Cypermethrin Aman atau Tidak, ya? Ini Jawabannya

Apa itu Cypermethrin? Apakah Cypermethrin Aman atau Tidak?

Pada artikel sebelumnya sebetulnya kita telah membahas mengenai cypermethrin. Singkatnya, cypermethrin adalah senyawa kimia buatan dari golongan pyrethroid yang biasa dipakai untuk membuat insektisida.

Nah, di artikel ini, tim antiserangga.com ingin menjelaskan lebih rinci mengenai tingkat keamanan cypermethrin sehingga dipakai dalam formulasi BioCide Insecticide. Tingkat keamanan suatu produk pada dasarnya harus diuji dengan kredibel. Selain itu harus diterapkan kriteria keamanan yang jelas. Misalnya saja kriteria keamanan berdasarkan 3 poin di bawah ini.

  1. Mudah tidaknya didaur ulang di alam sehingga tidak menyebabkan sampah alam beracun
  2. Hasil residu lanjutannya di alam
  3. Sifatnya pada organisme non target (tingkat keamanannya pada serangga non hama)

Kenapa membahas masalah keamanan sangat diperlukan? Banyak di antara kita yang mungkin pernah mengalami era penggunaan insektisida yang sangat membahayakan atau mendengarnya di sekolah. Pada masa itu, digunakan DDT yang ternyata menyebabkan populasi burung menurut drastis. Rupanya DDT memiliki efek samping pada organisme non target sehingga benar-benar merusak ekosistem. Saat ini penggunaan DDT sudah tidak diperbolehkan lagi dan regulasi pada produk pestisida juga diperketat. Menyadari hal-hal ini, kami di Antiserangga.com senantiasa memandang bahwa masalah keamanan produk adalah hal yang sangat vital dalam usaha pengawetan kayu modern.

Alasan Kenap Cypermethrin Aman

Cypermethrin sebagai Insektisida Racun Kontak Lambung

Salah satu aspek yang membuat cypermethrin aman adalah karena tidak menghasilkan residu lanjutan. Pasalnya, cypermethrin adalah insektisida golongan pyrethroid. Kelompok pyrethroid biasanya dimasukkan dalam kategori insektisida kontak. Insektisida kontak tidak bekerja mengikuti sistem produk yang diawetkannya. Insektisida ini bekerja secara sederhana hanya dengan peresapannya pada bahan yang diawetkan. Keuntungan dari insektisida seperti ini adalah lebih aman karena tidak menyebabkan residu lanjutan. Ini berbeda dengan insektisida sistemik yang cenderung lebih rumit dalam penanganannya karena menyebabkan residu yang toksik di alam.

Lebih Mudah Didegradasi atau Diuraikan

Selain karena tergolong insektisida racun kontak, klaim cypermethrin aman juga didasarkan pada fakta bahwa bahan ini lebih mudah diuraikan. Cypermethrin akan lebih cepat terurai ketika sudah kontak dengan lingkungan luar (di tanah). Hal ini membuatnya lebih aman digunakan. Sebab, efeknya pada serangga non target seperti ikan, biawak, dan lain-lain bisa diminimalisir.
Penggunaan Pelarut Air
Penggunaan pelarut air juga menyumbang poin keamanan digunakannya cypermethrin. Sebab dibanding menggunakan solvent, cypermethrin aman dengan pelarut air yang tidak menyebabkan VOCs.

Tahukah Anda apa itu VOCs? VOCs adalah singkatan dari Volatile Organic Compounds. VOCs terdapat sangat amat banyak pada pelarut solvent. Saat kita menggunakan berbagai produk berpelarut solvent, lama kelamaan akan terjadi penyerapan VOCs dalam pernafasan kita. Hal ini akan membuat berbagai gangguan lebih parah terjadi lebih lanjut. Contoh bahan VOCs adalah toulena dan benzena. Kedua bahan tersebut bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Efek pada Organisme Non Target

Cypermethrin merupakan insektisida racun kontak yang juga bisa dikategorikan sebagai insektisida lambung. Artinya, insektisida ini pun bisa menyebabkan efek racun pada organisme non target seperti ikan, burung, dan kucing. Terhadap manusia, cypermethrin memiliki tingkat toksisitas medium. Karenanya, bahan ini pun tak bisa dikatakan 100% tak memberikan efek apapun pada organisme lain. Hanya yang perlu digaris bawahi, cypermethrin lebih aman bila dibandingkan dengan insektisida yang lain. Yang perlu Anda ingat hanyalah senantiasa menggunakan insektisida ini sesuai anjurannya, dan menggunakan alat-alat safety tools mulai dari kacamata sampai sarung tangan.

Jadi, Benarkah Cypermethrin Aman dan Ramah Lingkungan?

Dari penjelasan yang telah diuraikan di atas, kita bisa mengatakan bahwa sebagai bahan aktif insektisida, cypermethrin adalah pilihan yang baik dari segi keamanannya, baik pada lingkungan ataupun pada manusia. Produk kami BioCide Insecticide pun dengan kata lain, merupakan insektisida yang lebih aman dibanding insektisida yang lain. Tapi ingat! Seaman apapun bahan insektisida, kita tak boleh mengabaikan masalah keselamatan diri dan lingkungan. Cypermethrin bisa memberikan dampak buruk pada organisme non target seperti ikan dan kucing. Jadi:

  1. Selalu gunakan pelindung diri saat bekerja menggunakan bahan ini
  2. Selalu bersihkan diri pasca menggunakan bahan ini
  3. Selalu gunakan bahan ini sesuai acuan atau rekomendasi yang berlaku (Jangan menggunakan secara berlebihan dan sembarangan)
  4. Jauhkan dari anak-anak dan juga hewan peliharaan
  5. Terkait efeknya pada lingkungan, pastikan treament pengawetan kayu memiliki sistem buangan limbah yang sesuai standar

BioCide Insecticide: Produk Berbasis Cypermethrin untuk Pengawetan Kayu Modern

BIOCIDE INSECTICIDE

Seperti dijelaskan sebelumnya, karena alasan-alasan di ataslah, BioCide Insecticide diformulasikan dengan cypermethrin. Dan untuk melengkapi keamanan BioCide, kami juga menerapkan keseluruhan bahan dengan formulasi yang lebih aman. Ini dilakukan karena BioCide Insecticide ditujukan untuk mendobrak paradigma pengawetan kayu yang cenderung membahayakan. Kami percaya pada perlakuan wood preservation yang lebih modern yang memperjuangkan semangat kelestarian alam. Namun demikian, tentu saja, produk ini juga kami desain dengan kualitas yang baik sebagai pencegah hama. Jadi, Anda tak perlu meragukan perlindungan antiserangga yang didapatkan dari insektisida ini.

Efek BioCide Insecticide Bekerja?

Insektisida ini bekerja dengan cara:

  1. Peresapan BioCide Insecticide pada media yang hendak diawetkan. Misalnya yang akan diawetkan adalah kayu, maka BioCide Insecticide diresapkan dalam kayu.
  2. Kayu menjadi toksik terhadap hama karena mengandung cypermethrin.
  3. Serangga yang nekat mendekat pada kayu atau malah memakannya akan terserang sarafnya. Cypermethrin bekerja sebagai racun syaraf membahayakan pada serangga yang harus benar-benar diantisipasi.

Cara Memesan BioCide Insecticide

Bagaimana? Sudah bisa dipastikan bahwa BioCide Insecticide adalah insektisida andalan yang cocok untuk perlakuan pengawetan modern yang memerhatikan masalah kelestarian alam.
Nah, bagi Anda yang tertarik membeli insektisida ini, terdapat 3 opsi pembelian BioCide Insecticide. Silahkan pilih cara yang menurut Anda paling nyaman.

  1. Secara langsung. Caranya, kunjungi kami di Bio Service Point. Saat ini Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Anda juga bisa membeli di agen kami di Surakarta hingga Surabaya. Untuk informasi yang lebih jelas mengenai alamat agen kami, hubungi dulu Customer Service untuk memastikannya.
  2. Pemesanan secara online di antiserangga.com. BioCide Insecticide bisa dibeli secara online langsung dari website ini. Hubungi saja CS kami. CS akan membantu Anda mendapatkan produk ini dengan ramah dan profesional.
  3. Pembelian di toko daring atau online shop. Produk kami juga tersedia di berbagai toko daring di Indonesia. Apabila Anda terbiasa belanja di toko daring dan ingin membeli produk kami dengan cara tersebut, langsung saja cari produk kami di kotak pencarian marketplace langganan Anda.

Membeli BioCide Insecticide pada akhirnya sangat mudah dilakukan. Jadi, kenapa tak membeli sekarang juga? Apalagi membeli produk berbasis cypermethrin aman dengan formula rahasia terbaik yang bisa kita andalkan.

Leave a Comment