Ini Daftar Kayu Kelas Kuat II

Pada artikel sebelumnya telah dijabarkan beberapa contoh kayu dalam kelas kuat I. Bagaimana dengan kayu kelas kuat II?

Meski tidak sebaik kayu kelas kuat I, namun dengan kekuatannya yang cukup mumpuni, kayu-kayu dalam golongan kelas II pun bisa diandalkan untuk kebutuhan heavy duty. Misalnya saja untuk:

  1. Pembuatan rangka bangunan yang membutuhkan kekuatan tinggi
  2. Pembuatan rangka jembatan dan moda transportasi yang membutuhkan kekuatan tinggi
  3. Pembuatan furniture yang membutuhkan kekuatan tinggi

Daftar Kayu Kelas Kuat II

Berikut ini daftar kayu yang biasanya masuk dalam kategori kelas kekuatan II. Penting diingat bahwa kadang kala kayu-kayu ini bisa masuk ke kelas I atau III karena beberapa faktor seperti variasi pohon.

Gelam
  1. Kayu Anpupu: masuk kelas I atau II
  2. Kayu Matoa: I, II, atau III
  3. Kayu Medang: II atau V
  4. Kayu Melur: II atau IV
  5. Kayu Membacang: II atau III
  6. Kayu Mensira G: II atau III
  7. Kayu Meranti Merah: II atau IV
  8. Kayu Merawan: II atau III
  9. Kayu Merbau: I atau II
  10. Kayu Mempayang II atau III
  11. Kayu Cempaga: kelas kuat II
  12. Kayu Cengal: kelas II atau III
  13. Kayu Durian: kelas II atau III
  14. Kayu Gadok: kelas kuat I, II, atau III
  15. Kayu Gelam: kelas kuat II
  16. Kayu Gisok: Kelas kuat I atau II
  17. Kayu Gofasa: kelas kuat II atau III
  18. Kayu Jangkang: kelas II atau III
  19. Kayu Jati: kelas kuat II
  20. Kayu Jobar: kelas kuat I atau II
  21. Kayu Cendana: masuk kelas I atau II
  22. Kayu Bakau: masuk kelas I atau II
  23. Kayu Balau: masuk kelas I atau II
  24. Kayu Bayur: masuk kelas II atau III
  25. Kayu Belangeran: masuk kelas I atau II
  26. Kayu Berumbung: masuk kelas I atau II
  27. Kayu Bintangur: masuk kelas II atau III
  28. Kayu Bugis: masuk kelas II atau III
  29. Kayu Bungur: masuk kelas I atau II
  30. Kayu Cemara: masuk kelas I atau II

Pentingnya Pengawetan untuk Kayu Kelas Kuat II

Kayu kelas II seperti dijelaskan di atas merupakan kayu yang memiliki tingkat kekuatan yang baik. Kayu ini tergolong dalam kayu dalam kelas kekuatan tinggi dan dibedakan dari kayu kelas kuat rendah yang berada di bawahnya. Namun demikian, kayu dalam kelas kekuatan ini tidak bisa secara otomatis disebut sebagai kayu dengan mutu yang baik.

Mutu kayu dipengaruhi sangat banyak faktor. Jumlah lubang kayu, mata kayu, sampai keretakan kayu turut menentukan kualitas kayu secara umum. Pun demikian dengan ketahanan atau keawetan kayu.

Di lapangan, selain aspek kekuatan kayu, aspek ketahanan kayu dari hama juga sering menjadi bahasan penting. Ini wajar mengingat kayu merupakan bahan organik yang memang demikian terancam akan serangan hama dibandingkan dengan bahan lain seperti plastik, fiberglass, dan juga logam.

kayu kelas iI

Namun tentu saja masalah ketidakawetan kayu ini bisa diperbaiki. Dan ingat! Kayu dalam kelas kekuatan baik tidak serta merta memiliki keawetan yang baik pula. Dari daftar kayu kelas kuat II di atas, beberapa tercatat memiliki keawetan yang rendah lho. Misalnya saja kayu matoa dan kayu meranti. Karenanya treatment pengawetan sebagai solusi mengatasi kekurangtahanan kayu tidak dapat dikecualikan untuk kayu dalam tingkat kekuatan yang tinggi.

alterntif text

Treatment pengawetan sendiri mudah dilakukan. Treatment ini dilakukan dengan meresapkan obat pengawet ke dalam kayu. Caranya bisa dengan:

  1. Meremdan kayu dalam larutan pengawet
  2. Menguaskan larutan pengawet di permukaan kayu

Pengawetan yang baik akan membuat kayu berlipat masa pakainya dari masa pakai normalnya. Misalnya, sengon yang hanya bisa bertahan maksimal dalam rentang 5 tahun, bisa bertahan sampai 90 tahun dengan treatment pengawetan.

Untuk hasil pengawetan yang baik sendiri, kita perlu menggunakan obat pengawet berkualitas. Dan untuk pengawetan pencegahan terhadap hama serangga seperti rayap dan teter, kami sarankan untuk menggunakan insektisida BioCide Insecticide.

Kelebihan-kelebihan Insektisida ini

Ada sangat banyak kelebihan yang diberikan oleh insektisida dengan bahan aktif cypermethrin ini. Salah satu yang paling utama adalah faktor retensi dan faktor penetrasi.

  1. Faktor penetrasi merupakan faktor tingkat kemudahan insektisida meresap ke dalam kayu. Makin baik retensi preservatif, maka makin mudah pula cara aplikasinya. Proses pengawetan bisa memakan waktu lebih singkat dengan konsentrasi larutan yang lebih rendah pula.
  2. Faktor retensi. Faktor retensi mencakup keawetan bahan pengawet ke dalam kayu. Makin tinggi retensi produk pengawet, maka makin tahan lama pula perlindungan yang diberikan.

Selain itu, insektisida pengawet bermutu tinggi ini juga memiliki spektrum organisme target yang jauh lebih luas. Hal ini membuatnya bisa diandalkan untuk perlindungan beragam jenis kayu terhadap beragam jenis serangga perusak sekaligus.

Cara Pemesanan Online BioCide Insecticide

BioCide Insecticide sudah bisa dipesan secara online. Pemesanan produk ini awalnya hanya dilakukan secara offline di Bio Service Point yang berlokasi di Cirebon, Yogyakarta, Jepara, dan beberapa kota di mana agen resmi kami berada. Tapi seiring berjalannya waktu di mana permintaan akan BioCide makin meningkat termasuk untuk kebutuhan non industrial, pemesanan secara online pun dibuka. Sampai hari ini kami telah menyuplai produk ini untuk kebutuhan rumah tangga, proteksi hama pada restoran sampai hotel, pengawet kerajinan dan mebel, serta lainnya yang tak bisa kami sebutkan satu persatu.

BIOCIDE INSECTICIDE

Jika Anda juga tak sabar untuk segera menggunakan BioCide dan menikmati keunggulan-keunggulannya, segera saja lakukan pemesanan online dengan tahapan sebagai berikut.

  1. Hubungi Customer Service kami. Silahkan berdiskusi dulu atau langsung melakukan pemesanan. CS akan meminta data yang dibutuhkan untuk gambaran proses pemesanan meliputi nama Anda, alamat kirim, jumlah produk yang dipesan, sampai kurir yang ingin digunakan.
  2. Dari data tersebut, CS akan memberikan estimasi total biaya yang harus dibayar serta lama proses pengiriman. Apabila Anda sudah sepakat, lakukan pembayaran sesuai dengan keterangan dari CS kami tersebut.
  3. Kirimkan bukti pengiriman pada kami.
  4. Tunggu kami memroses pesanan Anda. Segera setelah pesanan Anda kami serahkan ke pihak kurir, kami akan segera memberikan nomor resi yang bisa Anda lacak.
  5. Tunggu produk sampai di alamat yang Anda kehendaki. Kami juga akan turut memantau proses pengiriman tersebut.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan di artikel kali ini. Di atas telah dicontohkan beberapa jenis kayu yang masuk golongan kayu kelas kuat II. Kayu dalam kelas kuat ini tergolong baik meski tidak sebaik kayu kelas I. Namun demikian, aspek lain pada kayu seperti ini belum tentu sama baiknya. Pada beberapa kasus, ditemukan kayu yang kekuatannya bagus namun ternyata keawetannya sangat rendah. Oleh sebab itu, diperlukan suatu treatment pengawetan menggunakan BioCide Insecticide.

Ayo, pesan sekarang juga BioCide supaya kayu kelas kuat II kita memiliki kelas awet yang sama baiknya!

Ini Daftar Kayu Kelas Kuat II

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply