Jenis Alat Potong Kayu : Penjelasan Lengkap dari Router sampai Bor

0
82
alat potong kayu

Ada berbagai jenis alat potong kayu. Apa saja ya alat-alat tersebut, dan kapan sebaiknya kita menggunakan peralatan tersebut?

Dunia woodworking mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bila dulu peralatan pertukangan sangat sederhana dan terdiri dari alat yang terbatas, kini peralatan yang super canggih bahkan menggunakan laser pun sudah tersedia. Keberagaman alat woodworking dan kemajuannya ini tak lain dan tak bukan ditujukan untuk memperlancar proses pengolahan kayu sekaligus meningkatkan mutu produk kayu.

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia pertukangan sendiri, tentunya pengetahuan akan alat-alat pertukangan ini wajib diketahui. Tak terkecuali mengenai alat pemotong kayu.

Alat potong sebagaimana namanya digunakan untuk memotong material. Namun dalam bidang pertukangan, alat ini sangat penting karena:

  1. Pembuatan produk kayu memerlukan ukuran yang presisi atau tepat. Ketidaktepatan pemotongan bisa berujung pada produk yang strukturnya buruk.
  2. Estetika produk kayu mulai dari produk kerajinan sampai furniture dipengaruhi oleh kerapian kita dalam memotong kayu.

Terdapat sangat banyak tipe alat yang bisa dipakai untuk memotong kayu. Berikut ini di antaranya.

Jenis Alat Potong Kayu

6 Jenis Alat Potong Kayu

Mesin Ketam Kayu

Mesin ketam sering juga disebut sebagai mesin kerut atau planner. Mesin ini sudah digunakan sejak zaman dahulu kala jadi bukan termasuk alat hasil dunia pertukangan modern. Namun sudah tersedia berbagai inovasi yang membuat mesin ini bisa digunakan dengan listrik dan memiliki beberapa mata kikir. Wujud alat ini berupa penyerut besar.

Lalu, apa guna dari mesin ketam? Secara umum, mesin ini berguna untuk menghaluskan komponen sisi kayu atau papan. Dengan mesin ini, sisi-sisi kayu secara keseluruhan bisa dihaluskan.

Mesin Gergaji

Jenis alat potong kayu berikutnya adalah mesin gergaji. Mesin ini merupakan salah satu alat pertukangan yang populer di masyarakat dan kerap dimiliki masyarakat awam non pekerja woodworking sekalipun. Mesin gergaji digunakan untuk memotong kayu yang ukurannya besar, mulai dari papan kayu lebar sampai kayu gelondingan. Mesin ini memiliki bentuk memanjang dan bisa memotong kayu dalam berbagai jenis format.

Mesin Profil Kayu

Mesin profil kayu adalah mesin yang digunakan untuk aplikasi profil pada bagian tepi kayu. Mesin ini menggunakan ata pisau yang terletak dalam poros vertical. Jadi, mesin ini bisa digunakan untuk mengikis kayu di bagian sampingnya.

Secara umum, mesin ini memiliki hasil kerja yang halus dan hampir sama dengan mesin ketam. Dan umumnya,dalam proses pengolahan kayu, mesin ini dipakai dalam tahapan akhir produk mebel. Jadi, permukaan kayu bisa menjadi semakin halus dan berkualitas.

Mesin Bor

Pernahkah Anda mendengar mengenai mesin bor? Jenis alat potong kayu ini memiliki kesamaan dengan mesin serut. Mesin ini juga sering disebut sebagai mesin drilling. Gunanya? Sebagaimana namanya, drilling digunakan untuk membuat lubang yang biasanya diperlukan dalam pembentukan sambungan kayu. Misalnya untuk pembuatan lubang skrup, pen, dan juga dowel.

Mesin ini akan mempercepat kerja para tukang sekaligus menghasilkan lubang yang lebih presisi dibanding lubang yang dibuat manual. Dengan demikian, kualitas produk kayu pun meningkat.

Mesin Amplas

Mesin amplas atau sandler digunakan untuk menunjang pengerjaan penghalusan permukaan kayu. Pekerjaan pengamplasan pada zaman dulu (dan sampai sekarang) sering dilakukan secara manual menggunakan kertas amplas. Dengan keberadaan mesin amplas ini, para pekerja bisa menghemat tenaganya karena alat ini memadukan kinerja mesin elektrik dengan kertas amplas.

Mesin Router

Mesin router sekilas mirip dengan mesin bor. Dan memang antara kedua jenis alat potong kayu ini terdapat kesamaan. Namun, mesin ini dibedakan dengan mesin bor karena mata pisaunya memiliki fungsi yang lebih banyak. Pada mesin router, mata pisau bisa digunakan menyusun ulir atau alur di permukaan kayu. Selain itu, alat ini juga lebih canggih dibanding mesin bor karena kinerjanya lebih cepat. Hanya saja, secara umum, mesin ini memiliki ketajaman yang kurang dibandingkan dengan mesin bor.

Jenis Alat Potong Kayu

Kita Sudah Kenal Aneka Jenis Alat Potong Kayu, Bagaimana dengan BioCide?

Di atas, kita telah mempelajari beberapa jenis alat yang biasa digunakan untuk memotong kayu. Tiap alat ternyata memiliki guna sendiri-sendiri yang berlainan satu dengan yang lain. Dengan mengenal keragaman di atas, kita bisa memilih alat yang tepat untuk tiap kebutuhan pemotongan yang berbeda-beda.

Tapi, selain masalah alat pemotong ini, sudahkah Anda mengenal bahan yang krusial dalam pengolahan kayu bernama BioCide Insecticide?

Ya. BioCide Insecticide memiliki fungsi sangat penting dalam pembuatan berbagai produk kayu mulai dari furniture, kerajinan, sampai rumah. Pasalnya, BioCide Insecticide adalah insektisida pengawet kayu berkualitas tinggi. Insektisida ini bisa mengubah kayu tidak awet menjadi sangat awet dengan harga mudah dan proses aplikasi yang mudah.

Produk ini juga lebih aman digunakan lho. Bahan dasarnya, cypermethrin termasuk salah satu bahan insektisida yang legal di negara-negara maju Uni Eropa. Selain itu, BioCide Insecticide juga menggunakan pelarut air, yang artinya:

  1. Kerentanannya terbakar lebih rendah dibanding solvent based pesticide
  2. Tidak membuat kayu jadi susah dicat
  3. Tidak menimbulkan bau sekuat solvent based pesticide
  4. Lebih aman bagi pekerja karena kandungan VOCs (Volatile Organic Compounds) lebih rendah
  5. Secara umum, lebih aman bagi lingkungan

BioCide juga sangat hemat digunakan. Sebab insektisida ini didesain dalam konsentrasi yang tinggi, sehingga penggunaannya tidak akan membuat Anda boros. Sangat menarik, bukan?

BIOCIDE INSECTICIDE

Nah, bagi Anda yang ingin membeli insektisida ini, segera kontak kami sekarang juga. Anda bisa membeli insektisida ini secara online dengan cara menghubungi Customer Service kami. Oleh Customer Service kami, Anda akan dipandu dengan profesional dan juga ramah.

Ingin membeli secara langsung? Opsi pembelian secara langsung juga bisa dilakukan. Untuk pembelian secara konvensional ini, Anda bisa mendatangi kami di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain membeli BioCide Insecticide, Anda pun bisa menengok berbagai produk woodworking ramah lingkungan lainnya lho seperti cat water based, lem kayu, sampai wood bleaching berkualitas tinggi.

Bagaimana? Menarik, bukan pembahasan kali ini. Intinya, alat-alat woodworking memang sangat beragam. Termasuk alat potong kayu. Terdapat aneka jenis alat potong kayu dengan tipe dan fungsi tujuan yang berbeda satu sama lain. Kesemuanya ditujukan agar pembuatan produk kayu lebih optimal dengan hasil berkualitas unggulan. Mengenali berbagai alat woodworking termasuk alat untuk memotong kayu pun akan menguntungkan kita. Karena kita jadi tahu alat mana yang diperlukan untuk suatu kebutuhan yang spesifik dan berbeda-beda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya. Dan ingat, selain mengenal berbagai jenis alat potong kayu di atas, gunakan selalu BioCide Insecticide. Sebab dengan BioCide, kita bisa mengubah kayu yang lapuk mudah diserang rayap menjadi kayu dalam kelas keawetan tinggi.

SHARE

Leave a Reply