Imidakloprid : Kegunaan, Efektivitas, dan Contoh Produknya

Satu di antara berbagai bahan aktif yang dipakai dalam aneka produk insektisida adalah imidakloprid. Seperti apa bahan ini, bagaimana efektivitasnya, dan apa dampaknya pada lingkungan?

Pengertian Imidakloprid

Secara ringkas imidacloprid adalah salah satu jenis bahan aktif untuk berbagai produk insektisida. Bahan ini biasanya digunakan di bidang pertanian dan termasuk insektisida sistemik.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Sebagai bahan aktif, zat tersebut bertindak sebagai racun syaraf yang akan menyerang sistem neuron pusat serangga, khususnya dengan memblokade reseptor nicotinic acetylcholine. Akibatnya, imidacloprid akan menahan acetylcholine menstransmisikan impuls yang pada akhirnya menyebabkan serangga mengalami paralysis dan kematian.

Hingga hari ini imidakloprid telah banyak digunakan karena dianggap memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut.

  1. Penyerapan oleh tanaman yang cepat sehingga saat diaplikasikan tidak akan banyak yang terbuang oleh paparan air dan faktor yang lain.
  2. Bisa digunakan untuk mengatasi hama yang telah resisten terhadap berbagai insektisida yang lain seperti insektisida piretroid, organofosfat dan juga karbamat.
  3. Memberikan perlindungan yang lebih lama.
  4. Bisa memberikan proteksi terhadap tunas tanaman yang masih muda
  5. Merupakan insektisida sistemik yang bisa ditranslokasikan ke berbagai jaringan tanaman.
  6. Pemakaian yang hemat karena penggunaan yang sedikit saja cukup untuk pengendalian hama (55–140 g/ha)
  7. Dibanding beberapa insektisida lain, bahan ini lebih aman digunakan

Kegunaan Imidakloprid

Seperti diterangkan di atas, imidakloprid biasanya digunakan untuk insektisida di bidang pertanian. Banyak yang mengandalkannya sebagai insektisida utama atau sebagai alternative ketika dirasa hama yang menyerang sudah kebal terhadap insektisida yang lain.

Imidakloprid

Cara Kerja

Sebagai insektisida sistemik, imidacloprid akan diserap oleh akar tanaman dan menyebar ke berbagai jaringan yang lain. Bahan ini akan tersebar melalui pembuluh xylem. Selain lewat akar, bahan ini juga bisa meresap ke dalam jaringan tanaman lewat kutikula daun. Dan karenanya banyak yang menyebut insektisida ini sebagai insektisida translaminar.

promo produk biocide surface film preservative

Ketika serangga memakan tumbuhan yang mengandung imidakloprid, serangga tersebut akan mengalami gangguan syaraf. Sebab seperti dijelaskan di atas, insektisida ini akan langsung menyerang sistem syaraf pusat dan mengacaukan impulsnya.

Efek dan Keamanannya

  1. Menurut WHO, insektisida ini “moderately toxic” bagi mamalia ketika terpapar lewat oral (dikonsumsi) dan “low toxic” ketika terpapar lewat kulit.
  2. Bagi beberapa hewan lain, seperti lebah, insektisida ini bisa begitu membahayakan. Sehingga pemakaiannya harus hati-hati supaya tidak mengancam populasi lebah yang bukan merupakan hama di bidang pertanian.

Adapun bagi lingkungan, penggunaan imidakloprid bisa diuraikan dengan mudah di air yang terkena cahaya matahari. Sayangnya, laju penguraian menjadi lambat ketika sinar matahari kurang. Di tanah, imidacloprid akan berikatan dengan material organic dan ketika terkena sinar matahari bisa diuraikan. Sebuah penyelidikan pernah dilakukan di Amerika Serikat mengenai kandungan bahan ini di air tanah (yang jauh dari paparan matahari). Dan, hasilnya ternyata kandungan zat ini sangat rendah di bawah 1 ppb (part per billion) dengan maksimal 7 ppb saja yang artinya tidak membahayakan kesehatan manusia.

Contoh Merk Dagang Insektisida Imidakloprid

Berikut ini beberapa produk insektisida yang memanfaatkan bahan tersebut.

  1. ROTAPRID 350 SC
  2. AGROVIN 200 SL
  3. SEMUADOR 200 SL
  4. ALENA 200 SL
  5. BM THIOMET 200 SL
  6. CONFIDOR 200 SL
  7. AMIRID 200 SL
  8. AVIDOR 200 SL
  9. SOLDIER 200 SL
  10. CRISTA 200 SL
  11. AJIN 70 WP
  12. DAGGER 200 SL
  13. FIDARID 200 SL
  14. IMIDATOP 350 SL
  15. BESVIDOR 200 SL
  16. ALAMO 350 SC BULFIDOR 300 SC
  17. CONFIDOR 70 WG
  18. CONFIDOR EXTRA 350 SC
  19. DHAPPAR 375 SC
  20. IMIDAGOLD 200 SL
  21. EXPERTO 300 SC
  22. FIPROMIX 600 SC
  23. GALIL 300 SC
  24. KLOPRID 200 SL
  25. BIFENCLO 130 SC
  26. GAUCHO 350 FS
  27. IMIDAPLUS 200 SL
  28. IMIDASTAR 200 SL
  29. MOVENTO ENERGY 240 SC
  30. LANDER 250 EC
  31. ENCLOR 328 SC
  32. INSETTO 200 SL
  33. DELOUSE 200 SL
  34. INTERPRID 200 SL
  35. KOMPITOR 200 SL
  36. LANIDOR 200 SL
  37. OPTION 350 SC
  38. LENTRA 200 SL
  39. MITIDA 200 SL
  40. KOHINOR 200 SL
  41. NAVIGATOR 200 SL
  42. PUNTO 200 SL
  43. RUDOR 200 SL
  44. SAFE 1 200 SL
  45. AMIDA 200 SL
  46. SANFIDOR 200 SL
  47. PAZTIDOR 200 EC
  48. SERANG 200 SL
  49. SOLOMON 300 OD

Simpulan

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa:

  1. Imidakloprid adalah salah satu bahan insektisida yang banyak digunakan manusia karena beberapa kelebihannya.
  2. Secara umum, insektisida sistemik ini bisa memberikan perlindungan yang baik dan juga tingkat keamanan yang masih sesuai standar berbagai lembaga kesehatan dunia.
  3. Terdapat sangat banyak produk antiserangga yang memanfaatkan zat ini dari sanfidor sampai paztidor.

Kalau Insektisida untuk Kayu, BioCide Jawabannya

Di atas telah dijelaskan mengenai insektisida untuk bidang pertanian. Produk insektisida sendiri digunakan di banyak bidang, bukan hanya bidang pertanian saja. Salah satunya untuk bidang woodworking. Namun tentu, antiserangga untuk industri woodworking tidak bisa disamakan dengan insektisida pertanian. Dalam industri woodworking misalnya, insektisida sistemik tak akan bisa dipakai karena kayu yang hendak diproteksi sudah tak memiliki sistem transportasi (xylem dan floem) yang masih berjalan.

Untuk kebutuhan insektisida pengawetan kayu, produk yang kami sarankan adalah BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida racun kontak. Sama seperti imidakloprid, insektisida ini merupakan neurotoksin yang menyerang sistem syaraf pusat serangga. Hanya saja, BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC.

Produk ini bisa digunakan untuk melindungi kayu dari serangan:

  1. Hama rayap
  2. Hama teter atau kutu bubuk
  3. Berbagai jenis kutu kayu
  4. Berbagai ulat dan larva kayu
  5. Berbagai jenis kumbang dan semut penggali kayu lainnya

Kelebihan-kelebihan BioCide Insecticide

  1. Perlindungan sangat baik
  2. Mudah diterapkan
  3. Pemakaian hemat
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Harga terjangkau
  6. Tidak menyebabkan kayu jadi sulit dicat
  7. Lebih aman digunakan dibanding banyak insektisida yang lainnya

Pemesanan BioCide Insecticide

Bagi Anda yang ingin membeli insektisida di bidang woodworking, segera kontak kami sekarang juga. Anda bisa memperoleh BioCide Insecticide untuk pembuatan mebel, kerajinan, hingga konstruksi bangunan. Customer Service kami akan melayani Anda dengan profesional dan ramah. Proses pemesanan juga cepat dan transparan.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point yang bertempat di Cirebon, Jepara, dan juga Yogyakarta. Agen-agen kami di berbagai kota juga bisa menjadi rujukan pembelian BioCide Insecticide.

Kiranya, demikian informasi yang bisa kami bagikan mengenai imidakloprid. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi penting dan menarik yang lain di antiserangga.com.

promo produk white agent wa-250