Ini 15 Jenis Kayu Kelas Kuat I

Apa saja kayu yang termasuk dalam kelompok kelas kuat I? Dan apakah kayu kelas kuat I ini otomatis merupakan kayu yang awet serta tahan rayap?

Ilmu kayu membahas berbagai aspek mengenai sifat-sifat kimia, fisik, dan mekanika kayu. Dalam wood science, salah satu aspek yang menjadi sentral bahasan adalah tingkat kekuatan kayu. Tingkat kekuatan kayu ini dalam praktiknya pun hampir tak bisa diabaikan oleh pelaku usaha di bidang woodworking, baik itu pembuat furniture, konstruksi bangunan, kerajinan dan lain sebagainya.

Dari definisinya sendiri, kekuatan kayu bisa diartikan sebagai tingkat kemampuan kayu menahan beban menurut pengujian terstandar. Tingkat kekuatan ini kemudian dikelompokkan dalam beberapa kelas, yakni kelas I sampai kelas IV. Kayu dalam kelas kuat I adalah kayu yang kekuatannya paling baik dibanding kayu lainnya. Di Indonesia, beberapa kayu tergolong sebagai kayu kelas kuat I.

Daftar Kayu Kelas Kuat I

Berikut ini beberapa contoh kayu yang masuk dalam daftar kelas kekuatan pertama. Perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kayu yang kadang masuk dalam kelas kuat I, II, dan III sekaligus. Perbedaan ini disebabkan variasi pohon yang berbeda sampai lingkungan tumbuh pohon itu sendiri.

  1. Kayu Anpupu, bisa masuk kelas I atau II dalam hal kekuatan
  2. Kayu Bakau: I atau II
  3. Kayu Matoa: I, II, atau III
  4. Kayu Merbau: I atau II
  5. Kayu Cendana: I atau II
  6. Kayu Gia: I atau II
  7. Kayu Jobar: I atau II
  8. Kayu Godak: I, II, atau III
  9. Kayu Balau: I atau II
  10. Kayu Bangkirai: I atau II
  11. Kayu Berumbung: I atau II
  12. Kayu Belangeran: I atau II
  13. Kayu Bungur: I atau II
  14. Kayu Cemara: I atau II
  15. Dan masih banyak lagi kayu lainnya

Kayu Kelas I Belum Tentu Awet!

Ingat, kualitas kayu dari aspek kekuatannya memang menjadikan kayu terkait banyak diminati. Tapi perlu dipahami juga bahwa kekuatan kayu bukanlah segalanya. Kekuatan kayu hanya satu dari sekian banyak aspek yang menentukan mutu kayu secara keseluruhan. Salah satu aspek lain yang tak kalah penting dari kekuatan kayu adalah keawetan kayu.

Tingkat keawetan kayu sendiri merujuk pada ketahanan kayu dari serangan hama seperti jamur dan juga rayap. Tingkat keawetan kayu ini akan menentukan usia pakai kayu. Sekuat apapun kayu, namun bila tidak tahan hama, maka usia pakai kayu pun juga tidak bisa diandalkan. Dan kayu dalam kelas kuat I tidak mesti merupakan kayu yang awet. Ada beberapa kayu yang kelas kekuatannya bagus namun ternyata merupakan kayu yang tidak awet, misalnya:

Kayu Kelas Kuat I Tapi Tidak Awet

  1. Kayu Anpupu, meski kuat, tapi bisa masuk dalam kategori keawetan III (rendah)
  2. Kayu Bungur
  3. Kayu Cemara
  4. Kayu Belangeran
  5. Kayu Gadok

Namun Anda tak perlu khawatir. Kayu-kayu tidak awet namun kuat ini bisa ditingkatkan mutu ketahanannya terhadap hama dengan cara aplikasi treatment pengawetan. Pengawetan adalah usaha meningkatkan masa pakai kayu dengan meresapkan zat antihama ke dalam kayu. Dengan demikian, kayu tidak akan dimakan hama seperti rayap, teter, kumbang bubuk, dan lain sebagainya. Untuk hasil pengawetan yang baik, gunakan BioCide Insecticide.

Pengawet Kayu Water Based BioCide Hadirkan Berbagai Keunggulan

BioCide sebagai pengawet kayu water based hadir dengan berbagai keunggulan. Produk ini bukan sekadar efektif mengawetkan kayu dan melindungi substrat tersebut dari serangan berbagai jenis hama serangga tapi juga mampu membuat hasil pengawetan lebih berkualitas. Sebab, berbeda dengan pengawet oil based yang umumnya menyebabkan kayu sulit dicat, BioCide tidak akan menyebabkan kesulitan seperti itu. Kayu tetap bisa diolah dengan baik sehingga menghasilkan produk-produk woodworking berkualitas tinggi. Selain itu dari berbagai aspek lainnya, insektisida ini pun juga sangat unggul.

  1. Dari segi kemudahan penetrasi atau resapan, insektisida ini mudah meresap ke dalam kayu sehingga hasil treatment preservasi menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat tinggi.
  2. Dari segi retensi, insektisida ini bisa bertahan lama dalam substrat kayu dan tidak mudah luntur sehingga bisa memberikan perlindungan sampai berpuluh bahkan beratus tahun.
  3. Dari segi efeknya pada lingkungan dan karyawan (pekerja), insektisida ini memberikan tingkat keamanan yang lebih baik.
  4. Dari segi harga, Anda bisa mendapatkan insektisida ini dengan harga lebih terjangkau.
  5. Dari segi penggunaan, BioCide Insecticide juga sangat hemat sehingga membuat pemakaiannya tidak menyebabkan budget produksi jadi bengkak.

Sangat banyak bukan berbagai keunggulan BioCide Insecticide? Insektisida berbasis cypermethrin ini juga bisa diandalkan untuk menahan serangan sangat banyak spesies serangga yang berbeda lho. Jadi perlindungan yang diberikan sangatlah lengkap.

Tunggu Apa Lagi? Ayo Segera Beli BioCide Insecticide

Yuk, tunggu apa lagi? Segera dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga! Produk ini kini bisa dibeli secara online lho. Kami sengaja membuka opsi pembelian secara online agar Anda bisa lebih mudah mendapatkan antiserangga ini. Cara pembelian online mengikuti tahapan sebagai berikut.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Pertama, kontak dulu CS kami via WA, email, dan lain sebagainya yang tercantum di situs ini.
  2. Silahkan berdiskusi dengan CS kami lebih lanjut. Atau bila ingin segera memesan, Anda bisa langsung menyebutkan data-data yang dibutuhkan untuk proses pengiriman meliputi nama Anda sebagai pemesan, jumlah BioCide Insecticide yang hendak Anda pesan, sampai alamat Anda.
  3. Dari data tersebut, CS akan memberikan gambaran pengiriman beserta ongkos yang harus Anda bayar. Ongkos mencakup harga BioCide Insecticide serta biaya kurir pengiriman.
  4. Lakukan pembayaran bila semua sudah dirasa sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. CS kami akan memberikan keterangan cara pembayaran.
  5. Kirimkan bukti pembayaran kepada kami. Tunggu CS memroses pesanan Anda.
  6. Bila pesanan Anda sudah diproses, kami akan segera memberikan nomor resi pengiriman.
  7. Anda tinggal menunggu produk tersebut sampai di alamat yang Anda kehendaki. Kami juga akan turut memantau supaya produk benar-benar sampai di alamat tersebut.

Demikian. Mudah ya membeli BioCide? Tapi tentu saja Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point lho!

Nah, kiranya, demikian artikel mengenai kayu kelas kuat I yang bisa kami sampaikan. Pada akhirnya, kayu dalam kelas kekuatan I memang merupakan kayu yang banyak diminati. Kayu-kayu dalam kelas kekuatan ini memiliki trait atau karakter yang sangat dibutuhkan pada berbagai industri yang membutuhkan kayu yang kuat. Tapi ingat, kekuatan kayu bukanlah segalanya. Ada banyak aspek lain yang harus diperhatikan. Kayu kelas kuat I pun belum tentu memiliki kualitas dalam aspek lainnya. Misalnya dalam hal keawetan. Beberapa kayu yang memiliki kekuatan baik rupanya tidak awet. Oleh sebab itulah, tetap perlu dilakukan treatment pengawetan pada kayu-kayu tersebut. Dan untuk kebutuhan ini, Anda selalu bisa mengandalkan insektisida kami, BioCide Insecticide.

Leave a Comment