Ini Cara Menghilangkan Semut di Mobil Paling Efektif

0
19

Keberadaan semut di mobil tentu bisa menyebabkan persoalan tersendiri. Apabila dibiarkan terlalu lama, bukan tidak mungkin ada gangguan yang lebih serius.

Di mana Anda biasanya melihat semut? Pada mulanya, sebagaimana berbagai hewan lainnya, tentu saja semut hanya ditemukan di alam liar. Namun seiring dengan gaya hidup manusia yang berkembang, semut mengalihkan habitatnya ke bangunan-bangunan seperti rumah, sekolah, sampai gedung perkantoran. Secara umum, kedatangan semut akan ditoleransi para penghuni bangunan tersebut. Namun pada kasus tertentu, semut bisa menyebabkan gangguan yang signifikan sehingga tak bisa lagi ditoleransi keberadaannya. Apalagi ketika semut tersebut mulai menginvasi moda kendaraan seperti mobil.

Ya! Rupanya persoalan semut yang berada di mobil sudah mulai marak dikeluhkan banyak kalangan. Di mobil, keberadaan semut jelas lebih mengganggu, sebab:

  1. Mengganggu konsentrasi berkendara bagi pengemudi atau penumpang
  2. Mengurangi kenyamanan selama berkendara

Gangguan ini bisa berakibat fatal. Tak sekedar membuat kenyamanan pengendara terganggu, kecelakaan dan dampak buruk lainnya juga bisa terjadi. Apalagi bila ada yang memiliki alergi pada semut. Serangan yang tak disangka di mobil jelas bisa membahayakan keselamatan pengguna moda transportasi tersebut. Tak ada hal lain yang bisa dilakukan kecuali mencoba menghilangkan semut di mobil terkait.

Cara Menghilangkan Semut di Mobil

Tema pembasmian semut sudah kami bahas di artikel sebelumnya. Namun kami memang belum membahas mengenai invasi atau serangan semut di mobil. Untuk pembersihan semut di rumah sendiri, pada umumnya bisa dilakukan secara mudah menggunakan BioCide Insecticide. Lantas bagaimana dengan pembersihan hama tersebut di dalam kendaraan seperti mobil?

Menghilangkan Semut di Mobil

Membersihkan semut di dalam kendaraan jelas berbeda treatment-nya dengan membersihkan semut di ruangan. Anda sebetulnya bisa menerapkan cara menghilangkan semut di mobil seperti di rumah menggunakan produk BioCide Insecticide. Tapi, Anda harus ekstra hati-hati. Jangan sampai Anda malah merusak mesin mobil dan bagian-bagian mobil.

Bagaimana dengan insektisida lainnya? Sama saja. Produk insektisida memiliki kadar toksik tersendiri untuk membasmi hama. Bila ia diaplikasikan secara sembarangan, sebagus apapun produk terkait, maka hasilnya tidak akan baik. Untuk mobil, saran kami adalah membersihkan manual dulu.

Lakukan pembersihan secara manual di tempat di mana semut biasa bersarang. Bila dirasa pembersihan manual tidak mempan sama sekali, maka gunakan dengan hati-hati BioCide Insecticide di mana semut bersarang. Anda bisa menggunakan kain lap ataupun kuas. Setelah semut mati, bersihkan area yang terkena insektisida supaya aman digunakan kembali.

Cara Mencegah Semut di Mobil

Di atas telah diterangkan bagaimana cara menghilangkan semut di mobil. Setelah semut hilang, pastikanlah agar serangga tersebut tak lagi berada di kendaraan Anda. Toh pada akhirnya, jauh lebih baik mencegah daripada menghilangkan. Untuk melakukan pencegahan yang baik, yuk, ikuti tips-tips di bawah ini dengan tertib.

Hindari Makanan dengan Sisa Remah Banyak di Mobil

Pertama, hindarilah kebiasaan memakan makanan yang banyak menimbulkan sisa remah. Kami tidak menyarankan untuk tidak makan sekali, lho. Ada kalanya, makan di mobil memang diperlukan supaya tidak ngantuk selama perjalanan yang bisa menyebabkan bahaya tersendiri. Namun, agar kondisi mobil senantiasa bersih, maka pilihlah camilan yang tidak menimbulkan sisa remah yang berantakan.

sampah di mobil

Hindari Menyimpan Makanan yang Bungkusnya Terbuka di Mobil

Kedua, daripada Anda repot-repot melakukan cara menghilangkan semut di mobil di atas, cegahlah semut dengan menghindari menyimpan makanan dengan bungkus terbuka. Tak apa bila Anda menyimpan permen ataupun biskuit yang masih utuh bungkusnya. Tapi jangan menyimpan kue, snack, atau apapun yang bungkusnya sudah terbuka.

Jangan Menyimpan Sampah di Mobil

Ketiga, jangan menyimpan sampah di mobil, apalagi bila sampah tersebut adalah bungkus makanan. Namun sampah organik secara umum pun sudah bisa menarik perhatian serangga hama. Contohnya saja sampah kertas. Yang terakhir ini, selain bisa menarik perhatian semut, bisa menarik perhatian jenis serangga yang lain. Misalnya saja kutu atau bugs yang kemudian bisa beralih bersarang di bagian mobil lainnya.

Bersihkan Mobil secara Berkala

Keempat, lakukanlah pembersihan mobil secara berkala. Pembersihan sebaiknya dilakukan harian dengan cara yang ringan-ringan saja, dan pembersihan mingguan yang bersifat menyeluruh. Untuk pembersihan menyeluruh, cari sampah dan bersihkan debu sampai di bagian mobil yang sempit atau jarang terjangkau. Bila dirasa perlu, bersihkan mobil di tempat pembersihan interior. Jangan lupa untuk membersihkan jok mobil. Apalagi bila jok dan sarungnya sudah nampak lembab dan kotor. Secara tidak langsung, kondisi tersebut bisa menarik kedatangan semut.

Letakkan Benda yang Tak Disukai Semut di Mobil

Berikutnya, Anda juga bisa mencegah kedatangan semut di mobil dengan memanfaatkan benda-benda yang tak disukai mobil. Misalnya saja kayu manis sampai kapur yang punya sifat anti semut. Dengan adanya bahan ini, semut akan enggan bersarang di mobil Anda. Serangga itu barangkali masih akan masuk sekali dua kali, namun mereka tak akan sampai bersarang dan menyebabkan gangguan yang parah bagi Anda.

Hindari Memasukkan Benda Kotor

Terakhir, jangan lupa untuk menghindari benda kotor masuk mobil. Misalnya saja, sepatu yang kotor, wadah makanan yang kotor, berbagai alat kemah yang baru dipakai, dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan agar kondisi dalam mobil lebih higienis. Semakin bersih interior mobil, maka hama semut pun akan makin segan untuk masuk ke dalam interior mobil tersebut. Pasalnya, kotoran yang masuk bisa saja mengandung bahan makanan bagi semut. Kalau Anda tak hati-hati dengan hal ini, bisa jadi Anda repot kembali bingung cara menghilangkan semut di mobil.

Kesimpulan

Semut merupakan salah satu organisme koloni dari golongan insekta yang telah ditemukan sejak dulu kala. Serangga ini memiliki rentang habitat sangat luas. Setelah peradaban manusia dibangun, ia mengembangkan habitat dalam lingkar kehidupan manusia. Kini, kita bisa menemukan semut di rumah, gedung perkantoran, dan lainnya.

Secara umum, kehadiran semut bisa ditoleransi manusia. Manusia bisa sangat keberatan dengan tikus, kecoa, dan rayap. Semut jauh lebih ditoleransi dibanding hama-hama tersebut. Namun ada kalanya, kehadiran semut juga dianggap sangat mengganggu. Misalnya saja saat semut mulai menginvasi mobil.

Lantas bagaimana cara menghilangkan semut di mobil? Usahakanlah untuk melakukan pembersihan secara manual dulu. Bongkar atau bersihkan area di mana semut bersarang. Bila tidak mempan, gunakan insektisida lalu bersihkan area yang dikenai insektisida.

Agar lebih aman, sebaiknya lakukan pencegahan akan kedatangan tersebut. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya saja menghindari pembuangan sampah di mobil, tidak memakan makanan yang remahnya banyak sehingga terbuang di mobil, sampai melakukan pembersihan secara berkala.

Nah, sekiranya demikianlah cara menghilangkan semut di mobil dan juga cara untuk pencegahannya. Semoga bermanfaat ya! Nantikan terus berbagai artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply