusnya performa industry kerajinan di Indonesia. Bersama dengan industri furniture, industry kerajinan mampu tampil dengan baik di kancah internasional, meski masih dengan PR di sana-sini.

Tantangan Mutu Produk dari Segi Keawetan

Fungsi kayu di bidang kesenian memang tak diragukan lagi. Bukan hanya keindahan yang kita dapatkan, pundi-pundi keuntungan pun bisa diperoleh. Namun tentu saja, untuk pemanfaatan yang terakhir ini, mutu produk harus diperhatikan dengan baik. Terutama, mutu produk dari segi keawetan. Sebab, selama ini, produk kerajinan banyak dikritik karena tidak awet. Biasanya selain elemen produk yang mudah lepas, kayu kerajinan juga mudah dirusak hama seperti hama rayap, bubuk, dan lain sebagainya.

rayap-pada-piano

Kira-kira apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah seperti itu?

Gunakan BioCide Insecticide agar Kerajinan Berbasis Kayu Lebih Awet

Gunakan BioCide supaya produk kerajinan kayu lebih awet! Anda tinggal mencelupkan atau menguaskan larutan BioCide yang sudah dicampur air pada kayu kerajinan. Dengan cara ini, produk kerajinan akan tahan terhadap serangan berbagai hama serangga mulai dari rayap, kumbang teter atau kumbang bubuk, sampai semut. Serangga-serangga tersebut akan menghindari kayu sehingga kerajinan tidak mudah rusak.

Bagaimana dengan efek pasca pengawetan? Kami sadar betul akan konsen ini. Sebab beberapa produk pengawet memang menyebabkan kayu jadi tidak bisa dicat pasca aplikasi. Tapi, produk pengawet yang membuat kayu sulit dicat biasanya merupakan produk pengawet berbasis minyak. Sedangkan BioCide Insecticide adalah pengawet berbasis air. Jadi Anda tak perlu khawatir mengenai masalah ini. Pun harga produk ini juga terjangkau, sehingga Anda tak perlu menghabiskan budget dengan boros.

BIOCIDE INSECTICIDE

Cara Membeli BioCide Insecticide

Pembelian BioCide sangat mudah dilakukan. Pembelian bisa dilakukan secara langsung dengan mengunjungi kami atau agen kami. Anda bisa bertandang ke Bio Service Point di Yogyakarta, Cirebon, Jepara, dan beberapa kota lainnya di mana agen kami berlokasi.

Selain itu, Anda juga bisa memesan secara online. Pemesanan secara online dapat dilakukan di online shop seperti Tokopedia dan Bukalapak. Pembelian secara daring ini juga bisa dilakukan di antiserangga.com. Dengan membeli di antiserangga.com, Anda akan langsung dipandu oleh Customer Service kami yang ramah dan profesional.

Bagaimana? Mudah, bukan membeli BioCide Insecticide? Nah, kira-kira, sampai di sini bahasan yang bisa kami sampaikan. Kayu memang merupakan material serba guna. Kayu bisa digunakan untuk membuat api, furniture, sampai bangunan. Ketika peradaban manusia mulai berkembang, kayu juga mulai banyak digunakan di bidang kesenian. Fungsi kayu di bidang seni ini terwujud dari pemakaian kayu untuk membuat alat musik, patung, topeng, dan lain sebagainya.

Di era modern seperti sekarang ini, pemanfaatan kayu di bidang kesenian terbukt bisa mendatangkan jumlah keuntungan yang tak sedikit. Tapi ingat, kualitas produk kerajinan di bidang kayu senantiasa harus selalu ditingkatkan. Selama ini, kerajinan kayu banyak dikritik karena mudah rusak. Oleh sebab itulah, awetkan dulu kayu sebelum diolah menjadi aneka produk kerajinan dengan antiserangga, BioCide Insecticide.

Dengan BioCide Insecticide, fungsi kayu di bidang seni bisa benar-benar dimaksimalkan.

Leave a Comment