Basmi Jamur Pada Kayu Dengan Obat Anti Jamur Ramah Lingkungan Ini

0
979
Basmi Jamur Pada Kayu Dengan Obat Anti Jamur Ramah Lingkungan Ini

Jamur merupakan organisme yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Terdapat jenis-jenis jamur yang baik untuk dikonsumsi dan bahkan ada pula jenis jamur yang beracun atau berdampak buruk pada kesehatan. Tidak sedikit pula kita jumpai jamur tumbuh di berbagai tempat di sekitar kita seperti tembok, sepatu, barang berbahan kulit atau bahkan di furniture. Pada umumnya, jamur yang menyerang tempat-tempat tertentu diakibatkan oleh keadaan ruangan yang lembab. Hal demikianlah yang menyebabkanjamur sangat mudah tumbuh baik yang hanya membahayakan furniture saja atau bahkan sampai mengganggu kesehatan dan lingkungan.

Basmi Jamur Pada Kayu Dengan Obat Anti Jamur Ramah Lingkungan Ini

Furniture yang kerap terserang jamur pada umumnya adalah dibagian belakang yang bersentuhan langsung dengan tembok atau bagian bawah yang bersentuhan langsung dengan tanah. Kedua tempat tersebut yakni tembok dan tanah merupakan tempat yang memilliki tingkat kelembaban tinggi. Maka dari itu, sebelum terjadinya serangan jamur alangkah baiknya tidak meletakkan furniture bersentuhan langsung dengan tanah atau tembok. Jika hal ini terjadi maka ada baiknya untuk segera mengaplikasikan obat anti jamur permukaan ramah lingkungan.

Cara Menjaga Furniture Agar Tidak Mudah Terserang Jamur

Jamur yang menyerang furniture pada umumnya ada banyak jenis sehingga penangannya pun tidak sama. Dan jamur yang sering menggangu pengrajin kayu adalah jamur blue stain yang notabene tidak mudah jika dihilangkan begitu saja menggunakan obat anti jamur. Satu-satunya cara untuk menyamarkan blue stain adalah dengan memutihkan kayu secara manual atau memotong bagian kayu yang terserang blue stain. Namun jenis jamur lain yang cukup mengganggu bagi kalangan penghuni rumah adalah jamur permukaan. Jamur ini memiliki jenis dan tampilan yang berbeda-beda. Bahkan jamur sendiri memiliki tingkat bahaya yang berbeda sehingga penanganannya tidak boleh sembarangan. Kadangkala banyak orang melakukan kesalahan mengenai cara membasmi jamur alhasil memungkinkan menyerang kesehatan.

Sebelum membahas lebih mendalam mengenai cara membasmi jamur, alangkah baiknya mencegah terjadinya serangan jamur. Hal ini lebih baik dilakukan karena mengurangi kemungkinan jamur muncul. Apabila jamur muncul maka untuk membasmi jamur tidak lah cukup mudah karena membutuhkan waktu. Nah, berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar furniture Anda tidak mudah terserang jamur:

  1. Pastikan keadaan ruang Anda tidak lembab. Apabila terdapat tampungan air maka segera mungkin untuk menutup tampungan tersebut. Sebab, tampungan air tersebut dapat memicu molekul air di udara semakin meningkat. Anda bisa membuka jendela maupun pintu agar sirkulasi udara berjalan dengan baik dan pencahayaan yang masuk cukup. Kedua faktor ini cukup efektif untuk membuat ruangan lebih lega.
  2. Seperti yang sudah disinggung diatas bahwa jangan letakkan furniture kayu atau bahan serat alam lainnya langsung berdekatan dengan tembok atau bersentuhan langsung dengan tanah.
  3. Rawat furniture secara rutin setiap hari untuk menghilangkan debu. Sebab, debu yang berterbangan memungkinkan membawa benih jamur yang bisa tumbuh kapan saja. Selain itu, rawat furniture tersebut menggunakan poles kayu agar tampilan dan kualitas kayu terjaga dengan baik.
  4. Segera keringkan apabila terdapat tempat yang basah akibat atap bocor, air yang tumpah atau yang lainnya.
  5. Anda bisa mengaplikasikan obat anti jamur permukaan ramah lingkungan untuk langkah treatment furniture kayu di hunian rumah Anda.

Furniture yang terbuat dari kayu sangat perlu diperhatikan dan bahkan harus dirawat secara rutin. Karena kayu juga sangat rapuh terutama ketika kelembaban udara mulai tinggi yang menjadi pemicu munculnya jamur dan serangga. Maka dari itu, ketika dalam ruangan sudah dirasa sangat lembab sebaiknya untuk segera membuka pintu atau jendela. Hal ini juga bisa mengurangi bau pengap yang kerap terjadi ketika ruangan tertutup.

Hilangkan Jamur Dengan Obat Anti Jamur Permukaan Ramah Lingkungan

Jika membicarakan jamur pada furniture maka kita akan dihadapkan dengan cara mengatasinya. Seringkali saat mengaplikasikan obat anti jamur, banyak masyarakat di sekitar kita tidak menggunakan pelindung dan dengan asal mengoleskan obat anti jamur tersebut tanpa memperhatikan prosedur keamanan. Padahal setiap jamur memiliki tingkat bahaya yang berbeda, ada jenis jamur yang menyebabkan iritasi baik iritasi kulit maupun iritasi pernafasan, selain itu jamur juga bisa menyebabkan keracunan. Maka, sangat penting sekali selama pengaplikasian obat anti jamur agar selalu menggunakan alat bantu keamanan.

Basmi Jamur Pada Kayu Dengan Obat Anti Jamur Ramah Lingkungan IniJamur sendiri juga ada yang jenis jamur yang membandel dan adapula yang mudah untuk dihilangkan maka dari itu untuk membasmi jamur membutuhkan waktu yang cukup lama, tidak haya satu atau dua kali saja. Jika jamur masih tetap muncul maka sesering mungkin untuk mengaplikasikan obat anti jamur. Treatment furniture kayu menggunakan obat anti jamur yang dilakukan secara rutin akan kecil kemungkinan jamur atau mikroorganime lainnya tumbuh berkembang.

Obat anti jamur saat ini banyak dijual di pasaran sehingga Anda akan dengan mudah untuk mendapatkannya. Namun yang perlu diingat bahwa tidak semua obat anti jamur aman untuk digunakan, ada sebagian obat anti jamur yang mengandung kimia berbahaya yang bisa membahayakan kesehatan. Jika salah menggunakan obat anti jamur, tidak hanya jamur yang hilang namun nyawapun juga bisa melayang. Hal ini dikarenakan sifat kandungan kimia yang digunakan obat anti jamur pada umumnya beracun dan bisa menyebabkan kematian.

Agar tidak salah, sebaiknya gunakan obat anti jamur permukaan ramah lingkungan, BioCide Surface Film Preservative. Obat anti jamur ini merupakan spesialis pembasmi jamur pemukaan yang seringkali muncul seperti jamur dengan warna kecoklatan, kekuningan, kehitaman yang umum muncul karena ruangan yang lembab. Obat anti jamur ini sangat efektif membasmi jamur permukaan karena mengandung bahan aktif seperti Diuron, Carbendazin Calcium bis. Bahkan tidak hanya baik untuk membasmi jamur permukaan namun juga efektif untuk menghilangkan lumut maupun bakteri yang terkadang sering terjadi pada tembok maupun furniture. Bakteri juga merupakan organisme yang membahayakan karena mampu merusak furniture.

Meskipun obat anti jamur ini tergolong ramah lingkungan namun tetap saja harus hati-hati karena mengandung bahan kimia. Bahan-bahan tersebut bisa menyebabkan iritasi maupun keracunan meskipun instensitas dampaknya tidak terlalu parah daripada produk lain. BioCide Surface Film Preservative ini cocok diaplikasikan pada furniture interior maupun eksterior sehingga wajar saja jika obat anti jamur ini sangat fleksibel.

Untuk pengaplikasian obat anti jamur ini, Anda bisa mengaplikasikannya langsung atau dengan dicampurkan air baik dengan cara dioles, semprot, injeksi, vakum tekan maupun celup. Sebaiknya ketika mengaplikasikan obat anti jamur ini selalu memperhatikan keamanan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Akan lebih baiknya untuk selalu menggunakan sarung tangan, masker, kaca mata, kaos, celana dan sepatu. Dan apabila sudah selesai mengaplikasikan atau menggunakan obat anti jamur tersebut maka taruh di tempat yang teduh dan jauhkan dari sinar matahari langsung. Dan yang perlu diperhatikan adalah jauhkan obat anti jamur ini dari jangkauan anak-anak.

SHARE

Leave a Reply