Mencegah Gazebo Diserang Rayap? Caranya Bagaimana?

Mengapa harus mencegah gazebo diserang rayap? Tentu banyak alasan yang bisa dikemukanan. Namun pada dasarnya kerusakan yang dapat disebabkan organisme tersebut emang tak bisa disepelekan. Rayap bisa dengan cepat merusak bangunan gazebo yang biasanya terbuat dari kayu dan bambu. Serangan ini umumnya terjadi di bagian kaki sehingga efeknya sangat fatal.

Pengertian Gazebo

Kebanyakan orang bisa menunjuk bangunan mana yang disebut dengan gazebo dan yang bukan. Tapi bagaimana dengan definisi atau pengertiannya?

Secara umum, bisa dikatakan bahwa gazebo merupakan bangunan beratap yang terbuka di sisi-sisinya sehingga memungkinkan kita menikmati alam sekitar dengan lebih leuasa. Gazebo berukuran kecil, namun struktur bangunannya lebih rumit daripada pergola. Pada pergola, bangunan kadang masih dependen atau bergantung pada bangunan lainnya. Sedangkan pada gazebo, bangunan benar-benar berdiri sendiri. Biasanya, bentuk gazebo melingkar, segi enam, dan kotak.

Tujuan pembangunan gazebo sendiri tak lain dan tak bukan adalah untuk kebutuhan rekreatif. Makanya, kita pun banyak menemukan bangunan ini di:

  1. Restauran
  2. Di area wisata dekat danau, teluk, sampai air mancur
  3. Di taman bangunan

Bangunan ini pada umumnya diletakkan di luar bangunan utama. Namun, kadang ada juga yang membuat bangunan ini di dalam struktur bangunan utama. Pada yang terakhir disebut itu, gedung utama sangat luas dan memiliki indoor garden atau taman dalam bangunan.

Faktor yang Membuat Gazebo Diserang Rayap

Karena hampir selalu diletakkan di luar ruangan, gazebo menjadi bangunan yang sangat riskan terserang oleh hama. Makanya, kami di tim antiserangga mengangkat tema cara mencegah gazebo diserang rayap pada artikel kali ini. Faktor-faktor yang menyebabkan serangan hama sendiri antara lain.

1. Fluktuasi suhu dan kelembaban yang tajam. Makin tinggi fluktuasi suhu dan kelembaban, kayu akan makin mudah lapuk. Dan semakin lapuk kayu, semakin tinggi pula kemudahan hama menyerang kayu tersebut.
2. Kondisi tropis. Secara umum daerah beriklim tropis memiliki kerentanan lebih tinggi terhadap aktivitas hama.
3. Sumber sarang hama. Beberapa area lebih rentan terserang hama karena dekat dengan sarang hama, misalnya area dekat dengan sungai, hutan, rawa-rawa, lahan gambut, sampai dekat dengan sungai.
4. Kayu yang dipakai. Makin bagus ketahanan kayu terhadap hama, maka gazebo juga akan makin tahan lama. Baiknya, gunakan kayu dalam kelas ketahanan I atau II. Lakukan juga pengawetan untuk meningkatkan kualitas ketahanan tersebut.
5. Kualitas finishing yang diterapkan. Ya! Jangan salah lho. Kualitas cat atau bahan finishing sangat memengaruhi kondisi gazebo. Lantaran, finishing tak hanya berfungsi sebagai penambah keindahan tapi juga memberikan proteksi. Anda tentu tahu bukan bahwa cat akan membentuk lapisan tipis yang bisa dikelupas? Lapisan ini sangat vital dalam melindungi kayu di baliknya. Karenanya, salah satu cara efektif mencegah gazebo diserang rayap adalah dengan aplikasi finishing outdoor berkualitas tinggi.

Bukan Cuma Rayap yang Perlu Diwaspadai

Bukan cuma rayap yang perlu diwaspadai menyerang gazebo lho. Sebetulnya, hama-hama yang bisa menyebabkan kerusakan pada gazebo, pergola, sampai garden furniture sangat banyak. Misalnya saja:

1. Jamur. Ya, jamur merusapakan salah satu organisme yang bisa menyebabkan kerusakan serius. Jamur mudah menyerang berbagai produk outdoor karena lingkungan luar yang fluktuatif. Kelembaban dan suhu cenderung berubah dengan perbedaan yang tajam. Spora jamur pun tersebar di mana-mana. Untuk mengatasi masalah jamur, lakukan refinishing tiap kali cat rusak. Gunakan juga BioCide SFP (BioCide Surface Film Preservative yang bisa Anda beli di antijamur).
2. Totor. Selain rayap, hama serangga lainnya yang tak kalah destruktif adalah totor. Totor atau teter dalam Bahasa Inggris biasa disebut wood boring beetle. Larva serangga ini biasanya dimasukkan ke dalam kayu oleh induknya. Larva akan memakan kayu dari dalam dan menyebabkan kerusakan parah. Untuk mengatasi totor, Anda bisa memanfaatkan obat rayap dan serangga hama umum BioCide Insecticide.
3. Semut dan Tawon. Semut dan tawon biasanya tidak menyebabkan masalah berarti. Tapi ada kalanya kedua serangga ini pun bisa menyebabkan gangguan pada gazebo kita. Pasalnya, beberapa semut dan tawon dikenal membuat sarang di dalam kayu.

Bagaimana Cara Mencegahnya Serangan Rayap dan Hama Sejenis?

Jangan mengira bahwa melakukan pembersihan rutin saja cukup. Bahkan meletakkan gazebo di wilayah yang kering saja bukan solusi efektif. Sebab, tidak seperti yang selama ini dikira, rayap terdiri dari berbagai macam tipe dengan salah satunya adalah rayap kayu kering. Tipe rayap ini justru sangat menyukai lingkungan dan kayu-kayu berkadar air rendah.

Treatment pencegahan paling efektif hanya bisa dilakukan dengan cara menggunakan insektisida yang mampu mencegah serangan rayap. Namun aplikasinya tidak dilakukan di sarang serangga.

Karena yang dilakukan adalah pencegahan, maka serangan rayap dicegah dengan mengubah kayu. Insektisida diaplikasikan pada kayu tersebut dengan cara direndam atau dioleskan. Peresapan insektisida ini akan membuat rayap tak lagi menyukai kayu.

Solusi seperti ini akan sangat membantu bagi Anda yang tinggal di wilayaj dengan tingkat serangan rayap tinggi. Sebab pada banyak kasus, kondisi lingkungan di sekitar gazebo memang sangat potensi digunakan sebagia sarang rayap. Bila tidak dilakukan treatment khusus antirayap, maka kerusakan tinggal tunggu waktu saja.

Biaya Treatment Pengawetan untuk Mencegah Gazebo Diserang Rayap

Lantas berapa biaya atau dana yang harus dikeluarkan dalam treatment pengawetan tersebut? Jawabannya sangat tergantung pada:

Jumlah Kayu yang Diawetkan

Mengawetkan kayu untuk gazebo pribadi tentu tak semahal mengawetkan kayu untuk gazebo industri. Biasanya hotel dan restauran-restauran menyediakan bangunan ini dalam jumlah cukup signifikan.rayap

Metodenya

Ada beberapa metode pengawetan kayu menggunakan insektisida. Yang paling mahal adalah metode vakum tekan di mana larutan pengawet diresapkan ke dalam kayu pada ruang vakun. Metode ini sangat menguras biaya karena memerlukan alat vakum tekan khusus. Bila Anda menginginkan biaya yang lebih rendah, aplikasikan treatment perendaman dan pengolesan.

Harga Obat Anti Rayap

harga-insektisida-tahun-2017Faktor krusial terakhir yang berpengaruh pada biaya pengawetan untuk mencegah gazebo diserang rayap adalah harga insektisidanya. Variasi harga obat ini di pasaran begitu beragam. Banyak insektisida kayu yang mahal, namun banyak juga yang murah padahal berkualitas seperti BioCide Insecticide. Harga insektisida ini hanya Rp.100.000,- dengan konsentrasi pelarutannya sekitar 0,2% saja.

Keunggulan BioCide sebagai Cara Mencegah Gazebo Diserang Rayap

Di atas telah disebutkan bahwa salah satu yang memengaruhi biaya pengawetan kayu gazebo adalah obat yang digunakan. Dan kami merekomendasikan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah obat anti rayap paling tepat yang bisa digunakan untuk mencegah gazebo diserang rayap. BioCide Insecticide merupakan insektisida kontak lambung yang bisa dipakai untuk mengawetkan berbagai jenis kayu. Produk kami telah menjadi andalan berbagai industrhhhhhhi mulai dari industri mebel, konstruksi bangunan, sampai kerajinan. Pada pembuatan gazebo, BioCide Insecticide bisa diterapkan pra kayu gazebo difinishing dan setelah gazebo difinish. Insektisida ini unggul dalam berbagai faktor mulai dari kualitasnya, harga, sampai sifatnya yang lebih aman digunakan. Tahukah kamu bahwa insektisida ini menggunakan cypermethrin 100 EC? Cypermethrin lebih mudah diuraikan di alam dibandingkan dengan bahan aktif insektisida yang lain.

Ringkasnya, berikut ini keunggulan BioCide Insecticide.

1. Kualitas yang sangat baik
2. Proses penggunaan yang mudah, fleksibel, dan juga hemat
3. Harga yang lebih terjangkau
4. Lebih aman bagi pekerja ataupun bagi lingkungan
5. Lebih hemat digunakan dengan konsentrasi tinggi

Pastikan Anda sudah mengikuti standar keamanan ya ketika menerapkan BioCide Insecticide. Sebab, meski produk ini lebih aman, tapi safety tiap pekerja harus senantiasa diutamakan.

Pesan BioCide Insectide dengan Cara di Bawah ini

Tertarik untuk membeli BioCide Insecticide? Sekarang, BioCide Insecticide sudah bisa dibeli dengan cara yang jauh lebih mudah lho. Beberapa tahun yang lalu, pembelian hanya bisa dilakukan secara langsung saja. Tapi kini, ada setidaknya 3 opsi yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan insektisida ini.

1. Cara pembelian yang pertama, bisa Anda lakukan dengan memesanan secara daring. Silahkan hubungi kontak Bio Service Point untuk pemesanan secara online. Anda bisa menggunakan nomor Call center dan hotline kami. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan email ataupun fax kami. Customer Service kami pasti akan menyambut Anda dengan ramah dan profesional. CS akan memberikan informasi jujur. Jadi jangan ragu menghubungi kami bila Anda ingin memesan atau sekadar bertanya saja.
2. Cara kedua, membeli secara daring di marketplace. Pembelian BioCide Insecticide secara daring juga bisa dilakukan di marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak. Kami telah menyediakan official store di berbagai online shop. Keuntungan membeli di online shop adalah Anda bisa belanja pada agen kami yang alamatnya dekat. Jadi Anda bisa menghemat ongkos kirim. Tapi pastikan agen penjual tersebut memang agen kami ya. Kalau Anda ragu, hubungi saja Customer Service kami untuk turut membantu memastikannya.
3. Cara ketiga, membeli konvensional atau langsung. Membeli BioCide Insecticide secara konvensional tentu saja juga masih bisa dilakukan. Caranya masih sama, yakni dengan mengunjungi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa membeli lewat agen kami di Surakarta dan Surabaya.

Tidak sulit kan membeli BioCide Insecticide? Bukan hanya tidak sulit, ada 3 varian membeli produk ini. Anda pun bisa memilih cara pembelian paling nyaman. Toh, ketiganya sama baiknya. Anda pun akan tetap mendapatkan insektisida terbaik untuk mengawetkan kayu, BioCide.

Nah, kiranya itu yang bisa kami bagikan mengenai cara mencegah gazebo diserang rayap. Semoga bermanfaat ya!

Leave a Comment