Agar Furniture Eceng Gondok Tak Cepat Rusak

Terdapat beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kualitas furniture eceng gondok. Bagi para pelaku usaha, pertama-tama Anda harus melakukan dua langkah krusial dalam pengolahan bahan ini. Pertama, pengeringan eceng gondok, dan yang kedua adalah pengaplikasian obat antihama atau pestisida.

Mengapa Pengeringan Perlu Dilakukan?

Eceng gondok adalah tanaman airPengeringan eceng gondok dilakukan karena tanaman ini adalah tanaman air. Saat dipanen, sudah pasti bahan ini basah dan mengandung air sangat tinggi di dalam substratnya. Bila tidak segera diatasi, kondisi tersebut akan memicu tumbuhnya jamur.

Mengapa Harus Diawetkan?

Langkah lain yang seharusnya dilakukan pelaku usaha atau produsen furniture eceng gondok adalah pengaplikasian treatment pengawetan. Pada treatment ini, digunakan beberapa obat pengawet yang dipilih sesuai jenis hama yang menyerang. Sebab, meski bahan tersebut telah kering, sifatnya yang mudah menyerap air tetap mengkhawatirkan. Sehingga bila tidak diberikan proteksi langsung pada substratnya, ancaman serangga maupun jamur tetap saja tak bisa disepelekan.

obat antiserangga kayu mindiKesuksesan treatment ini dipengaruhi berbagai faktor. Salah satunya faktor kualitas obat pengawet. Sebagai bahan masukan dari kami, Anda bisa memilih obat pengawet Insecticide 100 EC dan Microcide 100 EC. Insecticide 100 EC adalah antiserangga atau insektisida yang dapat mencegah dan membasmi berbagai jenis serangga seperti rayap dan kumbang bubuk. Sedangkan Microcide 100 EC adalah antijamur blue stain dan berbagai organisme sejenisnya.

Selain dua cara krusial di atas, ikuti pula langkah untuk menjaga serat ini agar bisa diolah dengan baik hingga sampai di tangan konsumen:

    1. Pastikan ruang penyimpanan atau kontainer pengiriman tidak lembab dan tidak kotor. Anda bisa menggunakan Container Desicant atau Silica Gel bila produk Anda dikemas dalam ukurang kecil-kecil.

 

alterntif text
    1. Agar makin awet, sebaiknya lakukan finishing pada bahan ini. Bila Anda menginginkan tampilan natural, Anda tinggal membeli clear varnish transparan.

 

  1. Tambahkan Film Preservative FPR36 sebagai antijamur atau fungisida yang dicampurkan dalam bahan finishing.

.

Menjaga Kualitas Furniture Eceng Gondok bagi orang Awam

furniture eceng gondok

Berbagai langkah di atas, memiliki peran penting bagi para pelaku usaha untuk menjalankan bisnisnya. Tetapi bagi orang awam, hal-hal di atas jelas tidak relevan diketahui.

Bagi masyarakat awam, beberapa hal sederhana dapat diterapkan. Mulai dari memilih furniture eceng gondok yang dicat/dipernis, menjaganya agar tak tertumpah air hingga membersihkannya secara berkala saja sudah merupakan langkah baik.

Agar Furniture Eceng Gondok Tak Cepat Rusak

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply