Furniture Atau Bangunan Bambu Anda Bubukan? Ini Solusinya

Masyarakat harus beralih dan lebih memanfaatkan sumber daya yang dapat diperbarui dan melimpah seperti bambu. Melalui obat anti bubuk kayu yang berkualitas, bambu dapat ditingkatkan kekuatannya.

Perkembangan bahan bangunan di Indonesia khususnya untuk bahan bangunan organik seperti kayu, sudah hampir dipastikan akan mempunyai banyak kendala baik dari keberadaan maupun kualitasnya di masa mendatang. Persediaan kayu untuk industri menurun drastis dari 35 juta m³ per-tahun manjadi 7 m³ per-tahun sehingga banyak pabrik pengolah kayu bangkrut karena kekurangan bahan baku.

Beberapa seminar atau workshop yang dihadiri oleh para ahli bahkan melalui berita-berita di media masa banyak memberitakan keberadaan kayu konstruksi sudah sangat mengkhawatirkan terutama untuk kayu konstruksi dan akan mempengaruhi laju pembangunan khususnya perumahan. Keadaan ini akan terus berlangsung selama kebutuhan akan kayu terus meningkat sejalan dengan perkembangan pembangunan yang pesat, selama bahan pengganti kayu belum ada padahal, kita mempunyai bambu yang merupakan bahan bangunan yang dapat diperbarui (renewable), sudah dikenal sejak nenek moyang kita dengan potensi yang belimpah dan belum maksimal dimanfaatkan.

Sampai saat ini bambu hanya dipakai sebagai alat rumah tangga, perabotan dapur dan konstruksi bangunan (rumah, jembatan) dll. Untuk bahan konstruksi, bambu digunakan secara utuh dalam bentuk bulat dengan sistem sambungan konvensional (pasak dan ijuk) tetapi sekarang bambu diolah terlebih dahulu menjadi bahan jadi seperti, panel bambu, balok bambu, bambu lapis, dll, sehingga bentuk lebih modern dan pemakaiannya lebih praktis. Kelebihan konstruksi tradional bambu sebetulnya sudah dibuktikan pada konstruksi rumah di daerah gempa, dimana pasca bencana (gempa) konstruksi rumah dengan sistem rangka bambu atau kayu masih utuh berdiri sedangkan bangunan dengan konstruksi pasangan bata atau rangka beton banyak yang runtuh. Berarti, konstruksi ini sangat cocok dipakai di daerah-daerah berpotensi gempa di Indonesia karena lebih elastis terhadap gempa.

Memang ada beberapa kelemahan bambu seperti, rentan terhadap serangan hama perusak kayu (rayap, bubuk dan jamur) sehingga umurnya pendek, rentan terhadap api, panjang dan ukurannya tidak seragam, sulit dalam penyambungannya pada konstruksi, dll. Kelemahan bambu tersebut sekarang sudah dapat diatasi dengan perkembangan teknologi yang ada misalnya, dengan diawetkan atau diberi obat anti bubuk kayu untuk mencegah serangan hama perusak kayu.

alterntif text

Temuan pengawetan modern saat ini memungkin bambu bertahan 5 kali lipat dari bubuk kayu. Pengawetan modern ini menggunakan bahan kimia pengawet bambu yang ramah lingkungan serta efektif perlindungannya. Jadi masyarakat tidak perlu takut lagi akan serangan bubukan pada bambu dan tanpa ragu memilih mebel/bangunan bambu. Seperti apakah obat anti bubuk kayu yang efektif itu?

Obat Anti Kumbang Bubuk

Pengawetan dilakukan untuk memperpanjang masa pakai bambu. Pengawetan bambu secara modern, artinya menggunakan bahan kimia, untuk mengindari serangga perusak kayu. Agar sesuai dengan konsep green building, pengawetan bambu juga harus menggunakan pengawet yang ramah lingkungan juga. Obat anti bubuk kayu BioCide Insecticide adalah produk yang cocok, dapat larut dalam air sehingga relatif ramah lingkungan.

Produk BioCide Insecticide dapat menjadi referensi apabila Anda hendak mendirikan bangunan bambu. Berbahan aktif cypermethrine 100 EC, bahan ini dapat menjadi penangkal untuk menghilangkan rayap pada kayu bambu. BioCide  Insecticide didesain untuk mencegah serangan kumbang bubuk, teter, rayap, dan berbagai serangga hama lainnya. Produk ini bersifat neurotoksik sehingga mampu bekerja sangat efektif. Aplikasi bahan ini mudah, murah, dan relatif aman bagi pekerja dibanding insektisida lain. Sebuah bahan kimia yang diformulasikan dengan kemampuan dan daya sebar luas.

Kemampuan Unik BioCide Insecticide

Kemampuan unik dari obat anti bubuk kayu BioCide insecticide ini, tidak hanya pada masa pengolahan kayu. Lebih dari itu, juga dapat digunakan untuk pemeliharaan bangunan yang mengunakan kayu bambu sebagai kerangka kontruksi yang  bertujuan untuk mengantisipasi datangnya rayap tanah. Produk pengawet bambu BioCide tersebut cukup di siramkan pada pojok-pojok lantai, kerangka bangunan dan dapat diaplikasian dengan system vakum tekan, spray, kuas, hingga rendam. Jika ingin mengaplikasikan produk ini, hubungi kami melalui wa & sms di 082 167 600 693.   .

Furniture Atau Bangunan Bambu Anda Bubukan? Ini Solusinya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply