Hindari Mebel Bubukan, Buat Sendiri Kayu yang Awet dan Murah!

Cara utama memangkas budget produksi pembuatan furniture adalah menggunakan kayu yang murah. Sayangnya, kualitas kayu yang murah dipertanyakan. Keawetan kayu tersebut hampir selalu buruk. Kira-kira ada tidak ya kayu yang awet dan murah sekaligus?

Segmen pasar pembeli mebel bisa dibedakan menurut daya belinya. Karenanya, mebel yang dijual di pasaran pun seringkali didesain dengan kelas-kelas harga tertentu agar sesuai dengan kebutuhan tiap lapisan masyarakat.

Di antara mebel-mebel tersebut, kita mengenal mebel-mebel harga murah yang biasanya dijual oleh toko mebel kecil. Rentang harga di toko mebel seperti ini jauh lebih rendah dibanding di toko mebel yang lebih besar. Katakanlah, sebuah lemari kecil dijual dengan harga Rp. 800.000,- di toko mebel besar, tapi di toko seperti itu, lemari hanya dijual pada kisaran Rp. 200.000,- sampai Rp. 400.000,-. Murahnya harga furniture-furniture tersebut tentu menarik perhatian banyak orang. Eits, tapi pada kenyataannya, mebel seperti ini tak selalu laku lho. Malahan tak jarang orang lebih rela membeli mebel yang harganya lebih mahal. Alasannya? Fenomena mebel bubukan adalah salah satu persoalan yang paling membuat masyarakat jengah dengan furniture-furniture murah tersebut.

Kayu yang Awet dan Murah

Fenomena Furniture Murah Bubukan

Fenomena bubukan mengacu pada fenomena di mana mebel mengeluarkan bubuk kayu di satu atau beberapa bagiannya. Fenomena seperti ini disebabkan oleh kumbang bubuk kayu yang biasa disebut sebagai teter atau totor.

Pada mulanya, induk kumbang meletakkan telur mereka pada celah atau lubang kayu. Seiring berjalannya waktu, telur akan menetas dan menjadi larva. Larva inilah yang kemudian memakan kayu dari dalam dan menyebabkan kayu menjadi keropos. Galian lubang dan kotorannya akan keluar secara berkala dalam bentuk bubuk.

Kenapa kumbang bubuk lebih sering menyerang mebel yang harganya murah dibanding yang tidak? Bukan kasus yang jarang lho, ketika pembeli sudah mengalami masalah bubukan ini hanya berselang 1 hari pasca pembelian. Penyebab masalah ini adalah:

  1. Pengrajin mebel yang menggunakan kayu berkualitas rendah. Ya, untuk membuat mebel yang murah, budget produksi jelas harus dipangkas. Dan karenanya, mereka akan memilih menggunakan kayu yang murah. Sayangnya, kayu yang murah biasanya tidak awet.
  2. Pengrajin tidak menggunakan bahan finishing berkualitas. Padahal, sedikit banyak lapisan finishing bisa melindungi mebel dari serangan kumbang bubuk.
  3. Tidak dilakukan treatment untuk membuat kayu jadi tahan terhadap serangan kumbang bubuk.

Kayu Tahan Bubuk yang Mahal

Indonesia merupakan salah satu negara dengan biodiversitas tertinggi di dunia. Kita berada di peringkat kedua setelah Brazil dari ratusan negara lainnya. Di industri pengolahan kayu pun, kita dimanjakan dengan variasi kayu yang sangat beragam. Tapi sayangnya, kebanyakan kayu di Indonesia memiliki ketahanan yang rendah. Kalaupun ada kayu yang tahan teter, jumlahnya tidak banyak dan harganya sangat mahal. Kita tak bisa berharap dengan mudah menemukan kayu yang awet dan murah untuk membuat mebel dengan harga terjangkau.

alterntif text

Lihat saja kayu-kayu yang berada di kelas awet I dan II. Jati, Ebony, dan mahoni jelas bukan kayu yang terjangkau. Ketiga kayu tersebut dibanderol dengan harga yang sangat mahal dan diminati pasar sehingga supplynya pun selalu terbatas.

Buat Sendiri Saja Kayu yang Awet dan Murah!

Lantas apa yang bisa dilakukan? Apabila kita kesulitan menemukan kayu yang awet tapi murah, kita “buat” sendiri saja kayu seperti itu! Buat?

Ya, kita bisa mengubah tingkat keawetan kayu-kayu murah dengan menerapkan treatment pengawetan khusus. Treatment atau perlakuan pengawetan adalah serangkaian usaha untuk membuat kayu jadi lebih tahan lama. Treatment pengawetan dilakukan dengan cara meresapkan obat antihama pada kayu. Jadi, kayu menjadi tahan terhadap hama. Hama bahkan bisa terbasmi ketika memakan kayu. Dengan kata lain, treatment seperti ini akan memberikan perlindungan langsung pada subsrat kayu itu sendiri yang sering dimakan atau dijadikan sarang oleh serangga hama seperti teter.

Dengan usaha pengawetan ini, kita pun bisa menghasilkan kayu yang awet dan murah. Kita bisa memakai kayu dalam kelas keawetan rendah (misalnya kelas III, IV, hingga V) yang harganya terjangkau untuk membuat mebel yang tahan lama.

Gunakan BioCide Insecticide untuk Membuat Kayu yang Awet dan Murah

BIOCIDE INSECTICIDE

Meskipun secara umum treatment pengawetan bisa memberikan efek yang baik, namun perlu dipahami bahwa hasil treatment bisa berlainan tergantung pada beberapa faktor. Di antara faktor yang berpengaruh adalah obat pengawet yang digunakan. Dalam hal ini, kami rekomendasikan Anda untuk menggunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida racun kontak yang memiliki efek sangat baik memberikan perlindngan anti serangga hama pada kayu. Insektisida ini menggunakan bahan aktif cypermethrin yang sangat tahan lama. Selain itu, insektisida ini juga lebih aman digunakan dan lebih ramah lingkungan. BioCide Insecticide juga diformulasikan dalam konsentrasi tinggi sehingga lebih hemat digunakan. Pun, pelarut yang digunakan adalah air sehingga Anda tak perlu membeli pelarut solvent.

Bagaimana dengan harganya? Didesain dengan konsentrasi tinggi, produk ini sangat hemat sebagaimana diterangkan di atas. Selain itu, nominal harga BioCide Insecticide juga terjangkau. Anda pun bisa membeli dalam kemasan kecil 150 ml. Sangat menarik, bukan?

Dengan BioCide Insecticide, membuat kayu yang awet dan murah menjadi lebih mudah. Anda juga bisa mengandalkan pengawet ini untuk kayu pallet lho. Pallet adalah kayu bekas peti kemas yang banyak dicari oleh pengrajin mebel untuk membuat furniture dengan desain vintage. Pallet meskipun menarik namun perlu ketahanan karena merupakan kayu daur ulang. BioCide Insecticide telah menjadi andalan banyak perusahaan furniture pallet di tanah air yang berorientasi pada pasar nasional ataupun internasional.

Begini Cara Pesan BioCide Insecticide

Berikut ini cara memesan BioCide Insecticide.

  1. Pemesanan bisa dilakukan secara online, caranya dengan menghubungi kami via kontak antiserangga.com yang disediakan. Anda akan dipandu melewati tahapan pemesanan langkah demi langkah dengan mudah oleh CS kami yang ramah dan berpengalaman.
  2. Pemesanan di berbagai toko daring seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Anda tinggal mencari produk BioCide kami yang dijual di marketplace tersebut.
  3. Pembelian secara langsung di Bio Service Point di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Pembelian juga bisa dilakukan di agen kami, misalnya di Surakarta dan Surabaya. Info lengkap mengenai agen kami silahkan tanyakan pada Customer Service.

Ayo, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Sebab bagaimanapun juga, kebutuhan kayu yang awet dan murah begitu tinggi. Dengan BioCide Insecticide Anda bisa menyulap kayu yang tadinya tidak awet dan mudah diserang teter menjadi kayu yang sangat awet dan tahan teter. Itupun degan budget yang sangat murah karena BioCide Insecticide memang terjangkau dan sangat hemat digunakan.

Semoga bermanfaat, ya.

Hindari Mebel Bubukan, Buat Sendiri Kayu yang Awet dan Murah!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply